APLIKASI METODE MONTESORI PADA ANAK USIA DINI DALAM BELAJAR MEMBACA DAN MENULIS PERMULAAN

Authors

  • Emilda Nurma Prahesti UNIVERSITAS PGRI RONGGOLAWE TUBAN
  • Citra Dewi Rosalina Arifin Universitas PGRI Ronggolawe

Keywords:

Aspek Perkembangan, Membaca dan Menulis Permulaan, Metode Montessori, Apparatus

Abstract

Pada anak usia dini memiliki beberapa aspek perkembangan yang perlu dikembangkan atau diberika stimulus
yang tepat, salah satunya adalah pada aspek perkembangan kognitif anak. Pada aspek perkembangan kognitif
yang memiliki peran penting untuk menunjang perkembangan aspek perkembangan lainnya. Namun tidak
hanya pada aspek perkembangan kognitif yang perlu dikembangkan tetapi anak juga harus memiliki
kemampuan dalam aspek perkembangan bahasa dengan baik. Tokoh yang merupakan pencetus dalam metode
belajar membaca, menulis, dan menghitung terhadap anak usia dini adalah Dr. Maria Montessori. Didalam
arikel ini akan memuat urutan bagaimana kegiatan dalam belajar membaca dan menulis permulaan yang
digunakan oleh Dr. Maria Montessori pada anak usia dini. Kegiatan yang diterapkan menggunakan Apparatus
yang dirancang khusus untuk memudahkan anak dalam memahami belajar membaca dan menulis permulaan.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif Kualitatif, dengan
menetapkan fokus penelitian Aplikasi Metode Montesori Pada Anak Usia Dini Dalam Belajar Membaca Dan
Menulis Permulaan. Hasil dalam penelitian ini adalah memberikan gambaran pada khalayak umum dalam
mengetahui tahapan belajar membaca dan menulis permulaan yang diterapkan dalam metode Montessori
dengan menggunakan Apparatus yang sudah ditentukan

References

Mansyur. 2007. Pendidikan Anak Usia

Dini Dalam Islam. Yogyakarta : Pustaka

Pelajar

Veronica, N. 2018. Permainan Edukatif

Dan Perkembangan Kognitif Anak Usia

Dini. Pedagogi : Jurnal Anak Usia Dini

Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2)

Larimore, R. A. 2020. Preschool Science

Education: A Vision for the Future. Early

Childhood Education Journal.

Spodek, Bernard & Saracho,Olivia N.

(1994). Right from the Start . Boston.Allyn

and Bacon.USA

Gagne, Briggs, J. 2008. Principles of

Instructional Design. Second Edition,

(New York : Holt Rinehart and Winston)

Ahmad Susanto. 2013. Teori Belajar dan

Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta :

Rajawali Pers

Maria montessori, 2016. “Rahasia Masa

Kanak-Kanak”, Terj. Ahmad Lintang

lizuardi. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Zahra Zahira. 2020. Islamic Montessori

Inspired Activity. Yogyakarta: PT Bentang

Pustaka. Hal.1

Sugiyono, S. 2017. Metode Penelitian

Kualitatif untuk Penelitian yang Bersifat:Eksploratif, Enterpretif, Interaktif dan

Konstruktif. Bandung : CV. Alfabeta.

Suryana Dadan. 2019. Stimulasi dan

Aspek Perkembangan Anak. Jakarta :

Prenadamedia Group.

Nutbrown, Cathy dan Peter Clough. 2015.

Pendidikan anak Usia Dini Sejarah,

Filosofi dan Pengalaman. Yogyakarta :

Pustaka Pelajar.

Surya Mohamad, Abdul Hasim (Ed.).

Strategi Kognitif dalam

Pembelajaran, Bandung : CV. Alfabeta

Lesley Britton. 2018. Montessori Play and

Learn. Yogyakarta : Bentang Pustaka.

Maria Montessori. 2013. Metode

Montessori Panduan Wajib Untuk Guru

Dan Orang Tua Didik PAUD (Pendidikan

Anak Usia Dini) Trjmh Ahmad Lintang

Lazuardi. Yogyakarta : Pustaka Pelajar

Zahra Zahira. 2020. Islamic Montessori

Inspired Activity, Cet.3. Yogyakarta

Additional Files

Published

2022-11-03

How to Cite

Prahesti, E. N., & Arifin, C. D. R. (2022). APLIKASI METODE MONTESORI PADA ANAK USIA DINI DALAM BELAJAR MEMBACA DAN MENULIS PERMULAAN. Prosiding SNasPPM, 7(1), 1052–1056. Retrieved from http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/1352