PENGEMBANGAN BUKU ILUSTRASI IPA BIOLOGI KELAS VIII SEMESTER II SEBAGAI SARANA MENGEMBANGKAN LITERASI SAINS SISWA

Authors

  • Ainun Mirza Nurhaniefa UNIVERSITAS PGRI RONGGOLAWE TUBAN
  • Dede Nuraida Universitas PGRI Ronggolawe

Keywords:

validitas, buku ilustrasi, literasi sains, sistem pernapasan, sistem ekskresi

Abstract

Buku ilustrasi merupakan buku yang menampilkan hasil visualisasi dari suatu tulisan yang bertujuan untuk memperjelas suatu paparan (tulisan dan sebagainya). Buku ilustrasi dapat digunakan sebagai sarana mengembangkan keterampilan literasi sains dengan menumbuhkan ketertarikan pada sains dan motivasi dalam belajar. Literasi sains merupakan kecakapan pengetahuan sains dalam kehidupan sehari-hari. Literasi sains dapat dikembangkan melalui materi kontekstual. Materi sistem pernapasan dan sistem ekskresi merupakan  materi yang bersifat kontekstual karena berkaitan erat dengan kehidupan sehari-hari. Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan buku ilustrasi pada materi sistem pernapasan dan sistem ekskresi sebagai sarana mengembangkan keterampilan literasi sains yang dinyatakan valid. Kevalidan dilihat dari segi materi, media, dan bahasa. Pengembangan menggunakan desain ADDIE yaitu analysis, design, development, implementation, dan evaluation, namun penelitian hanya dilakukan sampai tahap development. Instrumen untuk mengukur validasi berupa angket yang akan divalidasi oleh validator ahli materi, ahli bahasa, dan ahli media, masing-masing angket validasi akan diisi oleh 2 orang validator. Hasil validasi dianalisis menggunakan teknik validitas. Hasil penelitian menunjukkan validitas buku ilustrasi dari segi materi memperoleh skor 80% dengan kategori valid, dari segi media memperoleh skor 81,81% dengan kategori sangat valid, serta dari kategori bahasa memperoleh skor 85% dengan kategori sangat valid. Skor keseluruhan validitas buku ilustrasi yang dikembangkan sebesar  82,27% dengan kategori sangat valid.

References

Akbar S. 2013. Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Angraini G. 2014. Analisis Kemampuan Literasi Sains Siswa Sma Kelas X Di Kota Solok. Pros Math Sci Forum 2014.:161–170.

Bagasta AR, Rahmawati D, M DMFY, Wahyuni IP, Prayitno BA. 2018. Profil Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik di Salah Satu SMA Negeri Kota Sragen. Pedagog J Pendidik. 7(2):121–129. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v7i2.1551

Fajarianingtyas DA, Hidayat JN. 2019. Validitas Buku Petunjuk Praktikum Biologi Dasar Berbasis Pemecahan Masalah Untuk Mahasiswa Pendidikan Ipa Di Universitas Wiraraja. Lensa (Lentera Sains) J Pendidik IPA [Internet]. 9(2):37–45. https://doi.org/10.24929/lensa.v9i2.67

Farendra MF. 2018. Pengembangan Buku Cerita Bergambar Untuk Literasi Pembelajaran Sains Di Sekolah Dasar. Skripsi. 1(2):1–12.

Febrianti FA. 2021. Pengembangan Digital Book Berbasis Flip PDF Professional untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Siswa. J Ilm Pendidik Dasar [Internet]. 4(2):102–115. http://dx.doi.org/10.33603/.v4i2.5354,

Firdhiana S, Anggapuspa ML. 2021. KOTA Probolinggo Sebagai Media Edukasi Anak Usia. 3(1):170–180.

