PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III PADA TEMA 5 MATERI CUACA DI SDN WIDANG IV

STUDI KASUS DI SDN WIDANG IV

Authors

  • Virzatus Koimah UNIVERSITAS PGRI RONGGOLAWE TUBAN
  • Saeful Mizan UNIVERSITAS PGRI RONGGOLAWE

Keywords:

NHT, hasil belajar siswa, MATERI CUACA

Abstract

Penelitian ini berdasarkan rendahnya hasil belajar siswa-siswi kelas III SDN Widang IV semester II tahun ajaran 2021/2022. Hal ini disebabkan karena guru masih menggunakan metode ceramah dan penugasan. Dari jumlah siswa sebanyak 6 anak hanya ada 2 siswa yang mengalami ketuntasan belajar dan 4 siswa belum tuntas belajar dengan presentase 66,6%. Berarti sebagian dari keseluruhan siwa belum mencapai kriteria ketuntasan minimal yang ditetapkan oleh sekolah yaitu 70. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran Numbered Head Together(NHT), dengan model pembelajaran yang disusun semenarik, lebih menarik minat dan semangat siswa sehingga akan berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar siswa kelas III SDN WIDANG IV pada tema 5 materi cuaca. Subjek penelitian model pembelajaran Numbered Head Together ini adalah siswa kelas III SDN Widang IV kecamatan Widang kabupaten Tuban semester II tahun ajaran 2021/2022. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang terdiri atas 1. Perencanaan, 2. Pelaksanaan, 3. dan 4. Refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa aktivitas guru dan evaluasi siswa. Dengan menggunakan 2 siklus dan di setiap siklusnya 1 pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan penerapan model pembelajaran Numbered Head Together(NHT) dapat meningkatkan aktivitas siswa yaitu pada siklus 1 mendapatkan presentase ketuntasan 67,83%, sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 77,16%, aktivitas guru dari siklus I mendapatkan presentase ketuntasan 70%, sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 90% dan hasil belajar siswa pada siklus I 1 siswa (16,6%) yang tuntasmengalami peningkatan pada siklus II menjadi 5 siswa (83,3%) yang tuntas. Hal ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa mengalami kenaikan dari siklus I menjadi siklus II, yang artinya bahwa penerapan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

References

Z. Arifin, Evaluasi Pembelajaran, Cetakan Pe. Bandung: Bandung: PT.REMAJA ROSDAKARYA Offset, 2016.

Helmiati, Model Pembelajaran. Yogyakarta: Yogyakarta: Aswaja Pressindo, 2012.

M. Afandi, Evaluasi Pembelajaran Di Sekolah Dasar, Pertama. Semarang: Semarang: UNISSULA Press, 2013.

N. Kadek et al., “Penerapan Model Pembelajaran Numbered Head Together (Nht) Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Ipa,” 2017.

Supardi. Suhardjono. S. Arikunto, Penelitian Tindakan Kelas, Cetakan ke. Jakarta: Jakarta : PT. Bumi Aksara, 2017.

A. Wakhidin, Perpaduan Model Pembelajaran Make a Match dengan Quiz-Quiz Trade. Cilacap: CV. Adanu Abimata, 2020.

Additional Files

Published

2023-01-28

How to Cite

Koimah, V., & Mizan, S. (2023). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III PADA TEMA 5 MATERI CUACA DI SDN WIDANG IV : STUDI KASUS DI SDN WIDANG IV . Prosiding SNasPPM, 7(2), 1271–1275. Retrieved from http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/1415