DESAIN MEDIA MAGIC POP IT UNTUK MENSTIMULUS KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK USIA 3-4 TAHUN DI KB SEKAR INSANI MONTONG

Authors

  • Kholis Ermawati Unirow Tuban
  • Rista Dwi Permata Universitas PGRI Ronggolawe

Keywords:

Media Magic Pop It, Kemampuan Kognitif

Abstract

PAUD  berperan penting  untuk menyiapkan peserta didik  menuju tingkat pendidikan  yang lebih tinggi.  Belajar dan bermain dapat dilakukan anak dengan cara yang menyenangkan.  Pada waktu ini anak berada pada waktu yang sangat berharga, dimana peserta didik berkembang dan tumbuh dengan maksimal jika menerima stimulus yang baik dan benar. Dalam melaksanakan pembelajaran di PAUD  media sangat diperlukan untuk membantu anak belajar salah satunya dalam mengembangkan kemampuan kognitif anak. Di KB Sekar Insani Montong pengembangan kemampuan kognitif anak masih rendah karena menggunakan media yang monoton dan banyak menggunakan lembar kerja setiap harinya sehingga anak cepat merasa bosan. Pada kegiatan belajar anak sangat penting menjelaskan suatu hal dengan media pembelajaran. Media Magic Pop It merupakan sebuah media yang dapat membantu pendidik dalam memberikan  informasi atau  pelajaran kognitif seperti mengenalkan warna, angka, pola, bentuk geometri  kepada anak didiknya. Dengan menggunakan media ini anak dapat lebih mudah menerima apa yang diajarkan atau yang disampaikan oleh gurunya. Penelitian ini bermaksud untuk  menguraikan desain media Magic Pop It untuk membantu peserta didik mampu merangsang  agar berkembang kemampuan kognitifnya. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif  kualitatif dengan subbyek penelitiane yang berjumlah 20  murid K.B Sekar Insani Montong. Media Magic Pop It ini kemudian digunakan untuk memberikan rangsangan agar kemampuan kognitifnya berkembang.

References

O. D. Handayani, “Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Pengembangan Media Pembelajaran PAUD melalui PPG Abstrak,” vol. 5, no. 1, pp. 93–102, 2021, doi: 10.31004/obsesi.v5i1.522.

R. A. Nasution, “Pembelajaran Seni Musik bagi Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini,” J. Kegur. UIN Sumatera Utara, vol. 4, pp. 11–21, 2016, [Online]. Available: http://dx.doi.org/10.30829/raudhah.v4i1.60

I. A. S. Ekayati, “Pengaruh permainan tradisional ‘gobag sodor’ terhadap kecerdasan intrapersonal dan interpersonal pada anak usia dini,” Didaktika, vol. 13, no. 3, pp. 1–10, 2015.

A. A. Syukron Al Mubarok and A. Amini, “Kemampuan Kognitif dalam Mengurutkan Angka melalui Metode Bermain Puzzle Angka,” J. Obs. J. Pendidik. Anak Usia Dini, vol. 4, no. 1, p. 77, 2019, doi: 10.31004/obsesi.v4i1.221.

F. Fardiah, S. Murwani, and N. Dhieni, “Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini melalui Pembelajaran Sains,” J. Obs. J. Pendidik. Anak Usia Dini, vol. 4, no. 1, p. 133, 2019, doi: 10.31004/obsesi.v4i1.254.

L. Izzati and Yulsyofriend, “Pengaruh Metode Bercerita dengan Boneka Tangan Terhadap Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini,” J. Pendidik. Tambusai, vol. 4, no. 1, pp. 472–481, 2020, [Online]. Available: https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/486/431

L. O. Utami, I. S. Utami, and N. Sarumpaet, “Penerapan Metode Problem Solving Dalam Mengembangkan Kemampuan Kognitif Anak,” Tunas Siliwangi, vol. 3, no. 2, pp. 175–180, 2017, [Online]. Available: http://e-journal.stkipsiliwangi.ac.id/index.php/tunas-siliwangi/article/view/649

N. Rohmani, “Analisis Angka Partisipasi Kasar Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Seluruh Indonesia,” J. Obs. J. Pendidik. Anak Usia Dini, vol. 5, no. 1, p. 625, 2020, doi: 10.31004/obsesi.v5i1.262.

N. Veronica, “Permainan Edukatif Dan Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini,” Pedagog. J. Anak Usia Dini dan Pendidik. Anak Usia Dini, vol. 4, no. 2, pp. 49–55, 2018.

M. Amini, “Hakikat Anak Usia Dini,” Perkemb. dan Konsep Dasar Pengemb. Anak Usia Dini, p. 65, 2014, [Online]. Available: repository.ut.ac.id/4697/1/PAUD4107-M1.pdf

W. Retnaningrum, “Peningkatan perkembangan kognitif anak usia dini melalui media bermain memancing,” J. Pendidik. dan Pemberdaya. Masy., vol. 3, no. 2, p. 207, 2016, doi: 10.21831/jppm.v3i2.11284.

E. Khaeriyah, A. Saripudin, and R. Kartiyawati, “Penerapan Metode Eksperimen Dalam Pembelajaran Sains Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini,” AWLADY J. Pendidik. Anak, vol. 4, no. 2, p. 102, 2018, doi: 10.24235/awlady.v4i2.3155.

E. Z. Arnada and R. W. Putra, “Implementasi Multimedia Interaktif Pada Paud Nurul Hikmah Sebagai Media Pembelajaran,” J. Idealis, vol. 1, no. 5, pp. 393–400, 2018.

I. Wahyuni, “Pemilihan Media Pembelajaran,” J. Pendidik., vol. 1, no. 1, p. 8, 2018, [Online]. Available: http://eprints.umsida.ac.id/3723/

H. Zaini and K. Dewi, “Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini,” Raudhatul Athfal J. Pendidik. Islam Anak Usia Dini, vol. 1, no. 1, pp. 81–96, 2017, doi: 10.19109/ra.v1i1.1489.

Additional Files

Published

2022-10-31

How to Cite

Ermawati, K., & Permata, R. D. (2022). DESAIN MEDIA MAGIC POP IT UNTUK MENSTIMULUS KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK USIA 3-4 TAHUN DI KB SEKAR INSANI MONTONG. Prosiding SNasPPM, 7(1), 460–463. Retrieved from http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/1387