PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER DENGAN MENGGUNAKAN APLIKASI FLIP PDF PROFESSIONAL UNTUK SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR

Authors

  • Chyntia Dea Reswita Universitas PGRI Ronggolawe Tuban
  • Wendri Wiratsiwi Universitas PGRI Ronggolawe Tuban

Keywords:

e-modul, pendidikan karakter, aplikasi flip pdf professional

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan e-modul menggunakan aplikasi Flip PDF Professional untuk mengetahui kelayakan, kepraktisan, dan keefektifan e-modul menggunakan aplikasi Flip PDF Professional pada materi Tematik untuk siswa kelas IV Sekolah Dasar. Pengembangan dilakukan dengan menggunakan model ADDIE yang terdiri atas 5 (lima) tahap yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Instrumen yang digunakan  dalam pengumpulan data ini adalah lembar observasi, lembar wawancara, lembar validasi ahli materi dan ahli media, lembar angket respon guru dan siswa, serta lembar tes siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah data observasi, data wawancara, analisis data kelayakan, analisis data kepraktisan, dan analisis data keefektifan. Berdasarkan uji validasi ahli materi diperoleh hasil bahwa e-modul menggunakan aplikasi Flip PDF Professional yang dikembangkan memiliki kriteria layak digunakan dengan presentase sebesar 80% dan ahli media 95%, serta telah dilakukan revisi produk sehingga produk yang telah dibuat dapat diuji cobakan di lapangan. Lembar angket respon guru dan siswa diperoleh hasil bahwa e-modul dengan menggunakan aplikasi Flip PDF Professional yang dikembangkan memiliki kriteria yang praktis digunakan untuk pembelajaran dengan perolehan data presentase angket respon guru 90% dan angket respon siswa 94%. Hasil tes siswa menunjukkan kriteria efektif digunakan dengan nilai  ketuntasan  klasikal  memperoleh  hasil 94% dengan 22 siswa mendapat nilai di atas KKM dan 3 siswa mendapat nilai di bawah KKM. Data yang dihasilkan dari validasi angket respon guru dan siswa, serta tes siswa menunjukkan bahwa e-modul dengan aplikasi Flip PDF Professional yang dikembangkan valid, praktis dan efektif digunakan.

References

Wiratsiwi. W., Suratno.E. 2018. Kelayakan Modul IPS Berwawasan Pendidikan Karakter pada Materi Proklamasi Kemerdekaan Indonesia untuk Kelas V Sekolah Dasar. Education and Human Development Journal, 3 (2), 143-148. (Online). (http://journal2.unusa.ac.id/index.php/EHDJ/article/view/54. Diakses pada tanggal 29 Maret 2022)

Tim Pusat Penilaian Pendidikan. 2019. Model Penilaian Karakter. Jakarta: Pusat Penilaian Pendidikan.

Ulfa, Adnavi. 2019. Pengembangan E-modul Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Hukum Newton Tingkat SMA. Skripsi. (Online). (https://respository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/. Diakses pada tanggal 26 Maret 2022)

Harjanto, Dedy Anggit. 2017. Pengembangan Modul Pembelajaran IPA Berbasis Pendidikan Emansipatoris untuk Menanamkan Sikap Peduli Lingkungan Pada Siswa Kelas III B di SDN PERUMNAS Condongcatur. Skripsi. (Online). (http://repository.usd.ac.id/9476/. Diakses pada tanggal 23 Maret 2022)

Oktapianti, Dinsi. 2021. Pengembangan E-modul Berbasis Problem Based Learning Materi Sistem Organisasi Kehidupan Makhluk Hidup. Skripsi. (Online). (https://repository.iainbengkulu.ac.id/7155/. Diakses pada tanggal 23 Maret 2022)

Rahman, Sakinah Azkia. 2021. Pengembangan E-modul Matematika dengan Menggunakan Software Flip PDF Professional pada Materi Bentuk Aljabar. Skripsi (Online). (http://repository.uin-suska.ac.id. Diakses pada tanggal 28 Maret 2022)

Daryanto. 2013. Menyusun Modul (Bahan Ajar untuk Persiapan Guru dalam Mengajar). Yogyakarta: Gava Media

Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas. 2017. Panduan Praktis Penyusunan E-Modul. Jakarta: Depdiknas

Putry, R. 2018. Pendidikan Karakter Anak Di Sekolah Perspektif Kemendiknas. Internasional Journal of Child and Gender Studies, 4 (1), 39-54. (Online). (http://jurnal.ar-rainy.ac.id. Diakses pada tanggal 01 April 2022)

Khoirunnisa, N. I. 2020. Pengembangan Buku Saku Berbasis Pendidikan Karakter Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VI A SDN Kalicari 01 Kota Semarang. Skripsi. (Online). (http://lib.unnes.ac.id, Diakses pada tanggal 01 April 2022)

Khairinal., Suratno., & Aftiani, R. Y. 2021. Pengembangan Media Pembelajaran E-book Berbasis Flip PDF Professional untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar dan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas X IIS 1 SMA Negeri 2 Kota Sungai Penuh. JMPIS (Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial). 2 (1), 458-470. (Online). (https://dinastirev.org/JMPIS/article/view/583. Diakses pada tanggal 17 Maret 2022)

Nisa, H. A. (2020). Pengembangan E-Modul Dengan Flip Pdf Professional Berbasis Gamifikasi Pada Materi Himpunan. Skripsi (Online). (http://repository.usd.ac.id. Diakses pada tanggal 17 Maret 2022)

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta

Cahyadi, Rahmat. A. H. 2019. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis ADDIE Model. Education Journal, 3 (1), 35-43. (Online). (https://halaqa.umsida.ac.id. Diakses pada tanggal 04 Maret 2022)

Aprillianti, Prima. 2021. Pengembangan E-book dengan Aplikasi Book Creator pada Materi Bangun Ruang Untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Skripsi Tidak Diterbitkan. Tuban: Universitas PGRI Ronggolawe Tuban.

Additional Files

Published

2022-10-31

How to Cite

Reswita, C. D., & Wiratsiwi, W. (2022). PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER DENGAN MENGGUNAKAN APLIKASI FLIP PDF PROFESSIONAL UNTUK SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR. Prosiding SNasPPM, 7(1), 407–413. Retrieved from http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/1354