PENGEMBANGAN MEDIA KERETA ANGKA UNTUK MENSTIMULASI KEMAMPUAN MENGENAL ANGKA 1-10 PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN

Authors

  • Riza Afina Bisri UNIVERSITAS PGRI RONGGOLAWE
  • Siti Marli’ah Universitas PGRI Ronggolawe

Keywords:

mengenal angka, kereta angka

Abstract

Mengenalkan konsep bilangan merupakan hal yang sangat diiperlukan karena dengan kemampuan mengenal konsep bilangan mampu mengembangkan keterampilan memecahkan masalah berfikir dan menalar. Pentingnya mengenalkann konsep bilangan pada aud maka peran guru sangat penting dalam memberi stimulus yang sesuai dengan perkembangan anak. Salah satu hal bisa digunakan untuk mengenalkan konsep bilangann pada aud yaitu mengunakan media pembelajaran yang menarik. Berdasarkan hasil observasi kegiatan pembelajaran di TK Mekar Sari Kujung Kecamatan Widang diperoleh gambaran bahwasanya mampunya mengetahui angka 1 sampai 10 di anak usia 4-5 tahun masih belum maksimal, dibuktikan sebagian besar anak didiknya dari Kelompok A TK Mekar Sari Desa kujung yang ketika diminta menyebutkan dan membilang bilangan 1-10 masih belum memahamii konsep biilangan 1-10, dan perlu bimbingan atau arahan dari pendidik, anak hanya memahami sebatas hafalan. Hal ini dikarenakan  media atau permainan dalam pengenalan angka yang digunakan membuat anak kurang tertarik dalam proses pengenalan angka. Media yang digunakan oleh pendidik menggunakan cup plastik  yang diberi angka satu sampai lima dan menggunakan kerikil. Penelitiian ini memiliki tujuan yakni melihat kevalidan media kereta angka untuk menstimulasi kemampuannya mengenali angka di anak usia 4-5 tahun TK Mekar Sari Kujung. Penelitian ini menggunakan penelitiian pengembangan Research and Development model pengembangannya Borg&Gall. Subjek ujicoba pengembangan media kereta angka yakni peserta didiknya dengan usia 4-5 tahun  TK Mekar Sari ada 11 anak. Analisi data yang digunakaan dalam penelitiian ini adalah analisiis data kevalidan. Hasilnya validasi atas para ahli ahli materi dengan presentase kevalidannya 77,5% masuk kategori valid, ahli media presentase kevalidannya 96,84% dalam kategori sangat valid. Kesimpualannya penggunaannya media kereta angka sebagai media pembelajaran dalam menstimulasii kemampuannya mengenali angka di anak 4-5 tahun layak digunakan.

References

Sujiono. Yuliani Nurani. 2014. Metode Pengembangan Kognitif. Tanggerang Selatan: Universitas Terbuka.

Zarqiah, N., Poerwanti, J. I. S., & Rahmawati, A. (2014). Peningkatan Kemampuan Berhitung Melalui Metode Bermain Kereta smart Pada Anak Kelompok B Tk Merpati Pos Kecamatan Laweyan Tahun Pelajaran 2013/2014. (Online), (https://www.jurnal.unismuhpalu.ac.id/index.php/ECEIJ/article/view/989 , diakses tanggal 19 Maret 2022).

Susanto, Ahmad. 2012. Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Aghnaita, A. (2017). Perkembangan Fisik-Motorik Anak 4-5 Tahun Pada Permendikbud no. 137 Tahun 2014 (Kajian Konsep Perkembangan Anak). Al-Athfal: Jurnal Pendidikan Anak, 3(2), 219-234.

Sukidin. Na’im Muhammad. Dkk. 2000. Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial. Kampus FKIP Universitas Jember. Universitas Jember. (Online), (https://repository.unej.ac.id/handle/123456789/80146,diakses tanggal 17 Maret 2022).

Tadkirotun. (2012). Pengembangan Kecerdasan Majemuki. Tangerang: Universitas Terbuka.

Endrasthi, R. (2014). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan mengggunakan Media Papan Raba Pada Anak Kelompok A di TK KLKMD Sedyo Rukun Bambanglipuro Bantul. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Ratnawati. 2020. Raudhatul Athfal Miftahussalam Anjir Serapat, and Kapuas Timur. "Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengenal Angka melalui Media Kartu Angka pada Anak.". (Online), (https://rumahjurnal.net/ptp/article/view/884 , diakses tanggal 12 April 2022).

Sugiono. 2018.”Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D”. bandung. Penerbit alfabeta

Arsyad, 2014. Media pembelajaran, cet. Ke-17, Jakarta; Raja Grafindo Persada.

Asmani, Jamal Makmur. (2012).Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan. Bandung: Nusa Media.

Baru, R. A. M. A. S., & Timur, K. 2020 “Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengenal Angka melalui Media Kartu Angka pada Anak.” RAMAS: Jurnal Penelitian Tindakan. (Online), (https://rumahjurnal.net/ptp/article/view/884, diakses tanggal 9 Mei 2022).

Mu'min, Sitti Aisyah. 2013. "Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget." Al-TA'DIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan. (Online), (https://ejournal.iainkendari.ac.id/index.php/al-tadib/article/view/292/282, diakses tanggal 9 Mei 2022).

Reski, Upi, Arsyad Said, and Abdul Munir. 2019. "MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL ANGKA MELALUI PERMAINAN KERETA SMART PADA ANAK." ECEIJ (Early Childhood Education Indonesian Journal). (Online), (https://www.jurnal.unismuhpalu.ac.id/index.php/ECEIJ/article/view/989, diakses tanggal 9 Mei 2022).

Siti, Partini Suardiman. (2012) Metode Pengembangan Daya Pikir dan Daya Cipta untuk Anak Usia Dini. Yogyakarta: UNY Press.

Additional Files

Published

2022-10-31

How to Cite

Afina Bisri, R., & Marli’ah, S. (2022). PENGEMBANGAN MEDIA KERETA ANGKA UNTUK MENSTIMULASI KEMAMPUAN MENGENAL ANGKA 1-10 PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN. Prosiding SNasPPM, 7(1), 390–394. Retrieved from http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/1341