PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS KARAKTER UNTUK SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR

Authors

  • Eirna Glory Agessia Universitas PGRI Ronggolawe Tuban
  • Wendri Wiratsiwi Universitas PGRI Ronggolawe Tuban

Keywords:

Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), Pendidikan Karakter, Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Karakter, Karakteristik Siswa

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Karakter untuk siswa kelas III Sekolah Dasar serta untuk mengetahui kelayakan, kepraktisan, dan keefektifan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Karakter untuk siswa kelas III Sekolah Dasar. Pengembangan dilakukan dengan menggunakan model ADDIE yang terdiri dari 5 (lima) tahap yaitu analyze (analisis), design (perencanaan), develop (pengembangan), implement (implementasi), dan evaluate (evaluasi). Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar wawancara, lembar observasi, lembar validasi ahli materi dan ahli media, lembar angket respon guru dan siswa, serta lembar tes siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah  data wawancara, analisis data kevalidan, analisis data kepraktisan, dan analisis data keefektifan. Berdasarkan uji validasi diperoleh hasil bahwa Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Karakter yang dikembangkan memiliki kriteria layak dan valid untuk digunakan dengan presentase untuk ahi materi 98% dan ahli media 97%, serta telah dilakukan revisi produk sehingga dapat diuji cobakan di lapangan. Lembar angket respon guru dan siswa diperoleh hasil Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Karakter yang dikembangkan memiliki kriteria praktis digunakan untuk pembelajaran dengan presentase angket respon guru 96% dan angket respon siswa 98%. Dan  hasil tes siswa menunjukkan kriteria efektif digunakan dengan nilai ketuntasan klasikal memperoleh hasil 90% dengan 19 siswa mendapat nilai di atas KKM dan 2 siswa mendapat nilai di bawah KKM. Data yang dihasilkan dari validasi, angket respon guru dan siswa serta tes siswa menunjukkan bahwa Lembar Kerja Peseta Didik (LKPD) Berbasis Karakter yang dikembangkan layak/valid, praktis, dan efektif untuk digunakan.

References

Muslimah. (2019). Pentingnya LKPD pada Pendekatan Scientific Pembelajaran Matematika. 3(3), 1471–1479. (Online) Diakses pada tanggal 30 Maret 2022

Hidayat, P. W., Hendra, J., & Alamsah, A. (2020). Pengenalan Open Ended Problem untuk Guru SD No. 166/II Desa Tirta Mulya dalam Pembelajaran. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 01(1), 35–41. (Online). Diakses pada tanggal 10 Maret 2022

Hamonangan, A. S., & Sudarma, I. K. (2017). Analisis Perangkat Pembelajaran Kurikulum 2013 Di Sekolah Dasar. Journal of Education Technology, 1(2), 149. https://doi.org/10.23887/jet.v1i2.11777(Online) Diakses pada tanggal 5 April 2022

Jannah, Nujumul. 2020. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Karakter Pilar Rasa Ingin Tahu Dengan Pendekatan Guide Discovery Pada Materi Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit. Skripsi, Diterbitkan. Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau: Riau. (Online). (https://repository.uin-suska.ac.id/30821/ diakses pada tanggal 15 maret 2022)

Ega Ayu Lestari. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (Lkpd) Berbasis Eksperimen Ipa Kelas V Sd/Mi. Journal of Chemical Information and Modeling, bvz53(9), 1689–1699. (Online) Diakses pada tanggal 12 Maret 2022

Prasetyo, D., Marzuki, & Riyanti, D. (2019). Pentingnya Pendidikan Karakter Melalui Keteladanan Guru. 4(1), 19–32. (Online) (https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/harmony/article/view/31153. diakses pada tanggal 23 Maret 2022)

Maunah, B. (2016). Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Pembentukan Kepribadian Holistik Siswa. Jurnal Pendidikan Karakter, 1, 90–101. https://doi.org/10.21831/jpk.v0i1.8615 (Onine) Diakses pada tanggal 28 Maret 2022

Harahap, A. (2018). Implementasi Nilai-Nilai Karakter Dalam Pembelajaran Tematik Kelas Iii Sdit Darul Hasan Padangsidimpuan. Abdau: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 1(1), 18–36. https://doi.org/10.36768/abdau.v1i1.3 (Online) Diakses pada tanggal 27 April 2022

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV Alvabeta

Rabiah, S. (2018). Penggunaan Metode Research and Development dalam Penelitian Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi. April 2015, 1–7. https://doi.org/10.31227/osf.io/bzfsj (Online) Diakses pada tanggal 18 April 2022

Tegeh, I. M., & Kirna, I. M. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Metode Penelitian

Aprilianti, P. (2021). Pengembangan E-book dengan Aplikasi Book Creator pada Materi Bangun Ruang Untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar . Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas PGRI Ronggolawe: Tuban

Khoirudin, R. M. (2019). Pengembangan Modul Biologi Berbais PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Review) pada Materi Animalia Kelas X-Mipa untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. (Online). (http://repo.iain-tulungagung.ac.id/11570/. Diakses pada tanggal 31 Maret 2022)

Elfiani, L. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Pop Up Book Berbasis Audio pada Materi Bangun Datar Segi Empat Di SMP. Skripsi, Diterbitkan. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Muhammadiyah Malang:Malang. (Online). (https://eprints.umm.ac.id/43252/. Diakses pada tanggal 28 Maret 2022)

Arifin, Zainal. 2017. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Yuliantina,Ivone. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Diorama Pasurlut dalam Materi Pasang Surut Air Laut pada Kelas 6 SD. University of Muhammadiyah Malang. (Online).(https://eprints.umm.ac.id/39449/. Diakses pada tanggal 25 April 2021)

Additional Files

Published

2022-10-31

How to Cite

Eirna Glory Agessia, & Wiratsiwi, W. (2022). PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS KARAKTER UNTUK SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR. Prosiding SNasPPM, 7(1), 917–923. Retrieved from http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/1381