PENGARUH KEGIATAN MEMASUKKAN KOIN KE DALAM CELENGAN TERHADAP MOTORIK HALUS KELOMPOK A DI TK DARUSSALAM

Authors

  • Chusnatus Saniyah Universitas PGRI Ronggolawe Tuban
  • Risma Nugrahani Universitas PGRI Ronggolawe

Keywords:

Memasukkan uang ke dalam celengan, motorik halus

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kegiatan memasukkan koin ke dalam celengan berpengaruh terhadap kemampuan fisik motorik halus anak di TK DARUSSALAM Kecamtan Kragan, Kabupaten Rembang. Kegiatan pengembangan fisik motorik anak yang di temukan di lembaga cenderung di kegiatan mewarnai dan menulis. Sebab itu, perkembangan motorik halus kurang optimal. penelitian ini menggunakan penelitian.kuantitatif.dengan jenis sebeelum- experimental desing dan desain penelitian one group pre test -post test design. peserta didik kelompok A Taman Kanak-kanak Darussalam berjumlah 20 dijadikan sebagai populasi. Berdasarkan hasil penelitian di peroleh data T hitung sama dengan 0 lebih kecil dari T tabel dengan taraf jelas lima persen sama dengan 52 dan hasil pengambilan keputusan yaitu Ha di terima sebabT hitung lebih kecil T tabell (0<52) dan Ho ditolak sebab T hitung lebih besar T tabel (0>52). Penelitian ini memiliki kesimpulan bahwaa adanya pengaruh dari kegiatan memasukkan koin ke dalam celengan yang berdampak pada kemampuann motorik halus anak di TK Darussalam.

 

 

References

R. Nurhayati, “Pendidikan Anak Usia Dini Menurut Undang–Undang No, 20 Tahun 2003 Dan Sistem Pendidikan Islam.,” al-Afkar, J. Islam. Stud., vol. 3, no. 2, pp. 57–87, 2020.

Y. N. Sujiono and B. Sujiono, “Bermain kreatif berbasis kecerdasan jamak,” Jakarta Indeks, vol. 76, 2010.

S. Linda and D. Suryana, “Pengaruh Stencil Print dalam Mengembangkan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia Dini,” J. Pendidik. Tambusai, vol. 4, no. 2, pp. 1399–1407, 2020.

R. Nugrahani and R. D. Permata, “PENGEMBANGAN MEDIA BUKU LIFT THE FLAP FLANEL UNTUK MENGOPTIMALKAN KECERDASAN LOGIKA MATEMATIKA PADA ANAK USIA DINI,” JCE (Journal Child. Educ., vol. 5, no. 2, pp. 532–541, 2021.

I. J. Della Syafitri, “PENGARUH MEMBATIK TERHADAP KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK DI TAMAN KANAK-KANAK AISYIYAH KURAITAJI,” Bunayya J. Pendidik. Anak, vol. 6, no. 1, pp. 1–11, 2020.

B. E. Hurlock, “Perkembangan Psikologi Anak,” Jakarta: Erlangga, 1998.

M. S. Sumantri, “Model Pengembangan Keterampilan Motorik Anak Usia Dini,” Jakarta: Depdiknas, 2005.

R. Nugrahani, “Efektivitas Penerapan Bermain Balok Atribut untuk Menstimulasi Kemampuan Motorik Halus Anak,” Pros. SNasPPM, vol. 1, no. 1, pp. 22–27, 2017.

D. H. A. Fitri and F. Mayar, “Pelaksanaan Kemampuan Motorik Halus Anak Melalui Kolase di Taman Kanak-Kanak,” J. Pendidik. Tambusai, vol. 4, no. 2, pp. 1011–1017, 2020.

I. N. Wahyudi and I. Nurjaman, “Pengaruh Kegiatan Mozaik Terhadap Kemampuan Motorik Halus Anak Usia 4-6 Tahun,” Ceria J. Progr. Stud. Pendidik. Anak Usia Dini, vol. 6, no. 2, pp. 12–25, 2018.

M. E. Fauzi, D. Suryana, and S. Ismet, “Pengaruh Melukis Tarik Benang Terhadap Perkembangan Motorik Halus Anak di Taman Kanak-kanak Bhayangkari 10 Tanjung Pati Harau,” J. Pendidik. Tambusai, vol. 3, no. 6, pp. 1613–1614, 2019.

J. W. Santrock, “Psikologi pendidikan (Edisi ke-2),” Jakarta Kencana Prenada Media Gr., 2007.

D. Hasna, “Analisis Kemampuan Motorik Halus pada Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Kegiatan Kolase,” J. Pelita PAUD, vol. 5, no. 2, pp. 171–177, 2021.

S. Fazira, M. I. Daulay, and L. Marleni, “Pengaruh Bermain Kolase Terhadap Kemampuan Motorik Halus Usia Dini,” Aulad J. Early Child., vol. 1, no. 1, pp. 60–71, 2018.

N. Fithriyanti and R. Nugrahani, “PENGARUH PERMAINAN TRADISIONAL KELERENG TERHADAP KEMAMPUAN BERHITUNG PERMULAAN ANAK USIA DINI,” Pros. SNasPPM, vol. 6, no. 1, pp. 471–475, 2021.

Additional Files

Published

2022-10-31

How to Cite

Saniyah, C., & Nugrahani, R. (2022). PENGARUH KEGIATAN MEMASUKKAN KOIN KE DALAM CELENGAN TERHADAP MOTORIK HALUS KELOMPOK A DI TK DARUSSALAM. Prosiding SNasPPM, 7(1), 381–384. Retrieved from http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/1331