UJI KELAYAKAN MEDIA KUBUS AJAIB UNTUK MENSTIMULASI MOTORIK HALUS ANAK USIA 3-4 TAHUN

Authors

  • Nurul Sa'adah Universitas PGRI Ronggolawe
  • Rista Dwi Permata Universitas PGRI Ronggolawe

Keywords:

Media, Kubus Ajaib, Motorik Halus, Research and Development

Abstract

Berdasarkan fakta yang ada dilapangan hasil pengamatan peneliti di KB ‘Aisyiyah Leranwetan dan wawancara dengan salah satu guru KB ‘Aisyiyah Leranwetan beliau menceritakan bahwa di lembaga tersebut ada beberapa anak yang kesusahan dalam gerakan motorik halusnya karena pembelajarannya monoton dengan menempel benda sesuai dengan gambarnya dengan bantuan buku  majalah dan LKA, banyak anak yang tidak mau mengerjakan, karena antusias mereka sangat kurang. Terkadang anak-anak juga merasa kesulitan dalam kegiatan motorik halus. Diantara kesulitan anak dalam motorik halus adalah menulis, memegang benda, menjumput, menempel, meremas, dll yang berkenaan dengan kegiatan yang melakukan aktivitas motorik halus. Untuk itu sangat sulit bagi guru untuk menyampaikan kegiatan yang berkenaan dengan motorik halus kepada anak. Dari peristiwa tersebut dijelaskan, analisis ini mempunyai maksud untuk mengembangkan alat berupa kubus ajaib buat pengajian motorik halus yang benar, dan sensibel, serta dapat mempermudah anak dalam melakukan proses kegiatan. Hal ini menggunakan metode penelitian Research and Development (R&D) [1]. Kubus ajaib sebelumnya dilaksanakan uji validitas oleh ahli media dan ahli materi. Hal tersebut menghasilkan hasil validasi dari ahli media diperoleh skor 75,6% yang mempunyai arti layak untuk dipakai. Hasil validasi dari ahli materi diperoleh skor 77,7% yang artinya layak untuk digunakan. Berdasarkan hasil validasi ahli media, ahli materi, menunjukkan bahwa media pembelajaran dengan kriteria layak dipakai untuk membantu proses belajar mengajar.

References

Kementerian Pendidikan Nasional, “Kementerian Pendidikan Nasional,” Kementeri. Pendidik. Nas., vol. 8, no. 33, p. 37, 2014, [Online]. Available: http://paud.kemdikbud.go.id/wp-content/uploads/2016/04/Permendikbud-146-Tahun-2014.pdf

H. Sofyan, Perkembangan anak usia dini dan cara Praktis Peningkatannya. Jakarta : Cv. Infomedika, 2015. [Online]. Available: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/11863%0A

Sujiono and Y. Nurani, Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini, Edisi Revisi. Jakarta: PT Indeks Permata Puri Media, 2013. [Online]. Available: http://sipeg.unj.ac.id/repository/upload/buku/2A_BUKU_KONSEP_DASAR_PAUD.pdf

A. Afandi, Buku Ajar Pendidikan dan Perkembangan Motorik. Ponorogo : Uwais Inspirasi Indonesia, 2019.

N. Aminah, “Anak Usia Dini dan Pendidikan Anak Usia Dini,” J. .Anak Usia Dini dan Pendidik. Anak Usia Dini, vol. 4, no. 1, 2018.

B. Sujiono, M. . Sumantri, and Dkk, “Metode Pengembangan Fisik,” in Metode Pengembangan Fisik, Tangerang Selatan: Universitas Terbuka, 2012. [Online]. Available: https://pustaka.ut.ac.id/lib/pgtk2302-metode-pengembangan-fisik/

A. Apriyanto and R. Jupita, “ANALISIS TINGKAT PENCAPAIAN PERKEMBANGAN MOTORIK KASAR & HALUS ANAK USIA 4-6 TAHUN,” J. Edukasimu, vol. 1, no. 2, 2021, [Online]. Available: http://edukasimu.org/index.php/edukasimu/article/view/23/22

J. Nurdiana and C. Sunarsih, “Meningkatkan Kemampuan Motorik Anak Dalam Kegiatan Meronce Dengan Mank-Manik Melalui Demonstrasi Pada Anak SLB,” ejournal Unesa, p. 122, 2016, [Online]. Available: http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/sd-teratai/article/view/644

D. Tanti, “‘Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Dalam Kegiatan Meronce Dengan Manik – Manik Melalui Metode Demonstrasi Pada Anak Kelompok A Di Tk Khadijah 2 Surabaya,’” Publica, vol. 10, no. 1, 2012.

