MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA ANAK MELALUI MEDIA KARTU BERGAMBAR DI TK ISLAM SULTAN AGUNG BLIMBING - PACIRAN - LAMONGAN

Authors

  • ananda lutfiyana UNIVERSITAS PGRI RONGGOLAWE
  • Risma Nugrahani Universitas PGRI Ronggolawe

Keywords:

kemampuan membaca, media kartu bergambar

Abstract

Perkembanganibahasaimerupakan salah  satu keterampilani yang paling krusial buatidikembangkan sejakusiaidini. Tetapi perkembanganibahasaianaki tidakakaniberkembang Jika tidak dilatihdan  dikembangkan1. Aplikasi pembelajarani yangi digunakan memakai mediai biasa di sekolahimembua tpeserta  didik kurang antusias dan merasaibosan dalam mengikutiipembelajaran. Hal ini mengakibatkan penulis tertarik untuk menyediakan media kartui bergambaribuat membantu perkembanganibahasa anak. Penelitianinimenggunakan penelitianiitindakan ikelas. Penelitiani ini terdiri dari 2 siklusidan setiap siklus dilaksanakan 3 kali pertemuan. Subjekipenelitian ini merupakan 13 anak kelompok A Tamani Kanak-kanak Islam Sultan Agung. Teknikpengumpulani data memakai observasiisertaidokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkataniketerampilan membaca melalui kartuibergambariterbukti bahwa pada siklusike II anak-anak memenuhi criteria sudah mencapai.>80%.  Kesimpulan dari penelitianiinia dalah penggunaan media kartu bergambar dapat membantu dalam meningkatkaniberbahasa iAnak Usia Dinii di TK Islam Sultan Agung.

References

S. Suyadi, “Konsep Edutaiment Dalam Pembelajaran di Tingkat SD/MI (Antisipasi Keterkejutan Mental Anak Pada Masa Transisi Dari TK/RA ke SD/MI),” Al-Bidayah J. Pendidik. dasar Islam, vol. 2, no. 1, 2015.

C. D. Rosalina and R. Nugrahani, “Pengembangan Media Buku Pop-Up Untuk Pembelajaran Mengenal Huruf Alphabet Anak Usia Dini,” SELING J. Progr. Stud. PGRA, vol. 5, no. 1, pp. 54–63, 2019.

P. NADIA, “PEMANFAATAN MEDIA KARTU KATA BERGAMBAR DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BERBAHASA ANAK DI TAMAN KANAK-KANAK QURROTA A’YUN TELUK BETUNG TIMUR.” UIN RADEN INTAN LAMPUNG, 2022.

R. Nugrahani and C. D. R. Arifin, “PELATIHAN PEMBUATAN MEDIA BUSY BOOK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DAN PELUANG USAHA BAGI GURU PAUD DI DESA KRADENAN KECAMATAN PALANG KABUPATEN TUBAN,” Pros. SNasPPM, vol. 4, no. 1, pp. 210–216, 2019.

S. Suyanto, “Pendidikan karakter untuk anak usia dini,” J. Pendidik. Anak, vol. 1, no. 1, 2012.

A. Arsyad, Media Pembelajaran. PT Rajagrafindo Persada, 2020.

M. ANDAYANI, “Pengaruh Media Kartu Gambar Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini di Taman Kanak-Kanak Kartika Fajar Baru Lampung Selatan.” UIN Raden Intan Lampung, 2019.

M. Berliyani, M. T. B. S. Jaya, and M. Surahman, “Aktivitas Permainan Kartu Huruf Bergambar Meningkatkan Perkembangan Keaksaraan Anak,” J. Pendidik. Anak, vol. 3, no. 1, 2017.

Madyawati, L (2016). Strategi Pengembangan Bahasa Pada Anak.Jakarta: Kencana

Nisak, K. (2015). penggunaan kartu sebagaii strategi pembelajaran membaca permulaan: study kasus di Madrasah Ibtidaiyah Negri Ruko, Banda Aceh. Jurnal pencerahan,74

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Dan Pengembangan (pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan RnD). (cetakan ke). ALFABETA CV

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: ALFABETA

K. Kamila and R. Nugrahani, “ANALISIS DATA AHLI MATERI PADA MEDIA BUSY BOOK UNTUK PEMBELAJARAN MENGENAL HURUF DI KB KARTINI SEDAYULAWAS KECAMATAN BRONDONG KABUPATEN LAMONGAN,” GCEJ (Golden Child. Educ. Journal), vol. 2, no. 1, pp. 20–25, 2021.

R. Rostini, S. Normansyah, and J. P. Agus, “UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA ANAK MELALUI PERMAINAN TEBAK HURUF DAN TEBAK KATA DI KELOMPOK B TAMAN KANAK-KANAK DHARMA WANITA KECAMATAN PINO RAYA.” Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan.

Aprinawati “ Penggunaan Media Gambar Seri Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini” Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2017

Additional Files

Published

2022-10-31

How to Cite

lutfiyana, ananda, & Nugrahani, R. (2022). MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA ANAK MELALUI MEDIA KARTU BERGAMBAR DI TK ISLAM SULTAN AGUNG BLIMBING - PACIRAN - LAMONGAN . Prosiding SNasPPM, 7(1), 888–893. Retrieved from http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/1345