ANALISIS ANGKA PARTISIPASI KASAR PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (PAUD) DI SELURUH INDONESIA
Keywords:
angka partisipasi kasar, program pendidikan anak usia dini, sebaranAbstract
Anak Usia Dini adalah suatu upaya pembinaan yang ditujukan kepada anak sejak lahir sampai usia enam tahun. Berbeda dengan pendidikan anak usia dini di Indonesia, 55,4% daerah perkotaan masih terbatas dibandingkan dengan 44,6% di daerah pedesaan, karena masih mengandalkan keterlibatan orang tua dan kemudahan untuk pergi ke sekolah anak. Sementara itu, di daerah desa, keterlibatan masyarakat dalam pendidikan anak usia dini masih kurang, karena pemahaman tentang pentingnya pendidikan anak usia dini masih sangat minim, serta informasi dan sosialisasi bergantung pada pembuat kebijakan diprovinsi-provinsi diIndonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sebaran anak peserta PAUD dengan mengolah data Angka dari BPS, menghitung rata-rata dan rasio, kemudian menganalisisnya menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penyebarannya tidak merata provinsi di Indonesia. Provinsi yang melebihi rata-rata nasional di Yogyakarta, & terendah adalah Papua. Sementara peningkatan atau penurunan APK pada anak peserta PAUD mencapai 90% dari total, hanya II provinsi, Riau & DKI Jakarta, yang mengalami penurunan.
References
D. Suryana, “Hakikat Anak Usia Dini,” in Dasar-Dasar Pendidikan TK, pustaka.ut.ac.id, 2014.
R. Wulandari, B. Ichsan, dan Y. A. Romadhon, “Perbedaan Perkembangan Sosial Anak Usia 3-6 Tahun dengan Pendidikan Usia Dini dan Tanpa Pendidikan Usia Dini di Kecamatan Peterongan Jombang,” Biomedika, vol. 8, no. 1, 2017.
N. Aryani, “Konsep Pendidikan Anak Usia Dini dalam Perspektif Pendidikan Islam,” POTENSIA J. Kependidikan Islam, vol. 1, no. 2, hal. 213–227, 2015.
Republik Indonesia, “Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.” Depdiknas, 2003.
W. W. Purnamasari, “Studi Perbandingan Pengembangan Layanan Paud di Kecamatan Brebes dan di Kecamatan Bulakamba Kabupaten Brebes,” Indones. J. Early Child. Educ. Stud., vol. 2, no. 2, 2013.
Nurmadiah, “Strategi Pembelajaran Anak Usia Dini,” Al-Afkar, vol. 3, no. 1, hal. 1–28, 2015.
A. W. Nengsi, “Analisis Problematika Anak Usia 3-5 Tahun Belum Mendapatkan Pendidikan di PAUD,” Al Fitrah J. Early Child. Islam. Educ., vol. 2, no. 2, hal. 300–308, 2019.
E. S. Lestari, P. Harsasto, dan Sulistyowati, “Analisis Program Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Kota Semarang,” J. Polit. Gov. Stud., vol. 4, no. 3, hal. 351–360, 2015.
M. Mahbub, D. Purnamawati, Maslamah, S. S, dan M. Fauziddin, “Educational Data Mining with Clustering Technique on the Distribution of Civil Servant Teachers in Indonesia,” J. Adv. Res. Dyn. Control Syst., vol. 12, no. 6, 2020.
Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta, 2014 Profil Kesehatan Provinsi DKI Jakarta. Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta, 2014.
A. Istiqomah, S. Sukidin, dan P. Suharso, “Analisis Partisispasi Pendidikan pada Masyarakat Miskin Dusun Gumuk Limo Desa Nogosari Kecamatan Rambipuji Kabupaten Jember,” J. Pendidik. Ekon. J. Ilm. Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekon. dan Ilmu Sos., vol. 12, no. 2, hal. 227–235, 2018.
Y. Kartakusumah, “Analisis Faktor yang Mempengaruhi Angka Partisipasi Kasar (APK) pada Pendidikan Anak Usia Dini Taman Kanak-Kanak,” Universitas Pendidikan Indonesia, 2018.
J. A. Latief dan S. Awalunisah, “Angka Partisipasi Kasar (APK) Anak Usia Dini di Sulawesi Tengah,” Bomba J. Pembang. Drh., vol. 1, no. 2, hal. 65–73, 2019.
K. Hajati, “Pelaksanaan Pendidikan Holistik-Integratif dalam Pelayanan Kebutuhan Dasar Anak Usia Dini di Kabupaten Mamuju Sulawesi-Barat,” Indones. J. Educ. Sci., vol. 1, no. 1, hal. 17–24, 2018.
A. A. Rohman dan S. Karimah, “Faktor-faktor yang Mempengaruhi Rendahnya Motivasi Belajar Siswa Kelas XI,” J. At-Taqaddum, vol. 10, no. 1, hal. 95–108, 2018.