CUBLAK-CUBLAK SUWENG DALAM PENINGKATAN KOMUNIKASI SISWA MENTAL RETARDATION

Authors

  • Candra Dewi Universitas PGRI Madiun
  • Melik Budiarti Universitas PGRI Madiun

Keywords:

Kemampuan komunikasi, Mental retardation, Cublak-cublak suweng

Abstract

Kemampuan komunikasi menjadi kunci dalam melakukan interaksi sosiald engan orang lain. Siswa mental retardation mengalami gangguan dalam mengembangkan komunikasinya sehingga permainan cublak-cublak sueng digunakan untuk meningkatkan kemampuan siswa tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi siswamental retardation melalui permainan cublak-cublak suweng.Penelitian ini dilakukan dengan empat tahapan di sekolah dasar. Upaya meningkatkan kemampuan komunikasi siswa mental retardation dilakukan selam 5 minggu (60 menit per minggu) pada kegiatan ekstrakurikuler. Fokusnya adalah meningkatkan kemampuan komunikasi siswa mental retardation dengan permainan cublak-cublak sueng. Permainan cublak-cublak sueng digunakan sebagai media untuk meningkatkan kemampuan siswa dengan menstimulasi kemampuan berfikirnya. Kemampuan komunikasi siswa mental retardation meningkat dengan menggunakan permainan cublak-cublak sueng dapat merangsang siswa dalam melakukan komunikasi. Siswa secara perlahan dilatih berkomunikasi dengan teman sebayanya. Permainan cublak-cublak suweng dapat meningkatkan kemampuan berkomunikasi siswa mental retardasi.

References

Abu Ahmadi & Supriyono Widodo. (2004). Psikologi Belajar. Jakarta: PT Rineka Cipta
America Speech-Langguage-Hearing Association. 1993. Definitions of communication disorders and variations. ASHA, 35 (Suppl. 10). 40-41
Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian: Suatu pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta
Arikunto, Suharsimi, 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta: Penerbit Rineka Cipta
Budiyanto, Djaja Rahardja & Sujarwanto. (2010). Pengantar Pendidikan Luar Biasa. Surabaya: Unesa.
Cangara, Hafied. 2008. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Delphie, Bandi. 2009. Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus Dalam Setting Pendidikan Inklusi. Sleman: KTSP
Dharmamulya, Sukirman, dkk. 2008. Permainan Tradisional Jawa. Yogyakarta: Kepel Press.
Effendy, Onong Uchjana. 2001. Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. Bandung: Remaja Rosda Karya Offset
Friend, M & Bursuck, SD. 2002. Including Student with Special Needs: A practical Guide for Classroom Teacher (3thed). Boston: Allyn & Bacon.
Heward, William L. 2009. Exceptional Children: An Introduction to Special Education. United State of America: Pearson Education
Sarwono, Sarlito W. 2009. Pengantar Psikologi Umum, Jakarta: Rajawali Press
Vaughn, Sharon, Candance S, Boss & Jeanne Shay Schumm. 2000. Teaching Exceptional, Diverse and At-Risk Students in the General Education Classroom. USA: Allyn & Bacon

Additional Files

Published

2018-09-29

How to Cite

Candra Dewi, & Melik Budiarti. (2018). CUBLAK-CUBLAK SUWENG DALAM PENINGKATAN KOMUNIKASI SISWA MENTAL RETARDATION. Prosiding SNasPPM, 3(1), 48–53. Retrieved from http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/142