DAMPAK PROGRAM E-LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR ANAK USIA DINI DI TK TUNAS HARAPAN MARGOMULYO KECAMATAN KEREK KABUPATEN TUBAN

Authors

  • Widya Sasmita Putri Universitas PGRI Ronggolawe Tuban
  • Allan Firman jaya Universitas PGRI Ronggolawe

Keywords:

CORONA, hasil belajar anak usia dini, dampak program e-learning, TK Tunas Harapan Margomulyo Kecamatan Kerek Kabupaten Tuban

Abstract

Dewasa ini,virus corona yang hadir dari Wuhan, China telah menggerkan dunia. Menurut surat ederan No.4 tahun 2020 mengenai implementasi peraturan pendidikan dikondisi darurat diseminasi corona merupakan salah satu peraturan pemerintah indonesia. Rancangan studi yang dipakai ialah metode studi eksperimen. Studi ini bermaksud untuk mengetahuidampak program e-learning terhadap hasil belajar anak-anak di TK Tunas Harapan Margomulyo Kecamatan Kerek Kabupaten Tuban,dilaksanakan menggunakan metode eksperimen memakai desain Pre-Experimental yang and Post-test Design. Pada pemakaian desain studi ini hanya ada kelompok eksperimen yang mendapat perlakuan. Adapun score posttest yaitu 2,25dan score pretest yaitu 4,37 menurut data yang dipresentasikan memperlihatkan jika ada penurunan pada hasil belajar anak usia dini dari pretest ke posttest yang maknanya ialah angka posttest jauh lebih kecil dibandikan dengan angka pretest. Sesampai bisa diartikan jika program e-learning tidak berdampak signifikan pada hasil belajar siswa di TK Tunas Harapan Margomulyo Kecamatan Kerek Kabupaten Tuban.

References

Zaharah & Kirilova, “Dampak Wabah Virus Corona Terhadap Pengajaran dan Kegiatan Belajar di Indonesia.,” J. Sos. dan Budaya Syar-i, vol. 7(3), 2020.

M. Y. Lubis, “Mengembangkan Sosial Emosional Anak Usia Dini Melalui Bermain,” J. Pendidik. Anak Usia Dini, vol. 2, no. 1, 2019.

W. Darmalaksana, R. Y. A. Hambali, A. Masrur, dan F. Ushuluddin, “Analisis Pembelajaran Online Masa WFH Pandemic Covid-19 sebagai Tantangan Pemimpin Digital Abad 21,” hal. 1–12, 2020.

Kemendikbud, Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 Tentang Implementasi Peraturan Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebaran CoronaVirus Disease (COVID-19). 2020.

N. Muhdi, “Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Keefektivan Kebijakan Pembelajaran berbasis Sosial Media pada PAUD di Masa Pandemi Covid-19,” J. Obs. J. Pendidik. Anak Usia Dini, vol. 5(1), hal. 212–228, 2021.

C. T. Sharin Jacob dan M. W. Debra Richardson, “Teaching Computational Thinking To English Learners,” Nys Tesol J., vol. 5, no. July, hal. 12–24, 2018.

Y. K. W. Widiastuti, U. E. E. Rasmani, dan S. Wahyuningsih, “Early Childhood Education Teachers Consistency of E-Learning Programs,” J. Obs. J. Pendidik. Anak Usia Dini, vol. 5, no. 2, hal. 1799–1806, 2021.

Sugiyono, Metode Penelitian Kualitatif dan Pembelajaran., vol. 1, no. 1. Bandung: Alfabeta, 2016.

S. Arikunto, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta, 2002.

N. P. U. Putri, P. A. Antara, dan L. A. Tirtayani, “Pengaruh Permainan Konstruktif Terhadap Kemampuan Motorik Halus Anak Kelompok A2 Rabaitulmutaallim Tegalinggah Singaraja,” Pendidik. Anak Usia Dini Univ. Pendidik. Ganesha, vol. 4, no. 3, hal. 1–10, 2016.

M. Christiana dan S. Mahmudah, “Pengaruh Permainan Lego Adu Cepat Terhadap Perkembangan Motorik Halus Anak Kelompok a Di Tk Aisyiyah 3 Surabaya,” PAUD Teratai, vol. 4, no. 1, hal. 1–7, 2017.

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif,. Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2014.

M. . S. Cucu Sopiah , S . Pd, “Dampak Pembelajaran Online Terhadap Pendidikan Karakter Anak Usia Dini,” Jendela Bunda, vol. 8, no. 02, 2021.

Additional Files

Published

2022-10-31

How to Cite

Sasmita Putri, W., & jaya, A. F. (2022). DAMPAK PROGRAM E-LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR ANAK USIA DINI DI TK TUNAS HARAPAN MARGOMULYO KECAMATAN KEREK KABUPATEN TUBAN. Prosiding SNasPPM, 7(1), 882–887. Retrieved from http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/1342