PERAN BIMBINGAN BELAJAR DI LUAR SEKOLAH TERHADAP PERKEMBANGAN BAHASA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI DESA TALANGKEMBAAR KECAMATAN MONTONG KABUPATEN TUBAN

Authors

  • Yudi Sutrisno Universitas PGRI Ronggolawe Tuban
  • Kholifah Kholifah Universitas PGRI Ronggolawe Tuban

Keywords:

Bimbingan belajar, Perkembangan bahasa

Abstract

Lingkungan sosial yang kurang baik dalam berteman serta penggunan handphone tanpa pengawasan secara efektif membuat anak khususnya anak usia dini berbahasa yang kurang baik dan sopan,~yaitu anak sering mengucapkan kata kotor di berbagai situasi, hal inilmenjadi permasalahan yang menyebabkan pemberian stimulus lebih dalam belajar khususnya ketika anak berada di rumah. Penelitiann ini.  Untuk. mengetahuii  bagaimana. Peran. Bimbingan Belajar Di Luar Sekolah Terhadap Perkembangan  Bahasa.  Anak.  Usia   5  -  6   Tahun  Di  Desa Talangkembar Kecamatan. Montong Kabupaten. Tuban. Metode penelitian yang digunakan ialah kualitatif dengaan tekniik pengumpullan data, random sampling.  Adapun subyek penelitian ,yang .digunakan adalah orang tua siswa dan tutor bimbingan belajar dimana penelitiannya dilakukan di lembaga bimbingan belajar desa Talangkembar pada tahun 2022, selanjutnya analisa data yang digunakan adalah analisa domain dan taksonomi yang dikombinasikan. Kesimpulannya adalah bahwa bimbingan belajar memiliki peran terhadap perkembangan bahasa anak. Perubahan anak tersebut adalah tidak menggunakan bahasa yang kurang sopan ketika berkomunikasi dengan orang tua, teman dan tutor, selain itu anak juga mampu membedakaan kata yang baiik dan kata  kurang  baik untuk di gunakan dalam berbahasa. Proses bimbingan belajar baik dan lancar dimana ini di sebabkan oleh waktu belajar yang sesuai, tutor yang berkualitas secara pendidikan, serta tempat yang strategis.

References

Dra. An fauzia rozani, “Desain pembelajaran PAUD,” Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952. pp. 1–77, 2017.

O. D. Handayani, “Persepsi Orangtua terhadap Pelaksanaan Belajar dari Rumah pada Pendidikan Anak Usia Dini,” J. Obs. J. Pendidik. Anak Usia Dini, vol. 5, no. 2, pp. 1754–1763, 2021, doi: 10.31004/obsesi.v5i2.975.

UUD RI RI No. 41, “Presiden republik indonesia,” Peratur. Pemerintah Republik Indones. Nomor 26 Tahun 1985 Tentang Jalan, no. 1, pp. 1–5, 2003, [Online]. Available: https://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=1&cad=rja&uact=8&ved=2ahUKEwjWxrKeif7eAhVYfysKHcHWAOwQFjAAegQICRAC&url=https%3A%2F%2Fwww.ojk.go.id%2Fid%2Fkanal%2Fpasar-modal%2Fregulasi%2Fundang-undang%2FDocuments%2FPages%2Fundang-undang-nomo

I. A. S. Ekayati, “Pengaruh permainan tradisional ‘gobag sodor’ terhadap kecerdasan intrapersonal dan interpersonal pada anak usia dini,” Didaktika, vol. 13, no. 3, pp. 1–10, 2015.

T. T. Yogatama, “Kesantunan Berbahasa Verbal dan Non Verbal Abdi Dalem Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat,” p. 240, 2017.

A. Isna, “Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini,” Al-Athfal, vol. 2, no. 2, pp. 62–69, 2019.

N. V. Sandi and R. Setyorini, “ANALISIS KEGIATAN BIMBINGAN BELAJAR PADA ANAK USIA DINI DALAM KREATIVITAS PEMBELAJARAN FINGER PAINTING (Melukis Terhadap Peningkatan Motorik Halus),” Gener. Emas, vol. 1, no. 2, p. 128, 2018, doi: 10.25299/ge.2018.vol1(2).2749.

S. E. Zaluchu, “Strategi Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif Di Dalam Penelitian Agama,” Evang. J. Teol. Injili dan Pembin. Warga Jemaat, vol. 4, no. 1, p. 28, 2020, doi: 10.46445/ejti.v4i1.167.

R. Romlah and D. Defriyanto, “Audio visual Sebagai Layanan Bimbingan Belajar Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini,” KONSELI J. Bimbing. dan Konseling, vol. 5, no. 2, p. 157, 2018, doi: 10.24042/kons.v5i2.3502.

J. B. Sinaga, S. Manurung, and J. E. Marpaung, “Bimbingan Belajar Bahasa Inggris Untuk Anak Usia Dini Di Kelurahan Buliang Rw 18,” Minda Baharu, vol. 1, no. 1, pp. 33–41, 2017, doi: 10.33373/jmb.v1i1.1171.

H. Zaini and K. Dewi, “Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini,” Raudhatul Athfal J. Pendidik. Islam Anak Usia Dini, vol. 1, no. 1, pp. 81–96, 2017, doi: 10.19109/ra.v1i1.1489.

A. Thahir and B. Hindriyanti, “Belajar Siswa Pondok Pesantren Madrasah Aliyah Al-Utrujiyyah Kota Karang,” Konseli J. Bimbing. Dan Konseling Fak. Tarb. dan Keguruan, IAIN Raden Intan Lampung, vol. Vol 1, no. 2, pp. 55–66, 2014, [Online]. Available: http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/konseli/article/view/671

A. N. Andini, “Pengaruh Media Flashcard Terhadap Kemampuan Mengenal Huruf Anak Usia 5-6 Tahun,” J. Penelit. Anak Usia Dini, vol. 1, no. 1, pp. 1–11, 2022, doi: 10.18860/jpaui.v1i1.1076.

H. Subakti and E. S. Handayani, “Pengaruh Bimbingan Belajar Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas Tinggi di Sekolah Dasar,” J. Basicedu, vol. 5, no. 1, pp. 247–255, 2020, doi: 10.31004/basicedu.v5i1.648.

D. P. M. A. dan D. Y. Noviani, “Penerapan Metode Bercerita Untuk Mengembangkan Kemampuan Bahasa Anak Usia 4-5 Tahun di TK Bhayangkari Mempawah Hilir,” J. Pendidik. dan Pembelajaran Khatulistiwa, vol. 8, no. 9, pp. 3–5, 2018.

Additional Files

Published

2022-10-31

How to Cite

Sutrisno, Y., & Kholifah, K. (2022). PERAN BIMBINGAN BELAJAR DI LUAR SEKOLAH TERHADAP PERKEMBANGAN BAHASA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI DESA TALANGKEMBAAR KECAMATAN MONTONG KABUPATEN TUBAN. Prosiding SNasPPM, 7(1), 443–449. Retrieved from http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/1373