ANALISIS FAKTOR PSIKOLOGIS MAHASISWA PPL PADA EFIKASI DIRI DALAM PENGGUNAAN BAHASA INGGRIS SEBAGAI BAHASA PENGANTAR MENGAJAR

Authors

  • Adria Rosy Starinne Universitas PGRI Ronggolawe
  • Dyah Kurniawati Universitas PGRI Ronggolawe

Keywords:

self efikasi, psikologis, Bahasa Inggris

Abstract

Selama menjalankan PPL, mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas PGRI Ronggolawe Tuban, dihadapkan pada masalah efikasi diri terkait dengan faktor psikologis mereka dalam menggunakan Bahasa Inggris sebagai pengantar selama mereka mengajar mata pelajaran Bahasa Inggris. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor psikologis dan reaksi fisiologis mahasiswa PPL Pendidikan Bahasa Inggris pada efikasi diri mereka selama melaksanakan PPL.Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif fenomenologsi untuk mengembangkan pemahaman untuk mengidentifikasi fenomena dan mengurai makna dari setiap perilaku dan kejadian yang berhubungan dengan efikasi mahasiswa PPL ketika praktek mengajar. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis secara induktif deskriptif.Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa faktor psikologis yang mempengaruhi efikasi diri positif mahasiswa PPL dalam menggunakan Bahasa Inggris sebagai pengantar yaitu perasaan yakin akan kemampuan diri sendiri dalam berkomunikasi Bahasa Inggris, keyakinan dalam menyelesaikan PPL, dan percaya diri mendapat penialaian atau anggapan yang baik dari guru pamong dan murid juga indikator self efikasi diri yang positif. Selain itu perasaan dihargai dan diindahkan menimbulkan suasana hati yang positif seperti rasa senang, bangga, dan nyaman, akan menimbulkan efikasi diri yang positif yang diikuti oleh gesture, mimik dan tindakan yang penuh percaya diri sehingga lancar dalam menggunakan Bahasa Inggris sebagai pengantar. Sebaliknya kekhawatiran akan kemampuan berkomunikasi dalam Bahasa Inggris, kegelisahan tidak bisa menyelesaikan PPL , cemas karena terlalu memikirkan penialaian guru pamong dan guru, serta perasaan tidak nyaman seringkali membangkitkan efikasi diri yang lemah atau negatif sehingga meskipun mahasiswa memiliki kemampuan berbicara dalam Bahasa Inggris yang baik, namun dengan kondisi suasana hati yang negatif , ia akan tiba tiba kelu (speechless) tidak tahu apa yang harus disampaikan, dan lupa apa yang akan disampaikan.

References

Alwisol. 2009. Psikologi Kepribadian. edisi revisi. Malang. UMM Press
Arikunto, Suharsimi. 2006. ProsedurPenelitian suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta
Andiny, L. 2008. Perbedaan Self-Efficacy Antara Guru SMA ‘Plus’ Dan Guru SMA Non ‘Plus’. Skripsi. Depok: Fakultas Psikologi UniversitasIndones ia.
Bandura, A. 1997. Self-Efficacy The Exercise of Control. New York: W.H. Freeman and Company.
Cokroaminoto. 2014. Analisis Data Penelitian Kualitatif. http://www.menulisproposalpenelitian.com/2012/07/analisis-data-penelitian-kualitatif.html. Diaskses pada tanggal 28 Februari 2019, pukul 19.38.
Feist, Jess & Feist, Gregory J.2010. Theories of Personality, 6th Edition, New York:McG Graw-Hills Companies.Inc
Hamalik, Oemar. 2008. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara
Henson, R.K.2001. Teacher Self-Efficacy:Substantive Implication and Measurement Dilemmas. Paper Presented by Annual Meeting of the Educational Reseach Exchange, January 26, 2001,Texas A&M Universty, College Station,Texas.
Moleong, Lexi.J, 2004. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya
Mawanti, Dwi.2011. Studi Efikasi Diri Mahasiswa yang Bekerja Saat Penyusunan Skripsi. Skripsi.Semarang. Fakultas Tarbiyah
Myers, D.G. (2012). Psikologi Sosial (Aliya Tusyani, Lala Septiani Sembiring, Petty Gina Gayatri, dan Putri Nurdina Sofyan, Penerjemah). Jakarta: Penerbit Salemba Humanika.
Ormrod, JE. 2003. Educational Psychological Developing Learners.Fourth Edition.Ohio: Person Education
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia No. 19 Tahun 2005.Tentang Standar Nasional Pendidikan. (Online). (http://www.fti.itb.ac.id/wp-content/uploads/2015/06/pp-19-tahun-2005-tentang-Standar-Pendidikan-Nasional. html, dikunjungi 5 Febuari 2015).
Puspita dkk .November 2014. Level and Sources of Self Efficacy in Speaking Skills of Academic Year 2012/2013 English Department Students Faculty of Letters, Jember University. Publika Budaya Volume. 3 (2): hal 50-59 Jember University. Publika Budaya Volume. 3 (2): hal 50-59
Santrock, John W. 2007. Perkembangan Anak, Edisi ke-11 Jilid 1.(Penerjemah: M. Rahmawati dan A. Kuswanti). Jakarta: Erlangga.
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta.
Yuliani, A.E,. 2013. Kontribusi Efikasi Guru Terhadap Minat dan Sikap Siswa di SMA Negeri Kabupaten Pandeglang. Skripsi. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesi

Additional Files

Published

2018-09-29

How to Cite

Adria Rosy Starinne, & Dyah Kurniawati. (2018). ANALISIS FAKTOR PSIKOLOGIS MAHASISWA PPL PADA EFIKASI DIRI DALAM PENGGUNAAN BAHASA INGGRIS SEBAGAI BAHASA PENGANTAR MENGAJAR. Prosiding SNasPPM, 3(1), 29–34. Retrieved from http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/138