KAJIAN ETNOZOOLOGI BERUPA PENYEMBELIHAN KAMBING DALAM ACARA NYEWU DI DUSUN JAHULU DESA SUMBERAN KECAMATAN BANCAR KABUPATEN TUBAN

Authors

  • Aprilia Nike Saputri Universitas PGRI Ronggolawe
  • Iin Murtini Universitas PGRI Ronggolawe

Keywords:

hewan, vertebrata, kambing, etnozoologi, nyewu

Abstract

Penelitian mengkaji tentang pemanfaatan etnozoologi berupa penyembelihan kambing pada acara nyewu. Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui kaitan bidang ilmu zoologi vertebrata dengan kehidupan masyarakatat. Metode penelitian yang digunakan adalah deskripsi kualitatif dengan pengumpulan data berdasarkan pengambilan sampel secara acak dan dengan pembagian angket kepada masyarakat Dusun Jahulu Desa Sumberan dengan rentang umur 35-60 tahun yang dianggap memahami topik bahasan tersebut. Hasil dari penelitian ini menyimpulkan bahwa masyarakat Dusun Jahulu Desa Sumberan Kecamatan Bancar Kabupaten Tuban sebagian besar masih melakukan tradisi nyewu dengan penyembelihan kambing tetapi ada beberapa masyarakat dalam pelaksanaan tradisi nyewu tidak melakukan penyembelihan kambing melainkan dengan membeli daging secara langsung dari pasar untuk efisiensi waktu dan juga biaya.

References

Elliot, D. T., & Child. 1975. Dictionary of Sociology and Related Sciences. New Jersey: Little Field.

Syahri A., 1985. Implementasi Agama Islam Pada Masyarakat Jawa. Jakarta: Depag.

Almu’tasim, A., & Hendrajaya, J. 2019. Tradisi Selamatan Kematian Nyatus Nyewu: Implikasi Nilai Pluralisme Islam Jawa. Jurnal Lektur Keagamaan. Vol. 17 No. 2.

Ismawati. 2000. Islam Dan Kebudayaan Jawa. Yogyakarta: Gama Media.

Surono. 2011. Makna Kambing dan Merpati dalam Ritual Nyewu pada Masyarakat Jawa. Program S2 Antropologi UGM (tidak diterbitkan).

Negara, A., K., Sio. 2016. Kualitas Fisik Kimia dan Mikrobiologi Susu Kambing pada Waktu Pemerahan yang Berbeda di Peternakan Cangkurawok, Balumbang Jaya, Bogor. Jurnal Ilmu Pertanian. Vol. 04 No. 2, hlm 291-295.

Sutama. I., K, dan IGM Budiarsana. 2009. Panduan Lengkap Kambing Dan Domba. Jakarta: Penebar Swadaya.

Segara, B., Hartono, M., Suharyati S. 2018. Pengaruh Infestasi Cacing Saluran Pencernaan Terhadap Bobot Tubuh Kambing Saburai Pada Kelompok Ternak Di Kecamatan Gedong Tataan Kabupaten Pesawaran Provinsi Lampung. Jurnal Riset dan Inovasi Peternakan. Vol 2 (1).

Ni’am, H. U. M., A. Purnomoadi dan S. Dartosukarno. 2012. Hubungan Antara Ukuran-Ukuran Tubuh Dengan Bobot Badan Sapi Bali Betina Pada Berbagai Kelompok Umur. Animal Agriculture Journal 1(1): 541 – 556.

Socheh, M., dkk. 2017. Hubungan antara Skala Torso dengan bobot Hidup Kambing. Pengembangan sumber daya pedesaan dan kearifan lokal berkelanjutan VII.

Alves RRN, Alves NH. 2011. The Faunal Drugstore: Animal-based remediesused in internasional medicines in Latin America. Ethnobiol etnomed 7:7-9.

Anderson EN. 2011. Ethnobiology: Overview of a Growing Field. New Jersey: Hoboken.

Helida A., Zuhud EAM., Hardjanto, Purwanto Y., Hikmat A. 2015. Traditional Animals Knowledge of Kerinci Community in Sumatera, Indonesia. International Journal Sciences of Basic and Applied Research Vol 25 No 1.

Adelia N. 2010. Pengetahuan Tradisional tentang Pemanfaatan Tumbuhan Sebagai Obat oleh Suku Lom Dusun Air Abik Kecamatan Belinyu Bangka. Skripsi. Balunijuk: Universitas Bangka Belitung.

Zulkarnain,. 2009. Tradisi Upacara Kematian: Suatu Studi Antropologis Pada Masyarakat Jawa Di Tebing Tinggi. Masters. Thesis, Unimed.

Suwardi. 2012. Metodologi Penelitian Kebudayaan. Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada.

Soeparno. 2005. Ilmu dan Teknologi Daging, Cetakan keempat. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Nukraheni, Y. N., Afriyansyah, B., & Ihsan, M. 2019. Ethnozoologi masyarakat Suku Jerieng dalam memanfaatkan hewan sebagai obat tradisional yang halal. Journal of Halal Product and Research, 2(2), 60-67.

Additional Files

Published

2022-10-31

How to Cite

Aprilia Nike Saputri, & Murtini, I. (2022). KAJIAN ETNOZOOLOGI BERUPA PENYEMBELIHAN KAMBING DALAM ACARA NYEWU DI DUSUN JAHULU DESA SUMBERAN KECAMATAN BANCAR KABUPATEN TUBAN. Prosiding SNasPPM, 7(1), 402–406. Retrieved from http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/1351