ANALISIS KELAYAKAN MEDIA SCIENCE DOLL DALAM MENGEMBANGKAN BAHASA ANAK USIA DINI USIA 4-5 TAHUN Nella Putri Pertiwi1*, Firdausi Nuzula Apriliyana2

Authors

  • Nella Putri Pertiwi Universitas PGRI Ronggolawe
  • Firdausi Nuzula Apriliyana Universitas PGRI Ronggolawe Tuban

Keywords:

Bahasa, media science doll, kelayakan, anak usia dini

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya hambatan dalam aspek bahasa dalam diri anak di Indonesia yang akan berdampak tidak baik pada perkembangan aspek lain pada diri anak, karena bahasa sendiri merupakan dasar sebuah pondasi untuk berkomunikasi antara individu satu dengan individu lainnya. Maksud dari adanya pengkajian ini adalah untuk menguraikan aspek bahasa anak sesuai tahapan tingkat capaian perkembangan bahasa yang sesuai dengan usia anak Penelitian ini memanfaatkan prosedur pengkajian R and D (penelitian dan pengembangan). pemaparan dari pengkajian ini adalah kuisioner kebutuhan bagi pendidik serta peserta didik, keefektifan media science doll yaitu evaluasi oleh ahli (validator) dengan memanfaatkan kuisioner uji validitas pakar media dan pakar materi, prestasi belajar peserta didik, respon siswa serta tanggapan oleh guru dengan adanya media science doll. Dari pandangan pengkajian pakar media menerangkan rata-rata dalam golongan layak digunakan 69,4% pakar media dan 80% dari pakar materi. Namun masih adanya beberapa revisi untuk media tersebut berupa petunjuk penggunaan serta penambahan stiker pada tombol – tombol yang akan mempermudah anak dalam menggunakan media tersebut. Respon yang didapat bagi peserta didik adalah pembelajaran yang aktif juga tidak monoton serta peserta didik mampu menunjukan kemampuan berbahasa reseptif, memahami bahasa ekspresif, menceritakan kembali cerita yang didengar, menggulanggi kalimat sederhan, menggutarakan pendapat dan perasaannya. Respon yang didapat tersebut akan mengembangkan aspek bahasa dalam diri peserta didik. Dengan adanya media science doll ini pendidik akan mempermudah pendidik dalam menyampaikan informasi baru kepada anak

References

Susanto, A. (2021). Pendidikan anak usia dini: Konsep dan teori. Bumi Aksara.

Slamet, S. (2020). Stimulasi Perkembangan Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Mewarnai Dan Hafalan Al Quran. Warta Lpm, 24(1), 59–68.

Lubis, H. Z. (2018). Metode Pengembangan Bahasa Anak Pra Sekolah. Jurnal Raudhah, 6(2).

Rahayu, S. (2017). Pengembangan bahasa pada anak usia dini. Yogyakarta: Kalimedia.

Anggraini, V., Yulsyofriend, Y., & Yeni, I. (2019). Stimulasi perkembangan bahasa anak usia dini melalui lagu kreasi minangkabau pada anak usia dini. Pedagogi: Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 73–84.

Sari, M. (2020). Peran Orang Tua dalam Menstimulasi Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. Aulada: Jurnal Pendidikan Dan Perkembangan Anak, 2(1), 37–46.

Apriliyana, F. N. (2020). Mengoptimalkan Kemampuan Berbahasa Anak Usia Dini Melalui Metode Bercerita. PINUS: Jurnal Penelitian Inovasi Pembelajaran, 6(1), 109–118.

Fitria, A. (2014). Penggunaan media audio visual dalam pembelajaran anak usia dini. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2).

Kustiawan, U. (2016). Pengembangan media pembelajaran anak usia dini. Penerbit Gunung Samudera [Grup Penerbit PT Book Mart Indonesia].

Munawaroh, I. (2015). Urgensi Penelitian dan Pengembangan. Studi Ilmiah UKM Penelitian, 1(1), 1–5.

Sutarti, T., & Irawan, E. (2017). Kiat sukses meraih hibah penelitian pengembangan. Deepublish.

Ainin, M. (2013). Penelitian pengembangan dalam pembelajaran bahasa Arabi.

Haya, A. V., Davenport, T. H., & Prusak, L. (n.d.) (2019). KLASIFIKASI JENIS DATA PENELITIAN.

Rolisca, R. U. C., & Achadiyah, B. N. (2014). Pengembangan media evaluasi pembelajaran dalam bentuk online berbasis e-learning menggunakan software wondershare quiz creator dalam mata pelajaran akuntansi SMA Brawijaya Smart School (BSS). Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 12(2).

Sutarti, T., & Irawan, E. (2017). Kiat sukses meraih hibah penelitian pengembangan. Deepublish.

Additional Files

Published

2022-10-31

How to Cite

Pertiwi, N. P., & Apriliyana, F. N. (2022). ANALISIS KELAYAKAN MEDIA SCIENCE DOLL DALAM MENGEMBANGKAN BAHASA ANAK USIA DINI USIA 4-5 TAHUN Nella Putri Pertiwi1*, Firdausi Nuzula Apriliyana2. Prosiding SNasPPM, 7(1), 947–950. Retrieved from http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/1424