Penerapan Model TGT Berbantuan Rolling Ball Pada Materi Sumber Energi Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Dan Numerasi Siswa Kelas IV

Authors

  • miftakhul huda Universitas PGRI Ronggolawe Tuban
  • Sri Cacik Universitas PGRI Ronggolawe

Keywords:

Team Games Tournament (TGT), Rolling Ball, kemampuan literasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi siswa pada materi sumber energi melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) berbantuan Rolling Ball. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Sumurjalak I Plumpang Tuban semester II tahun pelajaran 2021/2022. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang memiliki dua siklus dimana setiap siklus terdiri dari 4 tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Instrument yang digunakan yaitu lembar tes berupa soal literasi dan numerasi. Teknik analisis data adalah analisis deskriptif kuantitatif. Data pra-siklus menunjukkan bahwa presentase jumlah siswa yang tuntas pada tes mata pelajaran IPA dan matematika sama besar, yaitu 30,7%. Hasil tersebut berada di bawah tingkat ketuntasan minimal, sehingga dilakukan pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) berbantuan Rolling Ball. Pada siklus I presentase jumlah siswa yang tuntas untuk tes kemampuan literasi dan numerasi sama besar, yaitus 53,8%. Kemampuan literasi dan numerasi siswa pada siklus I belum mencapai presentase ketuntasan klasikal yang ditentukan, maka dilanjutkan pada siklus II. Kemampuan literasi dan numerasi siswa pada siklus II masing-masing sebesar 84,6%. Hasil tersebut sudah termasuk di atas presentase ketuntasan klasikal yang telah ditentukan, dimana presentase ketuntasan klasikal minimal adalah 80%, sehingga penelitian ini berhenti pada siklus II. Presentase jumlah siswa yang tuntas pada tes kemampuan literasi dan numerasi mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II dengan besar yang sama yaitu 84,6%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) berbantuan Rolling Ball dapat meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi siswa.Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi siswa pada materi sumber energi melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) berbantuan Rolling Ball. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Sumurjalak I Plumpang Tuban semester II tahun pelajaran 2021/2022. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang memiliki dua siklus dimana setiap siklus terdiri dari 4 tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Instrument yang digunakan yaitu lembar tes berupa soal literasi dan numerasi. Teknik analisis data adalah analisis deskriptif kuantitatif. Data pra-siklus menunjukkan bahwa presentase jumlah siswa yang tuntas pada tes mata pelajaran IPA dan matematika sama besar, yaitu 30,7%. Hasil tersebut berada di bawah tingkat ketuntasan minimal, sehingga dilakukan pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) berbantuan Rolling Ball. Pada siklus I presentase jumlah siswa yang tuntas untuk tes kemampuan literasi dan numerasi sama besar, yaitus 53,8%. Kemampuan literasi dan numerasi siswa pada siklus I belum mencapai presentase ketuntasan klasikal yang ditentukan, maka dilanjutkan pada siklus II. Kemampuan literasi dan numerasi siswa pada siklus II masing-masing sebesar 84,6%. Hasil tersebut sudah termasuk di atas presentase ketuntasan klasikal yang telah ditentukan, dimana presentase ketuntasan klasikal minimal adalah 80%, sehingga penelitian ini berhenti pada siklus II. Presentase jumlah siswa yang tuntas pada tes kemampuan literasi dan numerasi mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II dengan besar yang sama yaitu 84,6%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) berbantuan Rolling Ball dapat meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi siswa.

References

Suwardi. 2018. Penerapan Model Kooperatif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Aktivitas Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Proceeding Biology Education Conference. Vol. 15 No. 1: 53-56.

Gunarta. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran TGT Berbantuan Medis Question Card Terhadap Hasil Belajar Siswa.. Vol. 1 No. 2: 112-120.

Indriani, F. 2015. Kompetensi Pedagogik Mahasiswa Dalam Mengelola Pembelajaran Tematik Integratif Kurikulum 2013 Pada pengajaran Micro Di pgsd uad Yogyakarta.Vol. 2 No. 2:87-94.

Mahardi, P.Y., Murda, N., & Astawan, G. 2019. Model Pembelajaran Team Games Tornament Berbasis Kearifan Lokal Trikaya Parisudha Terhadap Pendidikan Karakter Gotong Royong Dan Hail Belajar IPA. Jurnal Pendidikan Multikultural. Vol. 1 No 1: 98-107.

Abdullah, R. 2017. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Mata Pelajaran Kimia Di Madrasah Aliyah. Jurnal Lantanida. Vol. 5 No. 1.

Cahyaningsih, U. (2017). Pengaruh Model Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SD. Jurnal Cakrawala Pendas. Vol. 3 No. 1.

Zaki, A., & Yusri, D. 2020. Penggunaan Media Pembelajaran Untuk Peningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Pelajaran PKN di SMA Swasta Darussa`adah Kecamatan Pangkalan Susu. Jurnal Ilmu Pendidikan. Vol. 7 No. 2.

Azami, dkk. 2021. Pengembangan Media Pembelajaran Rolling Ball Untuk Materi Fungsi Dan Invers. Journal of Instrukctional Development Research. Vol. 2 No. 2: 69-80.

Kharzhimi, M. 2021. Kesulitan Siswa Sekolah Dasar Dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi. Jurnal Multidisiplin Ilmu. Vol. 2 No. 3: 102-108.

Kurniawan, I. & Rahadyan, A. 2021. Analisis Kemampuan Numerasi Siswa Kelas XI Dalam Penyelesaian Soal Tipe AKM Pada Pokok Bahasan Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel. Vol. 3 No. 2.

Arikuto, S., Suhardjono, & Supardi. 2017. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Rineka Cipta.

Additional Files

Published

2023-01-26

How to Cite

huda, miftakhul, & Cacik, S. (2023). Penerapan Model TGT Berbantuan Rolling Ball Pada Materi Sumber Energi Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Dan Numerasi Siswa Kelas IV. Prosiding SNasPPM, 7(2), 1237–1241. Retrieved from http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/1360