Pengembangan Media Pop Up Book Pada peningkatan Pembelajaran Matematika (Bangun Ruang) Kelas 4 SDN 1 PLAWANGAN

Authors

  • Liliknur Janah Universitas PGRI Ronggolawe Tuban
  • Saeful Mizan Universitas PGRI Ronggolawe Tuban

Keywords:

media, Pop Up Book, 4D, Hasil

Abstract

Hakikat dari proses pembelajaran adalah belajar, salah satunya belajar matematika. Matematika adalah suatu pelajaran yang tersusun secara beraturan, logis, berjenjang dari yang paling mudah hingga yang paling rumit. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi semakin mendorong upaya-upaya pembaruan dalam pemanfaatan hasil-hasil teknologi dalam proses belajar. Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar siswa melalui pengembangan media Pop Up Book, yang memiliki unsur 3 dimensi,  memberikan visualisasi maupun tampilan yang lebih menarik untuk meningkatkan pemahaman siswa terkait materi. Subjek pengembangan media ini adalah siswa kelas IV SDN 1 Plawangan Kragan Rembang  semester II tahun pelajaran 2021/2022.. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan dengan model pengembangan 4D menurut Thiagaradjan dkk yang memiliki empat tahapan, yaitu: Define (pendefinisian), Design (perancangan), Develope (pengembangan), dan Dessiminate (penyebaran). Hasil dari penelitian menunjukkan media Pop Up Book yang dikembangkan dalam kriteria sangat layak, ditinjau dari rata-rata kelayakan materi sebesar 90%, kelayakan desain sebesar 97,5%, dan kelayakan bahasa sebesar 91,75%. Setelah media dinyatakan layak maka uji coba dapat dilakukan pada 39 siswa untuk mengetahui kualitas media Pop Up Book.

References

R. Wahyuningtyas and B. S. Sulasmono, “Pentingnya Media dalam Pembelajaran Guna Meningkatkan Hasil Belajar di Sekolah Dasar,” EDUKATIF J. ILMU Pendidik., vol. 2, no. 1, 2020, doi: 10.31004/edukatif.v2i1.77.

A. Arsyad, MEDIA PEMBELAJARAN, Terbaru. Jakarta: PT RAJAGRAFINDO PERSADA, 2014.

A. Djamaluddin and Wardana, Belajar Dan Pembelajaran. 2019.

R. Setiyanigrum, “Media Pop-Up Book sebagai Media Pembelajaran Pascapandemi Covid-19,” Semin. Nas. Pascasarj. 2020, no. 2016, pp. 216–220, 2020.

D. Arjuna and B. F. Ardiansyah, “ANALISIS TEKNIK DAN PERKEMBANGAN BUKU POP-UP,” Narada J. Desain dan Seni, vol. 6, no. 1, 2019, doi: 10.22441/narada.2019.v6.i1.007.

Sugiyono, “Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. In Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D,” Koleksi Buku UPT Perpustakaan Universitas Negeri Malang, vol. 0, no. 0. 2011.

D. Rahmawati, “Pengembangan Media Pembelajaran Pop Up Book pada Materi Perubahan Wujud Benda untuk Siswa SDLB Tunarungu Kelas IV,” pp. 20–23, 2017.

Afriadi, R., Lufri., & Razak, A. (2013). Pengembangan Modul Biologi Bermuatan Pendidikan Karakter Pada Materi Sistem Reproduksi Manusia Kelas IX SMA. (Online) Diakses 2 April 2013 Dari http://ejournal.unp.ac.id/index.php/kolaboratif/article/download/4928/3881.

Additional Files

Published

2023-01-26

How to Cite

Janah, L., & Mizan, S. (2023). Pengembangan Media Pop Up Book Pada peningkatan Pembelajaran Matematika (Bangun Ruang) Kelas 4 SDN 1 PLAWANGAN. Prosiding SNasPPM, 7(2), 1262–1270. Retrieved from http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/1405