Hayati N, Afrizon R. 2019. Dampak buku ajar IPA terpadu bermuatan literasi saintifik tema kesehatan pencernaan dalam model pembelajaran kontekstual adaptif pada hasil belajar siswa kelas …. Pillar Phys Educ [Internet]. 12(1):185–192. http://ejournal.unp.ac.id/students/index.php/pfis/article/view/4935%0Ahttp://ejournal.unp.ac.id/students/index.php/pfis/article/viewFile/4935/3258

Konopko J. 2015. Unlocking the potential of the smart grid. AIP Conf Proc. 1702. https://doi.org/10.1063/1.4938795

Mawaddah W, Ahied M, Hadi WP, Wulandari AYR. 2019. Uji Kelayakan Multimedia Interaktif Berbasis Powerpoint Disertai Permainan Jeopardy Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Nat Sci Educ Res [Internet]. 2(2):174–185. https://doi.org/10.21107/nser.v2i2.6254

Mujiarti L. 2014. Pengembangan Buku Ajar Berbasis Gambar untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS Materi Pokok Kenampakan Alam dan Buatan Kelas V Semester I MI Islamiyah Jatisari Nganjuk. :93.

Munadi Y. 2013. Media Pembelajaran: Sebuah Pendekatan Baru. Jakarta: GP Press Group.

Naturasari H, Roshayanti F, Nurwahyunani A. 2017. Profil Kualitas Literasi Sains Siswa Smp Se-Kabupaten Pati. Bioma J Ilm Biol [Internet]. 5(2). https://doi.org/10.26877/bioma.v5i2.2503

Nofiana M. 2017. Profil Kemampuan Literasi Sains Siswa SMP di Kota Purwokerto Ditinjau dari Aspek Konten, Proses, dan Konteks Sains. JSSH (Jurnal Sains Sos dan Humaniora) [Internet]. 1(2):77. https://doi.org/10.30595/jssh.v1i2.1682

PISA 2012 Results in Focus. 2012.

Putra HH. 2016. Analisis Kemampuan Literasi Sains SMP Kelas VII Kurikulum 2013 di Kota Padang. [place unknown]: Universitas Negeri Padang.

Ramadhani R, Fitri Y. 2020. Validitas E-Modul Matematika Berbasis EPUB3 Menggunakan Analisis Rasch Model. J Gantang [Internet]. 5(2):95–111. https://doi.org/10.31629/jg.v5i2.2535

Rohana, Asrial Z. 2020. Profil Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik Berdasarkan Instrumen Scientific Literacy Assessments (SLA). J Chem Inf Model. 21(1):1–9. https://doi.org/https://doi.org/10.31539/bioedusains.v3i2.1848

Samsu N, Mustika D, Nafaida R, Manurung N. 2020. Analisis Kelayakan dan Kepraktisan Modul Praktikum Berbasis Literasi Sains untuk Pembelajaran IPA. J IPA Pembelajaran IPA. 4(1):29–40. https://doi.org/10.24815/jipi.v4i1.15546

Saputra RDA, Jufri W, Ramdani A. 2019. Profil Literasi Sains Dasar Dan Kecenderungan Berpikir Kritis Siswa Smp Di Kabupaten Sumbawa Barat. J Edukasi Sumba [Internet]. 3(2):113–119. https://doi.org/10.53395/jes.v3i2.55

Sudarsono S, Abdurrahman A, Rosidin U. 2020. Pengembangan Cerita Bergambar Fisika Berbasis STEM untuk Menumbuhkan Literasi Sains pada Siswa SMP. J Pendidik Fis. 8:11. https://doi.org/10.24127/jpf.v8i1.2202

Suprayitno T. 2019. Pendidikan di Indonesia Belajar dari Hasil PISA 2018. Jakarta: Pusat Penilaian Pendidikan Balitbang Kemendikbud.

Suprianto. 2013. Perancangan Buku Ilustrasi. (022):1–47.

Additional Files

Published

2023-01-26

How to Cite

Ainun Mirza Nurhaniefa, & Nuraida, D. (2023). PENGEMBANGAN BUKU ILUSTRASI IPA BIOLOGI KELAS VIII SEMESTER II SEBAGAI SARANA MENGEMBANGKAN LITERASI SAINS SISWA. Prosiding SNasPPM, 7(2), 1225–1230. Retrieved from http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/1329