MODEL PEMBELAJARAN SENTRA DAN LINGKARAN DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN PENDIDIKAN INKLUSI

Authors

  • Anindya Purnama Universitas PGRI Ronggolawe
  • M. Imron Abadi Universitas PGRI Ronggolawe

Keywords:

Model Pembelajaran Sentra dan Lingkaran, Pendidikan Inklusi

Abstract

Penerapan pendidikan inklusi di PAUD saat ini mengalamai perkembangan yang sangat pesat baik dari segi kualitas maupun kuantitas. Akan tetapi dalam pelaksaaannya banyak mengalami hambatan, salah satunya adalah adanya missinterpretation (persepsi yang salah) terhadap pelaksanaan pendidikan inklusi. Oleh karena itulah, dibutuhkan suatu penelitian pengembangan terhadap model pembelajaran di PAUD dalam hal ini adalah model pembelajaran sentra dan lingkaran. Hasil produk pengembangan model pembelajaran sentra dan lingkaran berbasis pendidikan inklusi ini adalah berupa modul pembelajaran. Metode yang digunakan pada penelitian pengembangan ini adalah langkah-langkah yang dikemukakan oleh Borg & Gall, yaitu: (1) Potensi dan masalah, (2) Pengumpulan data, (3) Desain produk, (4) Validasi desain, (5) Revisi desain, (6) Uji coba produk, (7) Revisi produk, (8) Uji coba pemakaian, (9) Revisi produk, (10) Produksi masal. Data yang diperoleh dari penelitian dan pengembangan ini berupa data kuntitatif dan data kualitatif. Adapun hasil dari penelitian ini berupa modul pembelajaran sentra dan lingkaran yang layak digunakan sebagai pedoman dalam penyelenggaraan pendidikan inklusi di PAUD.

References

Depdiknas. (2007). Materi diklat PCP BCCT. Yogyakarta: Direktorat PAUD, Ditjen PLPS.
Loreman, Tim. (2007). Seven pillars of support of inclusive education: moving from ‘Why’ to ‘How’. International journal of whole schooling. Vol. 3, No. 2
Sukmadinata, Nana Syaodih. (2010). Metode penelitian pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional Republik Indonesia Tahun 2003. Wacana Aditya Bandung.

Additional Files

Published

2018-09-29

How to Cite

Purnama, A., & M. Imron Abadi. (2018). MODEL PEMBELAJARAN SENTRA DAN LINGKARAN DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN PENDIDIKAN INKLUSI. Prosiding SNasPPM, 3(1), 42–43. Retrieved from http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/140