PENGEMBANGAN ALAT EVALUASI MENGGUNAKAN APLIKASI KAHOOT PADA MATERI HUKUM PERMINTAAN, PENAWARAN, KONSEP ELASTISITAS DAN HARGA KESEIMBANGAN PASAR

Authors

  • Melya Melya Universitas PGRI Ronggolawe Tuban
  • Candra aeni Universitas PGRI Ronggolawe tuban

Keywords:

Aplikasi Kahoot, Validasi, Alat Evaluasi, Materi Penawaran, Permintaan

Abstract

ABSTRAK

Alat evaluasi pembelajaran merupakan alat ukur untuk menilai dan mengevaluasi sejauh mana proses pembelajaran tersampaikan kepada peserta didik.. Berdasarkan dari hasil angket kebutuhan didapat bahwa guru dalam pengambilan nilai  masih menggunakan. metode konvensional berupa paper test (kertas). Sehingga dibutuhkannya alat evaluasi yang dapat membuka pola pikir peserta didik dalam belajar.. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk. mengetahui bagaimana kelayakan alat evaluasi menggunakan aplikasi KAHOOT dan bagaimana respon. peserta didik terhadap alat evaluasi yang akan dikembangkan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode. Research and Development (R&D) dengan .menggunakan model penelitian Borg and Gall.. Data diperoleh menggunakan tes dan angket. Sedangkan teknis analisis data yang digunakan berupa lembar validasi ahli materi, lembar validasi ahli .evaluasi, lembar validasi praktisi, untuk mencari reliabilitas antar rater .menggunakan ICC. Butir selanjutnya dianalisis menggunakan daya beda tingkat kesukaran dan .kefektifan .pengecoh.. Hasil penelitian menunjukkan, .hasil validasi dari ahli materi sebesar 88% dengan kriteria sangat layak; ahli evaluasi sebesar 95% dengan kategori sangat layak dan validasi dari praktisi sebesar 92% dengan kategori sangat  layak. .Berdasarkan analisis daya beda, tingkat kesukaran dan keefektifan pengecoh, dapat disimpulkaan alat evaluasi berbentuk test online yang dikembangkan sangat layak sebagai alat evaluasi yang baik .digunakan dalam materi hukum penawaran permintaan konsep elatisitas dan harga. keseimbangan pasar  dan mendapatkan respon posistif. sebesar 83 %.

Author Biography

Candra aeni, Universitas PGRI Ronggolawe tuban

pembimbing

References

Arikunto, S. (2014). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan kombinasi . Bandung: Alfabeta.

Arikunto, S. (2013). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan Edisi Kedua. Jakarta: Bumi Aksara

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Christiani, N. (2019). Modul Teknologi Pembelajaran Kahoot. Suka Bumi: CV Jejak.

Dewi, C. K. (2018). Pengembangan Alat Evaluasi Menggunakan Aplikasi Kahoot Pada Pembelajaran Matematika Kelas X. Lampung: Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung

Djaali, H., & Muljono, P. (2008). Pengukuran dalam Bidang Pendidikan (YB Sudarmanto. Grasindo.

Noermanzah, N. (2019). Bahasa sebagai alat komunikasi, citra pikiran, dan kepribadian. In Seminar Nasional Pendidikan Bahasa dan Sastra

Syamsuar, S., & Reflianto, R. (2019). Pendidikan dan tantangan pembelajaran berbasis teknologi informasi di era revolusi industri 4.0. E-Tech: Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 6(2).

Saputri, J., Damayanti, L., Luthfiah, Q., Kiska, N. D., & Sherlyna, S. (2021). The Use of Technology Media to Improving Responding and Motivation Student in Islamic Learning. Khalifa: Journal of Islamic Education, 5(2), 130-154.

Seftiani, I. (2019). Alat Evaluasi Pembelajaran Interaktif Kahoot pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di Era Revolusi Industri 4.0. In Seminar Nasional Pendidikan Bahasa dan Sastra (pp. 284-291).

Putra, A., & Afrilia, K. (2020). Systematic literature review: penggunaan kahoot pada pembelajaran matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Al Qalasadi, 4(2), 110-122.

Tarigan, D., & Siagian, S. (2015). Pengembangan media pembelajaran interaktif pada pembelajaran ekonomi. Jurnal Teknologi Informasi & Komunikasi Dalam Pendidikan, 2(2).

Hamzah, A. (2021). Metode Penelitian & Pengembangan (Research & Development) Uji Produk Kuantitatif. dan Kualitatif Proses dan Hasil Dilengkapi Contoh Proposal Pengembangan Desain Uji Kualitatif dan Kuantitatif. CV Literasi Nusantara Abadi.

Asrul, A., Ananda, R., & Rosnita, R. (2015). Evaluasi pembelajaran.

Hasyim, M., & Sudjono, M. J. E. (2015). Perbandingan Hasi.l Belajar Matematika Melalui Ekperimentasi Metode Mind Mapping Dan Metode Mnemonic Ditinjau Dari Tingkat Kemampuan Memori Siswa. JP2M (Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika), 1(2), 1-10.

Wangid, M. N., Mustadi, A., Erviana, V. Y., & Arifin, S. (2014). Kesiapan guru SD dalam pelaksanaan pembelajaran. tematik-integratif pada kurikulum 2013 di DIY. Jurnal Prima Edukasia, 2(2), 175-182.

Nahjiah, A. (2015). Buku Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta, Interpena.

Additional Files

Published

2023-01-26

How to Cite

Melya, M., & Aeni, C. (2023). PENGEMBANGAN ALAT EVALUASI MENGGUNAKAN APLIKASI KAHOOT PADA MATERI HUKUM PERMINTAAN, PENAWARAN, KONSEP ELASTISITAS DAN HARGA KESEIMBANGAN PASAR. Prosiding SNasPPM, 7(2), 1248–1253. Retrieved from http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/1374