PENGEMBANGAN PUTIK BERISI (PETUNJUK PRAKTIKUM BERBASIS LITERASI SAINS) UNTUK PESERTA DIDIK KELAS V DI SDN DERMAWUHARJO KEC. GRABAGAN KAB. TUBAN

Authors

  • Anggun Winata Universitas PGRI Ronggolawe
  • Sri Cacik Universitas PGRI Ronggolawe
  • Ifa Seftia Rakhma Widiyanti Universitas PGRI Ronggolawe

Keywords:

petunjuk praktikum, kemampuan literasi sains, IPA

Abstract

Literasi sains menjadi salah satu acuan dalam mengetahui kualitas pendidikan dan SDM dari suatu negara. Kemampuan literasi sains Indonesia termasuk rendah dibandingkan dengan lain se-Asia. Penelitian awal telah dilakukan pada peserta didik kelas V SDN Dermawuharjo Kec. Grabagan Kab. Tuban dengan memberikan hasil bahwa kemampuan literasi sains peserta didik kelas V masih rendah. Penelitian bertujuan untuk mengembangkan Putik Berisi dan meningkatkan kemampuan literasi sains peserta didik. Penelitian merupakan penelitian pengembangan dengan 7 tahap. Instrumen yang digunakan dalam penelitian meliputi lembar tes kemampuan literasi sains, dan lembar angket respon peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data dapat disimpulkan bahwa PuTik BerISi yang telah dikembangkan dapat meningkatkan kemampuan literasi sains peserta didik kelas V SDN Dermawuharjo Kec. Grabagan Kab. Tuban. Pada uji coba terbatas dan uji coba lapangan, tujuh indikator kemampuan literasi sains yang diteliti mengalami peningkatan. Peningkatan terbesar uji coba terbatas dan uji coba lapangan terdapat pada indikator ke 1. Peningkatan kemampuan literasi sains pada uji coba terbatas sebesar 80% dan uji coba lapangan sebesar 91,7%. Respon peserta didik memberikan hasil dengan kriteria cukup sampai sangat kuat terhadap pengembangan PuTik BerISi pada uji coba terbatas dan uji coba lapangan untuk masing-masing indikator. Respon peserta didik pada uji coba terbatas sebesar 50-100% dengan kriteria cukup sampai sangat kuat dan pada uji coba lapangan sebesar lebih dari 81% dengan kriteria sangat kuat.

References

Anderson, L.W dan Krathwohl, D.R. 2010. Kerangka Landasan untuk Pembelajaran, Pengajaran dan Asesmen (Revisi Taksonomi Pendidikan Bloom). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Lauren, I., Harahap, F, & Gultom, T. 2016. Uji Kelayakan Penuntun Praktikum Genetika Berbasis Keterampilan Proses Sains Berdasarkan Ahli Materi dan Ahli Desain, Jurnal Pendidikan Biologi, 6 (1), 206-212.
Sofyan, Herminarto. 2016. Penyusunan Panduan Praktikum. Applied Approach Buku 2. UNY Press: Yogyakarta
Asy’syakurni, N.A., A. Widiyatmoko., Parmin., 2015, Efektivitas Penggunaan Petunjuk Praktikum IPA Berbasis Inkuiri pada Tema Kalor dan Perpindahannya Terhadap Keterampilan Proses Sains Peserta Didik. Unnes Science Education Journal 4 (3) : 952-958.
OECD. 2003. First Results from Pisa 2003: OECD Publishing.
NCES (National Center for Education Statistics). 2012. Highlights From TIMSS 2007: Mathematics and Science Achievement of U.S. Fourthand Eighth-Grade Students in an International Context. Washington, DC : U.S. Department of Education.
Bybee, R., B. McCrae, & Laurie, R. 2009. PISA 2006: An Assessment of Scientific Literacy. Journal of Research in Science Teaching, 46(8): 865-883.
Walker, M. 2011. PISA 2009 Plus Results : Performance of 15-year-olds in reading, mathematics and science for 10 additional participants. Melbourne: ACER Press.
OECD. 2013. Survey International Program for International Student Assessment (PISA). (Online) (http: // www.oecd.org/pisa), diakses 01 Juni 2015.
Rachmatulloh, A. 2015. Profil Capaian Literasi Sains Siswa SMP di Kabupaten Sumedang dengan Menggunakan Scientific Literacy Assessments (SLA). Unpublished disertasi, Program Studi.
Arisman, A., & Permanasari, A. 2015. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Dengan Metode Praktikum Dan Demonstrasi Multimedia Interaktif (MMI) Dalam Pembelajaran Ipa Terpadu Untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa, EDUSAINS, 7 (2): 179-189.
Winata, A., Cacik, S., & Widyanti, I. S. R. 2017. Pengembangan Petunjuk Praktikum IPA Berbasis Literasi Sains untuk Calon Guru Sekolah Dasar. Seminar Nasional Hasil Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat II, Tuban: Universitas PGRI Ronggolawe Tuban.
Winata, A., Cacik, S., & Widyawati, I. S. R. 2018. Kemampuan Awal Literasi Sains Peserta Didik Kelas V SDN Sidorejo I Tuban Pada Materi Daur Air, JTIEE (Journal of Teaching in Elementary Education), 2(1): 58-64.
Sukmadinata, N. S. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : PT Remaja Rosdakarya
Riduwan. 2003. Skala Pengukuran Variabel – Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Lie, M.R.S. 2013. Perancangan Media Interaktif Pembelajaran Pubertas Untuk Remaja. Jurnal DKV Adiwarna, (Online), Vol. 1, No. 2,(http://studentjournal.petra.ac.id/index.php/dkv/article/view/528/462, diakses 15 Juni 2018).
Feisner, Edith Anderson. 2006. Color Studies Second Edition. Newyork: Fairchild Publications, Inc.

Additional Files

Published

2018-09-29

How to Cite

Winata, A. ., Sri Cacik, & Ifa Seftia Rakhma Widiyanti. (2018). PENGEMBANGAN PUTIK BERISI (PETUNJUK PRAKTIKUM BERBASIS LITERASI SAINS) UNTUK PESERTA DIDIK KELAS V DI SDN DERMAWUHARJO KEC. GRABAGAN KAB. TUBAN. Prosiding SNasPPM, 3(1), 35–41. Retrieved from http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/139