PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BLANDED LEARNING BERBANTUAN E-MODUL UNTUK MENINGKATKAN LITERASI MEMBACA SISWA KELAS 3 SDN SUMURJALAK 1 PLUMPANG

Authors

  • Helmi Alfai Hadiantoso Universitas PGRI Ronggolawe Tuban
  • Sri Cacik Universitas PGRI Ronggolawe

Keywords:

model pembelajaran blanded learning, E-modul kemampuan literasi membaca.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan literasi membaca pada siswa kelas III SD melalui penerapan model pembelajaran blanded learning berbantuan E-modul. Penerapan model dan media pembelajaran tersebut berfokus pada materi lambang negara Indonesia. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III SDN Sumurjalak I Plumpang Tuban dan penelitian dilakukan pada semester II tahun pelajaran 2021/2022. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, di mana masing-masing siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah RPP, lembar aktivitas guru, lembar aktivitas siswa, soal literasi, dan angket. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Data pra-siklus menunjukkan bahwa persentase ketuntasan siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia sebesar 11%. Hasil tersebut berada di bawah tingkat persentase ketuntasan klasikal yang diinginkan, yaitu 80%, sehingga peneliti berinisiatif umtuk menerapkan model pembelajaran blanded learning dengan bantuan E-modul. Pada siklus I, persentase rata-rata kemampuan literasi membaca siswa adalah 67% dengan persentase ketuntasan klasikal sebesar 44%. Persentase ketuntasan klasikal belum mencapai indikator keberhasilan, sehingga perlu dilanjutkan pada siklus II. Siklus II menunjukkan bahwa persentase rata-rata kemampuan literasi membaca siswa adalah 100% dengan persentase ketuntasan klasikal sebesar 100%. Hasil tersebut sudah memenuhi indikator keberhasilan PTK, sehingga PTK berhenti pada siklus II. Persentase rata-rata kemampuan literasi membaca subjek penelitian mengalami peningkatan sebesar 89%, sedangkan persentase ketuntasan klasikal meningkat sebesar 56%. Hasil tersebut didukung oleh aktivitas guru dan siswa, serta respon siswa. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran blanded learning berbantuan E-modul meningkatkan kemampuan literasi membaca siswa.

References

Astuti Ambarwati, Luluk Asmawati, (Juli 2018), “Peningkatan Kemampuan Literasi Dan Penguasaan Kosakata Melalui Media Buku Cerita Anak Berbasis Kearifan Lokal Banten Pada Anak Usia Dini”. Jurnal Teknologi Pembelajaran Pascasarjana Pascasarjana Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. Vol 12 (5) hal: 224-230

Dian Kunti Afiani Ayu, (2020). “Implementasi Kultur Literasi Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas III Di Era Revolusi Industri 4.0”. Jurnal Literasi Dalam Pendidikan di Era Digital Untuk Generasi Milenial. Vol.1: hal. 256-260

Nasution Nurlian, Jalinus Nizwardi, Dan Syahril, (2019), Buku Model Blended Learning, (ed) 2019 Unilak Press Pekan Baru-Riau.

Pentury Jolanda Helda, (April 2018), “Pemanfaatan Literasi TIK melalui Peran Lagu dalam Mengembangkan Kosakata Anak”. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. Vol.1 : hal 3-4

Siahaan Matdio, (2019), “Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Dunia Pendidikan”, Jurnal Kajian Ilmiah, Prodi Akuntansi. Vol.1 hal.3-4

Wardani Nanindya Deklara , Anselmus J.E. Toenlioe, Wedi Agus, (2019), “Daya Tarik Pembelajaran Di Era 21 Dengan Blended Learning”, Jurnal Teknologi Pendidikan. Vol. 1 hal.6-7

Wibowo, E. (2018). Pengembangan Bahan Ajar E-Modul Dengan Menggunakan Aplikasi Kvisoft Flipbook Maker (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).

Sani, R., (2013), Inovasi Pembelajaran, Penerbit Bumi Aksara, Jakarta.

Husamah, H. (2014). Pembelajaran Bauran (Blended Learning). Prestasi Pustaka.

Kusyeni, M. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Blended Learning Berbasis Edmodo Di Sekolah Menengah Kejuruan Kelas Xi Pada Materigelombang (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).

Fajriati, I. (2018). Pengembangan E-Modul Berbasis Lectora Inspire Mata Pelajaran Administrasi Humas dan Keprotokolan Pada Siswa Kelas XI APK di SMK PGRI 2 Sidoarjo. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 6(2), 132-137.

Wirandika, K. D. S. A., Agustini, K., Si, M., & Sindu, I. G. P. (2017). Pengembangan E-Modul Interaktif Berbasis Model Pembelajaran Problem Based Instruction Pada Mata Pelajaran Perakitan Personal Computer Kelas X TKJ di SMK TI Bali Global Singaraja. KARMAPATI (Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika), 6(1), 192-202.

Sirate, S. F. S., & Ramadhana, R. (2017). Pengembangan modul pembelajaran berbasis keterampilan literasi. Jurnal Inspiratif Pendidikan, 6(2), 316-335.

Hermanto, M. Gerakan Indonesia Membaca Dan Menulis (Gi2m) Sebagai Implemantasi Budaya Literasi. Bahasa Indonesia, 17.

HUSNA, N. (2021). Peningkatan Keaktifan Belajar Siswa Melalui Penerapan Metode Cooperative Script Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas Iv Sdn 004 Kalotok Kecamatan Sabbang Selatan (Doctoral dissertation, Universitas Cokroaminoto Palopo).

Additional Files

Published

2023-01-26

How to Cite

Alfai Hadiantoso, H., & Cacik, S. (2023). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BLANDED LEARNING BERBANTUAN E-MODUL UNTUK MENINGKATKAN LITERASI MEMBACA SISWA KELAS 3 SDN SUMURJALAK 1 PLUMPANG. Prosiding SNasPPM, 7(2), 1231–1236. Retrieved from http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/1346