PENGEMBANGAN MEDIA REPLIKA PETA BUDAYA INDONESIA (PATAYA) DALAM PEMBELAJARAN IPS DI KELAS IV SEKOLAH DASAR

Authors

  • afira isnaini universitas PGRI ronggolawe tuban
  • Novialita Angga Wiratama universitas PGRI ronggolawe tuban

Keywords:

pengembangan, media pembelajaran, pataya, kelas IV

Abstract

Pengembangan media pataya ini bertujuan untuk : 1) Mengembangkan produk berupa media pataya. 2) Menjelaskan hasil pengembangan media pataya. 3) Mengetahui kelayakan penggunaan media pataya. Untuk mencapai tujuan di atas, penelitian ini menggunakan jenis penelitian pengembangan Research and Development (R&D). Hasil pengembangan media pataya ini memenuhi kriteria Sangat Valid dengan hasil uji ahli materi mencapai tingkat kevalidan 100%, ahli desain media tahap pertama mencapai tingkat kevalidan 78%, untuk selanjutnya tahap kedua mencapai tingkat Sangat Valid 100%. Dan ahli bahasa tahap pertama mencapai tingkat kevalidan 82,8%, dan untuk tahap kedua mencapai tingkat Sangat Valid 97% . Dapat disimpulkan berdasarkan skor rata-rata penilaian dari ahli materi, ahli media, dan ahli bahasa dapat disimpulkan bahwa media pataya untuk siswa kelas IV Sekolah Dasar Sangat Valid.

References

Sardiman AM, “Pembelajaran Sejarah Dan Nilai-Nilai Kepahlawanan,” Pap. Pendidik. Sej. Fak. Ilmu Sos. Univ. Negeri Yogyakarta, pp. 1–8, 2012.

I. P. S. S. Sribawana, N. Kusmariyatni, and I. I. W. Suwatra, “Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Gambar Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas IV,” Mimb. PGSD Undiksha, vol. 5, no. 2, 2017.

S. Prihatiningtyas, T. Prastowo, and B. Jatmiko, “Imlementasi simulasi PhET dan KIT sederhana untuk mengajarkan keterampilan psikomotor siswa pada pokok bahasan alat optik,” J. Pendidik. IPA Indones., vol. 2, no. 1, 2013.

H. M. Musfiqon, “Pengembangan media dan sumber pembelajaran,” Jakarta PT. Prestasi Pustakaraya, 2012.

S. Sadikin, M. I. Al Ghozali, and F. A. Pratama, “Efforts to Improve Reading Ability Using Picture Stories Media,” Action Res. J. Indones., pp. 53–63, 2019.

M. Farida, “Pengaruh kreativitas guru, keaktifan dan motivasi siswa terhadap hasil belajar matematika siswa MI kelas 2 se-Kecamatan Gempol.” Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim, 2013.

W. Kusumawardani, A. Yusuf, R. Fitryasari, L. Ni’mah, and R. D. Tristiana, “Family burden effect on the ability in taking care of schizophrenia patient,” Indian J. Public Heal. Res. Dev., vol. 10, no. 8, pp. 2654–2659, 2019, doi: 10.5958/0976-5506.2019.02269.1.

I. Indrawardana, “Kearifan Lokal Adat Masyarakat Sunda Dalam Hubungan Dengan Lingkungan Alam,” KOMUNITAS Int. J. Indones. Soc. Cult., vol. 4, no. 1, pp. 1–8, 2013, doi: 10.15294/komunitas.v4i1.2390.

I. NURFITRIANI, “PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI MEMBACA PETA LINGKUNGAN SETEMPAT (Penelitian Tindakan Kelas Membaca Peta di Kelas IV B SDN Cicadas Barat Kota Bandung Tahun Akademik 2016/2017).” FKIP UNPAS, 2016.

P. Media, “Pengembangan Media .... – Vanisa- ||158,” no. 2001, pp. 158–164, 2012.

R. Asyhar, “Developing creative learning media.” Jakarta: GP. Press, 2011.

A. Suparman, “Desain instruksional,” Jakarta Univ. Terbuka, 2001.

“C.Asri Budiningsih, 2003 FIRA.pdf.”

D. I. S. Madrasah, “No Title,” pp. 121–137.

A. M. Pengembangan, “Gambar 1. Model Penelitian Pengembangan (Borg & Gall, 1983),” no. 10, 2019.

Additional Files

Published

2022-10-31

How to Cite

afira isnaini, & Novialita Angga Wiratama. (2022). PENGEMBANGAN MEDIA REPLIKA PETA BUDAYA INDONESIA (PATAYA) DALAM PEMBELAJARAN IPS DI KELAS IV SEKOLAH DASAR. Prosiding SNasPPM, 7(1), 924–926. Retrieved from http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/1384