ANALISIS PENGARUH VOLUME KENDARAAN DAN LEBAR JALAN TERHADAP WAKTU LAMPU LALU LINTAS SERTA MENENTUKAN WAKTU LAMPU LALU LINTAS YANG OPTIMAL

STUDI KASUS: PERSIMPANGAN POLRES TUBAN

Authors

  • Vivin Novawati Universitas PGRI Ronggolawe Tuban
  • Ahmad Zaenal Arifin Universitas PGRI Ronggolawe Tuban

Keywords:

Lampu Lalu Lintas, Kemacetan, Algoritma Welch-Powell Dan Regresi Linear Berganda, Persimpangan Polres Tuban, Lebar Jalan

Abstract

Persimpangan Polres Tuban merupakan salah satu persimpangan yang berada di Kota Tuban dengan kondisi kemacetan lalu lintas tinggi. Kemacetan kendaraan terjadi pada saat jam padat atau hari libur sehingga pada persimpangan tersebut membutuhkan beberapa solusi. Salah satunya adalah menganalisis pengaruh waktu tunggu lampu lalu lintas dan lebar jalan terhadap tingkat kemacetan serta optimasi waktu tunggu lampu lalu lintas. Untuk mengetahui faktor faktor yang mempengaruhi tingkat kemacetan digunakan metode regresi linear berganda. Persimpangan polres Tuban dapat di representasikan dalam sebuah graf ,untuk menentukan durasi optimum pada waktu tunggu lampu lalu lintas digunakan metode pewarnaan graf yaitu pewarnaan simpul menggunakan Algoritma Welch Powell. Berdasarkan hasil perhitungan regresi linear berganda tidak terdapat pengaruh langsung antara volume kendaraan dan lebar jalan secara bersama sama terhadap waktu tunggu lampu lalu lintas. Sedangkan hasil pewarnaan simpul diperoleh 4 bilangan kromatik dan hasil perhitungan tingkat keefektivitasan durasi total pengaturan lalu lintas data primer dengan pewarnaan simpul pada Persimpangan Polres Tuban terlihat bahwa durasi lampu merah menyala akan meningkat sebesar 1.44% sedangkan durasi lampu hijau menyala tidak dapat dikurangi sebesar -4.42%.

References

G. A. Haryono en U. Fadlilah, “Media Pembelajaran Alat Transportasi Untuk Anak Berdasar Construct 2”. Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016.

S. Suyatmo, C. I. Cahyadi, S. Syafriwel, R. Khair, en I. Idris, “Rancang Bangun Prototype Robot Pengantar Barang Cargo Berbasis Arduino Mega Dengan IOT”, J. Sist. Komput. dan Inform., vol 1, no 3, bll 215–219, 2020.

Y. ANNAFI, “Annafi, Y. (2021). Analisis Faktor–Faktor Yang Mempengaruhi Kemacetan Lalu–Lintas Di Kawasan Kota Lama Semarang(Studi Kasus Pada Ruas Jalan Letjen Suprapto Kota Semarang)”, Skripsi., 2021.

S. A. ANANDA, “Analisis Faktor Penyebab Kemacetan Lalu Lintas Dijalan Veteran Jepara”, Skripsi., 2021.

G. Maulana Rudyansah, “Analisa Pengaruh Hambatan Samping Terhadap Efektivitas Pengguna Jalan Kota Tegal (Studi Kasus Ruas Jalan Letjen Suprapto Kota Tegal”. Universitas Pancasakti Tegal, 2021.

I. M. Yuliara, “Regresi Linier Berganda”, Denpasar Univ. Udayana, 2016.

D. I. Arifin, A. Purba, en S. N. Fuady, “Analisis Model Bangkitan Dan Tarikan Pergerakan Kawasan Pendidikan Di Jalan Cendana–Jalan Ir. H. Juanda Kota Bandarlampung Sebagai Salah Satu Penyebab Kemacetan Lalu Lintas”.

M. DANIAL, E. Yuliza, en E. S. Kresnawati, “Danial, M., Yuliza, E., & Kresnawati, E. S. (2021). IMPLEMENTASI PEWARNAAN Danial, M., Yuliza, E., & Kresnawati, E. S. (2021). Implementasi Pewarnaan Graf Dengan Algoritma Welch-Powell Pada Lampu Lalu Lintas Simpang Charitas Dan Simpang Polda Palembang.” Sriwijaya University, 2021.

C. Aditirta, “Penerapan Basis Data Graf Untuk Analisis Data Pada Media Sosial Menggunakan Neo4j.Stmik Akakom Yogyakarta”. STMIK AKAKOM YOGYAKARTA, 2019.

M. Y. Fakhri, E. Harahap, en F. H. Badruzzaman, “Implementasi Algoritma Welch-Powell pada Pengaturan Lampu Lalu Lintas Pasteur Bandung”, J. Ris. Mat., vol 1, no 2, bll 91–98, 2021.

N. A. P. Ganessa, S. Alphenia, A. P. Zanuarizqi, en E. Widodo, “Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Indeks Harga Konsumen”, Khazanah J. Mhs., vol 13, no 1, 2021.

A. Amarangganingrum en N. Diana, “Pengaruh Pembiayaan Murabahah Dan Mudharabah Terhadap Laba Bersih Pada PT Bank BCA Syariah Periode 2018-2020”, YUME J. Manag., vol 4, no 3, 2022.

E. Erizilina, P. Pamoengkas, en D. Darwo, “Hubungan sifat fisik dan kimia tanah dengan pertumbuhan meranti merah di khdtk haurbentes”, J. Pengelolaan Sumberd. Alam dan Lingkung. (Journal Nat. Resour. Environ. Manag., vol 9, no 1, bll 68–74, 2019.

A. Ruslan, “Pengaruh Loan To Deposit Ratio Dan Kualitas Aktiva Produktif Terhadap Pencapaian Laba Bank Perkreditan Rakyat (Bpr) Di Indonesia. Al-Iqtishad”, AL-IQTISHAD, vol 1, no 1, bll 47–71, 2021.

S. Asih, “Pengaruh kontribusi pajak daerah, pendapatan asli daerah, retribusi daerah dan bagi hasil pajak terhadap belanja daerah dengan pertumbuhan ekonomi sebagai variabel moderating pemerintah kabupaten dan kota”, J. Akunt. Bisnis dan Publik, vol 9, no 1, bll 177–191, 2018.

W. K. Wijaksana, W. I. Rahayu, M. H. K. Saputra, en M. T. I. ST, Regresi Linear Untuk Prediksi Jumlah Pengunjuing Terhadap Jumlah Petugas Dalam Menentukan Penjadwalan Penjagaan. CV. Kreatif Industri Nusantara, 2020.

Additional Files

Published

2022-10-31

How to Cite

Novawati, V., & Zaenal Arifin, A. (2022). ANALISIS PENGARUH VOLUME KENDARAAN DAN LEBAR JALAN TERHADAP WAKTU LAMPU LALU LINTAS SERTA MENENTUKAN WAKTU LAMPU LALU LINTAS YANG OPTIMAL: STUDI KASUS: PERSIMPANGAN POLRES TUBAN. Prosiding SNasPPM, 7(1), 476–482. Retrieved from http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/1407