APLIKASI METODE MONTESORI PADA ANAK USIA DINI DALAM BELAJAR MEMBACA DAN MENULIS PERMULAAN
Keywords:
Aspek Perkembangan, Membaca dan Menulis Permulaan, Metode Montessori, ApparatusAbstract
Pada anak usia dini memiliki beberapa aspek perkembangan yang perlu dikembangkan atau diberika stimulus
yang tepat, salah satunya adalah pada aspek perkembangan kognitif anak. Pada aspek perkembangan kognitif
yang memiliki peran penting untuk menunjang perkembangan aspek perkembangan lainnya. Namun tidak
hanya pada aspek perkembangan kognitif yang perlu dikembangkan tetapi anak juga harus memiliki
kemampuan dalam aspek perkembangan bahasa dengan baik. Tokoh yang merupakan pencetus dalam metode
belajar membaca, menulis, dan menghitung terhadap anak usia dini adalah Dr. Maria Montessori. Didalam
arikel ini akan memuat urutan bagaimana kegiatan dalam belajar membaca dan menulis permulaan yang
digunakan oleh Dr. Maria Montessori pada anak usia dini. Kegiatan yang diterapkan menggunakan Apparatus
yang dirancang khusus untuk memudahkan anak dalam memahami belajar membaca dan menulis permulaan.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif Kualitatif, dengan
menetapkan fokus penelitian Aplikasi Metode Montesori Pada Anak Usia Dini Dalam Belajar Membaca Dan
Menulis Permulaan. Hasil dalam penelitian ini adalah memberikan gambaran pada khalayak umum dalam
mengetahui tahapan belajar membaca dan menulis permulaan yang diterapkan dalam metode Montessori
dengan menggunakan Apparatus yang sudah ditentukan
References
Mansyur. 2007. Pendidikan Anak Usia
Dini Dalam Islam. Yogyakarta : Pustaka
Pelajar
Veronica, N. 2018. Permainan Edukatif
Dan Perkembangan Kognitif Anak Usia
Dini. Pedagogi : Jurnal Anak Usia Dini
Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2)
Larimore, R. A. 2020. Preschool Science
Education: A Vision for the Future. Early
Childhood Education Journal.
Spodek, Bernard & Saracho,Olivia N.
(1994). Right from the Start . Boston.Allyn
and Bacon.USA
Gagne, Briggs, J. 2008. Principles of
Instructional Design. Second Edition,
(New York : Holt Rinehart and Winston)
Ahmad Susanto. 2013. Teori Belajar dan
Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta :
Rajawali Pers
Maria montessori, 2016. “Rahasia Masa
Kanak-Kanak”, Terj. Ahmad Lintang
lizuardi. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
Zahra Zahira. 2020. Islamic Montessori
Inspired Activity. Yogyakarta: PT Bentang
Pustaka. Hal.1
Sugiyono, S. 2017. Metode Penelitian
Kualitatif untuk Penelitian yang Bersifat:Eksploratif, Enterpretif, Interaktif dan
Konstruktif. Bandung : CV. Alfabeta.
Suryana Dadan. 2019. Stimulasi dan
Aspek Perkembangan Anak. Jakarta :
Prenadamedia Group.
Nutbrown, Cathy dan Peter Clough. 2015.
Pendidikan anak Usia Dini Sejarah,
Filosofi dan Pengalaman. Yogyakarta :
Pustaka Pelajar.
Surya Mohamad, Abdul Hasim (Ed.).
Strategi Kognitif dalam
Pembelajaran, Bandung : CV. Alfabeta
Lesley Britton. 2018. Montessori Play and
Learn. Yogyakarta : Bentang Pustaka.
Maria Montessori. 2013. Metode
Montessori Panduan Wajib Untuk Guru
Dan Orang Tua Didik PAUD (Pendidikan
Anak Usia Dini) Trjmh Ahmad Lintang
Lazuardi. Yogyakarta : Pustaka Pelajar
Zahra Zahira. 2020. Islamic Montessori
Inspired Activity, Cet.3. Yogyakarta