RESPON SISWA SEKOLAH DASAR TERHADAP KEPRAKTISAN MODUL BUJAMUR (BUDAYA JAWA TIMUR)
Keywords:
respon, kepraktisan modul bujamurAbstract
Pembelajaran pada Kurikulum 2013 ditekankan pada pengembangan potensi dan pembangunan karakter pada setiap peserta didik sehingga hasil belajar dapat disinergikan antara pendidikan di sekolah, keluarga dan masyarakat. Pada salah satu subtema yaitu, keberagaman budaya bangsaku memiliki tujuan siswa dapat memahami karakteristik lingkungan di wilayahnya dalam hal ini Jawa Timur, akan tetapi selama ini belum ada bahan ajar yang memandu siswa dalam memahami budaya Jawa Timur. Modul merupakan salah satu bahan ajar yang dirancang agar siswa dapat belajar secara mandiri. Maka peneliti mengembangkan sebuah modul bujamur (budaya Jawa Timur) bagi siswa kelas IV sekolah dasar. Metode yang digunakan adalah R&D (Reseaerch and Development) dengan model pengembangan 4-D yang terdiri dari define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan),dan dessiminate (penyebaran). Tujuan dilakukannya penelitian adalah untuk mendeskripsikan respon siswa sekolah dasar sebagai pengguna terhadap kepraktisan modul bujamur (budaya Jawa Timur). Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN Sugihan 01 Jatirogo dengan jumlah 20 yang terbagi siswa laki-laki sebanyak 11 dan siswa perempuan sebanyak 9. Teknik pengumpulan data yang digunakan menggunakan angket, sehingga instrumen penelitiannya adalah lembar angket respon siswa. Data yang sudah dikumpulkan dianalisis menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Adapun hasil respon berdasarkan 10 pernyataan yang harus diisi, siswa yang setuju sebesar 99 % dengan kriteria sangat praktis dan tidak setuju sebesar 1% dengan kriteria tidak praktis. Berdasarkan hasil dan kriteria persentase yang didapatkan maka modul bujamur (budaya Jawa Timur) dapat digunakan dalam kegiatan pembelajaran karena sangat praktis.
References
R. Gustiawati, D. Arief, A. Zikri, U. N. Padang, and S. Barat, “Jurnal basicedu,” vol. 4, no. 2, 2020.
K. A. Purwantiningtiyas, “Humantech jurnal ilmiah multi disiplin indonesia,” vol. 1, no. 6, pp. 753–758, 2022.
A. D. Yasa, “Pengembangan Modul Tematik Berbasis Stm (Sains, Teknologi Dan Masyarakat),” J. Pemikir. dan Pengemb. Sekol. Dasar, vol. 6, no. 1, p. 21, 2018, doi: 10.22219/jp2sd.v6i1.5899.
N. A. K. Citra1*, A. Laila2, and R. Damariswara3, “EduMatSains,” vol. 7, no. 1, pp. 167–182, 2022.
I. Harta, S. Tenggara, and P. Kartasura, “Pengembangan Modul Pembelajaran untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Minat SMP,” Pengemb. Modul Pembelajaran untuk Meningkat. Pemahaman Konsep dan Minat SMP, vol. 9, no. 2, pp. 161–174, 2014, doi: 10.21831/pg.v9i2.9077.
N. N. Mutala’liah, “M. Musfiqon dan Nurdyansyah. N. (2015). Pendekatan Pembelajaran Saintifik . Sidoarjo: Nizamia learning center., 41,” no. 20, 2015.
S. N. F. Ummu Khairiyah, “This work is licensed under Creative Commons Attribution Non Commercial 4.0 International License Available online on: http://riset.unisma.ac.id/index.php/je,” vol. 2, pp. 1–8, 2020.
I. R. H. H. Albab Ulil Setyawati Dwi Azka Al, “Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Pengembangan Modul Pembelajaran,” vol. 1, no. 5, pp. 224–236, 2019.
R. Y. Purwoko, P. Nugraheni, S. Nadhilah, U. M. Purworejo, and K. Purworejo, “Analisis Kebutuhan Pengembangan E -Modul Berbasis Etnomatematika Produk Budaya Jawa Tengah,” vol. 5, no. 1, pp. 1–8, 2020.
A. S. Rahma, E. Syahputra, P. Pendidikan, M. Pascasarjana, and U. N. Medan, “Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Realistic Mathematic Education Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar,” vol. 06, no. 01, pp. 980–995, 2022.
P. Studi et al., “PENGEMBANGAN BAHAN AJAR E-MODUL SEBAGAI PENDUKUNG PEMBELAJARAN KURIKULUM 2013 PADA MATERI AYAT JURNAL PENYESUAIAN PERUSAHAAN JASA SISWA KELAS X AKUNTANSI SMK NEGERI 1 SURABAYA Joni Susilowibowo Abstrak,” pp. 1–9, 2016.
R. Amini and S. Oktarisma, “Jurnal basicedu,” vol. 5, no. 2, pp. 835–841, 2022.
N. Hilaliyah, R. Sudiana, and A. S. Pamungkas, “Pengembangan Modul Realistic Mathematics Education Bernilai Budaya Banten untuk Mengembangkan Kemampuan Literasi Matematis Siswa,” vol. 4185, pp. 121–135, doi: 10.24815/jdm.v.
E.- Issn, K. Berpikir, and K. Siswa, “JOUrnal of Banua Science Education,” vol. 2, no. 2, pp. 99–108, 2022.
K. Agustini and J. G. Ngarti, “PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL R & D,” vol. 4, no. April 2020, pp. 62–78, 1858.
K. Tuban, B. Siswa, K. Iv, and S. Dasar, “Validitas modul berbasis kearifan lokal kabupaten tuban bagi siswa kelas iv sekolah dasar,” vol. 7, pp. 82–99, 2021, doi: 10.29407/jpdn.v7i1.15855.
M. D. P. Kimia, G. E. Monica, D. K. Sari, and R. Edi, “ORBITAL : JURNAL PENDIDIKAN KIMIA Pembelajaran pada Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Sriwijaya,” vol. 5, pp. 28–37, 2021.
T. L. Handayani and H. S. , Sugianto, “Unnes Physics Education Journal,” vol. 8, no. 1, pp. 8–15, 2019.