PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE EVERYONE IS A TEACHER HERE UNTUK MENINGKATKAN PARTISIPASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI

Authors

  • Siti Umayah Universitas PGRI Ronggolawe Tuban
  • Dumiyati Dumiyati Universitas PGRI Ronggolawe Tuban

Keywords:

Pembelajaran aktif, Penelitian Tindakan Kelas, Siswa, Sekolah, Guru

Abstract

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan partisipasi, dan hasil belajar siswa, dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe everyone is a teacher here, jenis penelitian ini yaitu tindakan kelas kolaborasi. Yang dilakukan dikelas X IPS 1 SMAN Jatirogo dengan jumlah responden 35 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara,observasi,tes,dokumentasi, angket respon siswa. Dari hasil pengamatan (1) aktivitas guru pada siklus I (58%), siklus II (83,28%), siklus III (94%). Dari data tersebut dapat disimpulkan pada siklus III telah mencapai kriteria sangat efektif. (2) Partisipasi belajar siswa siklus I (52,42%), siklus II (83,28%), siklus III (93,85%). Dari data tersebut dapat disimpulkan pada siklus III telah mencapai kriteria sangat aktif. (3) Hasil belajar siswa siklus I (61,85%), siklus II (72,14%), siklus III (90,57%). Dari data tersebut dapat disimpulkan pada siklus III telah mencapai kriteria sangat tuntas. (4) Respon siswa ditetapkan disetiap indikator yang diamati dengan ketentuan ≥80%. Dan hasil indikator 1 presentase yang diperoleh sebesar 89,71%, indikator 2 hasil yang diperoleh 86,85%, indikator 3 hasil yang diperoleh 82,28%, indikator 4 hasil yang diperoleh 81,14%, indikator 5 hasil yang diperoleh 86,85%, indikator 6 hasil yang diperoleh 84 %, indikator 7 hasil yang diperoleh 93,14%, indikator 8 hasil yang diperoleh 83,42%, indikator 9 hasil yang diperoleh 92,57%, indikator 10 hasil yang diperoleh 90,85%. Dari data tersebut dapat dikategorikan bahwa angket respon siswa pada penerapan model pembelajaran kooperatif tipe everyone is a teacher here ini dapat dikatakan sangat tinggi.

Kata kunci : Kooperatif; Everyone Is a Teacher Here; Partisipasi; Hasil belajar

References

Eggi G. Ginanjar1, Bambang Darmawan2, Sriyono3. 2019. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Rendahnya Partisipasi Belajar Peserta Didik SMK. Bandung :Universitas Pendidikan Indonesia

Librianty, H. D., dan Sumantri, M.S (2014). Peningkatan partisipasi belajar melalui metode bercakap cakap pada mata pelajaran bahasa inggris. Jurnal pendidikan Usia DIni, (1), 81-88

Kemendikbud. 2014. Konsep dan Implementasi Kurikulum 2013 : Jakarta

Raminah, Suhardi Marli, Master Asran. 2015. Pengaruh Strategi Everyone Is a Teacher Here terhadap hasil belajar IPS kelas III SD. Pontianak : Progam studi pendidikan guru sekolah dasar FKIP Untan

Harmain, Ratna. 2020 Upaya Meningkatkan Partisipasi Siswa Pada Materi Mengidentifikasi Macam-macam Limbah Melalui Metode Diskusi. SMK Negeri 1 Taluditi

Nuswantara Aditia. 2016. Penerapan Model Everyone Is Teachers Here untuk Mengetahui Tingkat Partisipasi Siswa pada Pembelajaran Jaringan Dasar Siswa Kelas X Program Keahlian TKJ di SMK Negeri 1 Bawang Banjarnegara. Yogyakarta

Asiza Nur.Muhammad Irwan.2014 Everyone is a teacher here. Sulawesi Selatan. Kaaffah Learning Center

A.I. Suriani dan S. Nenowati, “Penerapan strategi pembelajaran Everyone is a Teacher Here dampaknya terhadap hasil belajar Ilmu pengetahuan Sosial studi pada murid kelas V SD negeri Sungguminasa III Kabupaten Gowa,” JKPD(JurnalKaji.Pendidik.Dasar),vol.5,no.1,pp.51-60,2020.

Kirman. 2011 “Penerapan Strategi Everyone IS a Teacher Here Untuk Meningkatkan Partisipasi Belajar Siswa pada Mat Pelajaran IPS Materi pelaku perekonomian Siswa Kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Al-Azhar Kecamatan Dayun Kabupaten Siak”, Pekanbaru Riau : Universitas Islam Negeri Semarang

Tri Winarsih. 2014. Penerapan Strategi Pembelajaran Everyone Is a Teacher Here untuk Meningkatkan Partisipasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS kelas IV SD Negeri Bulakrejo. Universitas Muhammadiyah Surakarta

Nuswantara, Aditia. 2015. Penerapan Model Everyone Is a teacher Here untuk mengetahui Tingkat Partisipasi Siswa pada Pembelajaran Jaringan Dasar Siswa Kelas X Progam Keahlian TKJ di SMK Negeri 1 Bawang Banjarnegara.Universitas Negeri Yogyakarta

Yunita, Dewi. 2013. Peningkatan Partisipasi Belajar. FKIP. UMP

Elynda Desy Kusrini dan Dwi Avita Nurhidayah. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Everyone Is a Teacher Here Dalam Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Hasil BElajar Siswa Kelas VII A MTS Ma’arif Al Ishlah Bungkal Th. 2013/2014.

Pakarindo, Viva. 2013. Belajar praktis Ekonomi SMA/MA Kelas X Semester 2 :Klaten Jawa Tengah

Majid, A., & Arief, Z. A. (2015). Jurnal Teknologi pendidikan. Fakultas Pascasarjana. UIKA. Bogor. 1 Hubungan Antara Motivasi Belajar Dan Partisipasi Siswa Dengan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Matematika (Survey pada siswa kelas VIII di MTS Attaqwa. Jurnal Teknologi Pendidikan, 4 (2).

Librianty,H. D., dan Sumantri, M.S. (2014). Peningkatan Partisipasi Belajar melalui metode Bercakap-cakap pada pembelajaran Bahasa Inggris. Jurnal Pendidikan Usia dini, 8 (1), 81-88

Additional Files

Published

2023-01-28

How to Cite

Umayah, S., & Dumiyati, D. (2023). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE EVERYONE IS A TEACHER HERE UNTUK MENINGKATKAN PARTISIPASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI . Prosiding SNasPPM, 7(2), 1276–1280. Retrieved from http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/1417