KELAYAKAN MEDIA MATH BOARD TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL ANGKA 1-10 PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK KARTINI TEGALREJO

Authors

  • hidayatus salamah UNIVERSITAS PGRI RONGGOLAWE
  • Allan Firman jaya Universitas PGRI Ronggolawe

Keywords:

math board, mengenal angka, anak usia dini

Abstract

Penelitian  ini  dilatarbelakangi  oleh  kurangnya  kemampuan  kognitif  anak,  khususnya mengenai kemampuan mengenal bentuk angka. Hal ini diduga disebabkan karena dalam proses pembelajaran, guru kurang menggunakan  media pembelajaran yang  sesuai dengan kebutuhan anak dan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai. Sehingga menyebabkan anak tidak  memperhatikan  perhatian  guru  ketika  menjelaskan  di  dalam  kelas.  Penelitian  ini bertujuan  untuk  meningkatkan  kemampuan  kognitif  anak  dalam  hal  mengenal angka 1-10  pada  anak  usia  4-5  tahun  menggunakan  media math board. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan sebuah produk. yang memiliki nilai kelayakan. Dalam perancangannya melalui tahapan-tahapan pengembangan yang terstruktur dan sistematis serta dilakukan pengujian terhadap subjek penelitian. Tujuan dari penelitian ini yaitu mengembangkan media math board  dalam menstimulasi kemampun mengenal angka pada anak usia 4-5 tahun. Penelitian ini dilaksanakan pada anak kelompok A di TK Kartini Desa Tegalrejo Kecamatan Widang kabupaten Tuban. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan Borg & Gall yaitu (1) Potensi dan masalah, (2) Pengumpulan data, (3) Desain produk, (4) Validasi desain, (5) Revisi desain (6) Uji Coba Produk. Data yang diperoleh dari penelitian dan pengembangan ini berupa data kuntitatif dan data kualitatif. Berdasarkan hasil analisis uji kelayakan pada penelitian pengembangan ini, mendapatkan hasil 71% untuk validasi ahli materi (sangat layak dengan revisi) dan 86% untuk validasi ahli media (layak dengan revisi). Hasil uji coba produk media math board memperoleh presentase 93,7 % (sangat valid). Sehingga dapat disimpulkan bahwa media math board telah layak digunakan sebagai media pembelajaran di Taman Kanak Kanak

References

D. I. Efendi and I. A. S. Ekayati, “Pengaruh Permainan Tradisional Bentengan Terhadap Kemampuan Fisik Motorik Anak Usia Dini,” Pros. SNasPPM, vol. 1, no. 1, pp. 28–32, 2017

R. Nugrahani, “Pengaruh Bermain Kreatif Tangram Terhadap Kemampuan Mengenal Bentuk Geometri Pada Anak Usia Dini,” SELING J. Progr. Stud. PGRA, vol. 5, no. 1, pp. 30–38, 2019.

R. D. Permata and R. Nugrahani, “Implementasi Kemampuan Berpikir Simbolik Melalui Penggunaan Media Flannel Board pada Anak Usia 5-6 Tahun,” in SENASTER" Seminar Nasional Riset Teknologi Terapan", 2020, vol. 1, no. 1

S. Marli’ah, 2019. “Mengoptimalkan Kemampuan Logika Matematika Anak Usia Dini Melalui Permainan Sains,” SELING J. Progr. Stud. PGRA, vol. 5, no. 1, pp. 39–53.

S. Suyanto, “Dasar-dasar pendidikan anak usia dini,” Yogyakarta Hikayat Publ., 2005

I. Solecha,“Upaya Meningkatkan Kecerdasan Logika Matematika Anak Melalui Permainan Klasifikasi Di TK Pertiwi 1 Butuhan Delanggu Klaten Pada Kelompok TK A.” Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2013.

I. Khasanah, “Pembelajaran Logika Matematika Anak Usia Dini (Usia 4? óôé¼ôç£ 5 Tahun) Di Tk Ikal Bulog Jakarta Timur,” PAUDIA J. Penelit. dalam Bid. Pendidik. Anak Usia Dini, vol. 2, no. 1 mei, 2013.

L. Tasliyah, S. Nurhayati, and R. Nurunnisa, “Mengembangkan Kecerdasan Logika Matematika Anak Usia Dini Melalui APE Kids ‘N Kit,” CERIA (Cerdas Energik Responsif Inov. Adapt., vol. 3, no. 4, pp. 307–314, 2020.

L. Izzati and U. N. Padang, “Pengaruh metode bercerita dengan boneka tangan terhadap perkembangan kognitif anak usia dini,” vol. 4, pp. 472–481, 2020.

Guslinda & Kurnia, R. 2018. MEDIA PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI. Penerbit CV Jakad Publishing. Surabaya

Tafonao, T. (2018).Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa.

Aqib, Z. (2013).Mode-Model Media Pembelajaran dan Strategi Pembelajaran Konteksual (Inovatif).Bandung: Yrama Widya.

Badru Zaman. 2006. Pengembangan Alat Permainan Edukatif Untuk Anak Taman Kanak-Kanak.

Johni Dimyati. 2013. Metodologi Penelitian Pendidikan & Aplikasinya Pendidikan Anak Usia Dini ( PAUD).Jakarta: KENCANA.

Mayke S. Tedjasaputra. (2005). Bermain, Mainan, dan Permainan. Jakarta:Grasindo.

Additional Files

Published

2022-10-31

How to Cite

salamah, hidayatus, & jaya, A. F. (2022). KELAYAKAN MEDIA MATH BOARD TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL ANGKA 1-10 PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK KARTINI TEGALREJO. Prosiding SNasPPM, 7(1), 894–899. Retrieved from http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/1348