PENGEMBANGAN MEDIA ULAR TANGA BERBASIS VISUAL MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL BANGUN DATAR SISWA TUNAGRAHITA KELAS III

Authors

  • Yuli Widianti Universitas PGRI Ronggolawe Tuban
  • Ina Agustin Universitas PGRI Ronggolawe

Keywords:

Mengenal Bangun Datar, Media Permainan Ular Tangga, Visual, tunagrahita

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan, kelayakan, kepraktisan, dan keefektifan media permainan ular tangga berbasis visual untuk meningkatkan kemampuan mengenal bangun datar, serta seberapa besar peningkatan kemampuan mengenal bangun datar setelah menggunakan media permainan ular tangga. Jenis penelitian ini menggunakan jenis Research and Development (RnD) merupakan pengembangan yang menghasilkan sebuah produk media permainan ular tangga berbasis visual. Pengembangan dilakukan menggunakan model ADDIE model pengembangan ini  memiliki 5 tahapan yaitu Analisys (Analisis), Desaign (Perancangan), Development (Pengembangan), Implementation(Implementasi), Evaluation (Evaluasi). Penelitian ini dilakukan di SD Negeri Boto kelas III yang didalamnya terdapat siswa Anak Berkebutuhan Khusus adalah siswa Tuna Grahita yang berjumlah 3 siswa.  Instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu lembar validasi materi, bahasa, media, angket respon guru, dan  3 angket respon siswa. Hasil penilaian menunjukkan dengan presentase skor yang dicapai adalah validasi ahli materi 93,3 % sangat valid dan tidak revisi, validasi ahli bahasa skor yang dicapai adalah 70 % valid dan tidak revisi, validasi ahli media skor yang dicapai adalah 95 % sangat valid dan tidak revisi, angket respon guru 90,5 % sangat baik dan dapat digunakan tanpa revisi, angket respon siswa yang di rata-rata dengan hasil 73 % baik dan dapat digunakan tanpa revisi. Berdasarkan pengolahan data hasil validasi materi, bahasa, media, angket respon guru dan siswa bahwa pengembangan media ular tangga berbasis Visual ini dapat digunakan secara layak/valid, praktis, dan efektif untuk digunakan.

 

References

Nurfadhilah, Septy. (2021). Pendidikan Inklusi Pedoman Bagi Penyelenggara Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus. Sukabumi, Indonesia : CV JEJAK.

Mais, Asrorul. (2018). Media Pembelajaran Anak Berkebutuhn Khusus. Jember, Indonesia : CV PUSTAKA ABADI.

Kustandi, Cecep dkk. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran. Jakarta, Indonesia : KENCANA.

Sulthon. (2020). Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus. Depok, Indonesia : PT. RajaGrafindo Persada.

Penggabean, Suvriadi dkk. (2022). Pendidikan Matematika di Sekolah Dasar. Bandung, Indonesia : CV. Media Sains Indonesia.

Sapta Hari, Bayu. (2019). Mengenal Bangun Datar. Depok, Indonesia : Penerbit Duta.

Handayani, Putri. (2021). Cara Asyik Belajar Bangun Datar di SD. Bangka Belitung, Indonesia : Guepedia.

Hari Rayanto, Yudi dkk. (2020). Penelitian Pengembangan Model ADDIE Dan R2D2 Teori Dan Praktek. Pasuruan, Indonesia : Lembaga Academic & Research Institute.

Riduwan. (2008). Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian. Bandung, Indonesia : Alfabeta.

Pauliyntina, R. 2020. Pengembangan Webside Homework (RIPA STUDY ROOM) Materi Keliling Luas Bangun Datar Kelas IV Di SDN Kingking 1 Kecamatan Tuban Kabupaten Tuban. Disertasi Tidak Diterbitkan. Tuban; Program Sarjana Unirow.

Maghfirotin Nisa, N. 2021. Pengembangan Media Educational Learning Fun berbasis Android pada Siswa Kelas V SD. Disertasi Tidak Diterbitkan. Tuban; Program Sarjana Unirow.

Sari, I. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Visual Berbentuk Permainan Ular Tangga Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran PAI Kelas IV Sd 186 Tappale Kecamatan Libureng Kabupaten Bone. (UIN Alauddin Makassar, 2018). Diakses http://repositori.uin-alauddin.ac.id/id/eprint/12913

Syifa Fitriana, N. (2018). Pengembangan Media Permainan Ular Tangga Terintegrasi Asmaul Husna Pada Pembelajaran Tematik. (Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, 2018). Diakses http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/5056

Musarofah, I. (2019). Efektivitas Media Permainan Ular Tangga Untuk Meningkatkan Kemampuan Menghitung Penjumlahan Dan Pengurangan Pada Anak Tunagrahita Ringan ( Penelitian Di Kelas III Tunagrahita SLB Yayasan Bahagia Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2018/2019) . (Universitas Siliwangi, 2019). Diakses http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/1147

Kalsum, U. (2020). Penggunaan Puzzle Dalam Meningkatkan Kemampuan Mengenal Bangun Datar Pada Murid Tunagrahita Ringan Kelas Iii Di Slb Negeri 1 Gowa. (Universitas Negeri Makassar, 2020). Diakses http:eprints.unm.ac.id/22496/1/SKRIPSI%20UMMY%20KALSUM%201645040008.docxx.pdf

Additional Files

Published

2023-01-26

How to Cite

Widianti, Y., & Agustin, I. (2023). PENGEMBANGAN MEDIA ULAR TANGA BERBASIS VISUAL MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL BANGUN DATAR SISWA TUNAGRAHITA KELAS III. Prosiding SNasPPM, 7(2), 1254–1261. Retrieved from http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/1395