S. Arikunto, Prosedur penelitian : suatu pendekatan praktik. Jakarta : RINEKA CIPTA, 2013.

M. Marliza, “Peningkatan Kemampuan Motorik Halus Anak Melalui Permainan Melukis Dengan Kuas Taman Kanak-kanak Pasaman Barat,” J. Ilm. Pesona PAUD, vol. 1, no. 5, 2012.

J. J. Beaty, Observasi perkembangan anak usia dini, 7th ed. Jakarta: Kencana, 2013. [Online]. Available: https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=861180

F. A. Fatmawati, Pengembangan Fisik Motorik Anak Usia Dini. Gresik : Caremedia Communication, 2020. [Online]. Available: https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=mhn9DwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA1&ots=XC2VBoQVi_&sig=KJs6eBza0h7UIlZUYQ9u7rqaB-I&redir_esc=y#v=onepage&q&f=false

Sugiyono, Metode Penelitian dan Pengembangan (Research and Development). 2015.

Riduwan and Akdon, Rumus dan Data dalam Aplikasi Statistika. Bandung : CV Alfabeta, 2013.

Kementerian Pendidikan Nasional, “Kementerian Pendidikan Nasional,” Kementeri. Pendidik. Nas., vol. 8, no. 33, p. 37, 2014, [Online]. Available: http://paud.kemdikbud.go.id/wp-content/uploads/2016/04/Permendikbud-146-Tahun-2014.pdf

H. Sofyan, Perkembangan anak usia dini dan cara Praktis Peningkatannya. Jakarta : Cv. Infomedika, 2015. [Online]. Available: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/11863%0A

Sujiono and Y. Nurani, Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini, Edisi Revisi. Jakarta: PT Indeks Permata Puri Media, 2013. [Online]. Available: http://sipeg.unj.ac.id/repository/upload/buku/2A_BUKU_KONSEP_DASAR_PAUD.pdf

A. Afandi, Buku Ajar Pendidikan dan Perkembangan Motorik. Ponorogo : Uwais Inspirasi Indonesia, 2019.

N. Aminah, “Anak Usia Dini dan Pendidikan Anak Usia Dini,” J. .Anak Usia Dini dan Pendidik. Anak Usia Dini, vol. 4, no. 1, 2018.

B. Sujiono, M. . Sumantri, and Dkk, “Metode Pengembangan Fisik,” in Metode Pengembangan Fisik, Tangerang Selatan: Universitas Terbuka, 2012. [Online]. Available: https://pustaka.ut.ac.id/lib/pgtk2302-metode-pengembangan-fisik/

A. Apriyanto and R. Jupita, “ANALISIS TINGKAT PENCAPAIAN PERKEMBANGAN MOTORIK KASAR & HALUS ANAK USIA 4-6 TAHUN,” J. Edukasimu, vol. 1, no. 2, 2021, [Online]. Available: http://edukasimu.org/index.php/edukasimu/article/view/23/22

J. Nurdiana and C. Sunarsih, “Meningkatkan Kemampuan Motorik Anak Dalam Kegiatan Meronce Dengan Mank-Manik Melalui Demonstrasi Pada Anak SLB,” ejournal Unesa, p. 122, 2016, [Online]. Available: http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/sd-teratai/article/view/644

D. Tanti, “‘Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Dalam Kegiatan Meronce Dengan Manik – Manik Melalui Metode Demonstrasi Pada Anak Kelompok A Di Tk Khadijah 2 Surabaya,’” Publica, vol. 10, no. 1, 2012.

S. Arikunto, Prosedur penelitian : suatu pendekatan praktik. Jakarta : RINEKA CIPTA, 2013.

M. Marliza, “Peningkatan Kemampuan Motorik Halus Anak Melalui Permainan Melukis Dengan Kuas Taman Kanak-kanak Pasaman Barat,” J. Ilm. Pesona PAUD, vol. 1, no. 5, 2012.

J. J. Beaty, Observasi perkembangan anak usia dini, 7th ed. Jakarta: Kencana, 2013. [Online]. Available: https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=861180

F. A. Fatmawati, Pengembangan Fisik Motorik Anak Usia Dini. Gresik : Caremedia Communication, 2020. [Online]. Available: https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=mhn9DwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA1&ots=XC2VBoQVi_&sig=KJs6eBza0h7UIlZUYQ9u7rqaB-I&redir_esc=y#v=onepage&q&f=false

Sugiyono, Metode Penelitian dan Pengembangan (Research and Development). 2015.

Riduwan and Akdon, Rumus dan Data dalam Aplikasi Statistika. Bandung : CV Alfabeta, 2013.

Additional Files

Published

2022-10-31

How to Cite

Sa'adah, N., & Permata, R. D. (2022). UJI KELAYAKAN MEDIA KUBUS AJAIB UNTUK MENSTIMULASI MOTORIK HALUS ANAK USIA 3-4 TAHUN. Prosiding SNasPPM, 7(1), 450–455. Retrieved from http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/1380