PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN DEBAT AKTIF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN EKONOMI SISWA

Studi kasus di SMA Negeri 1 Kerek

Authors

  • Shony Abidin Universitas PGRI Ronggolawe Tuban
  • Dumiyati Dumiyati Universitas PGRI Ronggolawe Tuban

Keywords:

Metode debat aktif, kemampuan berpikir kritis, hasil belajar

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar yang dimiliki siswa. Penelitian ini menggunakan metode debat aktif dengan jenis penelitian tindakan kelas kolaborasi. Penelitian dilakukan dikelas X SOS II dengan jumlah responden 33 siswa untuk teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, tes, dokumentasi, angket respon siswa. Hasil penelitian pada (1). Aktivitas guru hasil siklus 1 (53,3%), siklus II (73,3%), siklus III (93,3%). Hasil akhir dari aktivitas guru tergolong sangat efektif. (2). Aktivitas belajar siswa siklus I (47,7%), siklus II (71,1%), siklus III (90,5%). Hasil akhir dari aktivitas belajar dikategorikan sangat aktif. (3). Kemampuan berpikir kritis siklus I (51,1%), siklus II (74,5%), siklus III (91,2%). Hasil akhir dari kemampuan berpikir kritis siswa dikategorikan sangat tinggi. (4). Hasil belajar siswa siklus I (50%), siklus II (74,5%), siklus III (91,2%). Hasil akhir dari hasil belajar siswa telah mencapai hasil ketuntasan kelas yang telah ditetapkan. (5). Respon siswa ditetapkan disetiap indikator yang diamati dengan ketentuan ≥80%. Dan hasil indikator 1 presentase yang diperoleh sebesar 85,4%, indikator 2 hasil yang diperoleh sebesar 90,9%. Indikator 3 hasil yang diperoleh 87,2%, indikator 4 hasil yang diperoleh 83,6%, indikator 5 hasil yang diperoleh 80%, indikator 6 hasil yang diperoleh 81%, indikator 7 hasil yang diperoleh 82%, indikator 8 hasil yang diperoleh 81,2%, indikator 9 hasil yang diperoleh 83%, dan pada indikator 10 hasil yang diperoleh 84,2%, respon siswa dalam penelitian ini dikategorikan sangat tinggi.

 

 

 

References

DAFTAR PUSTAKA

Nurdin, M. (2016). Penerapan metode debat aktif untuk meningkatkan kemampuan berdiskusi mahasiswa dalam pembelajaran Konsep Dasar PKn di PGSD UPP Bone FIP UNM. Publikasi Pendidikan, 6(1)

Wijaya, S. A. (2019). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Melalui Metode Pembelajaran Debat Aktif Pada Mata Kuliah Kewirausahan. JPEK (Jurnal Pendidikan Ekonomi dan Kewirausahaan), 3(2), 173-182.

Nurhasanah, N. (2021). Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Debate Active Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Pada Pembelajaran Aqidah Akhlak (Kuasi Eksperimen MAN 1 Kota Serang) (Doctoral dissertation, UIN SMH BANTEN

Sulastry, M. S. (2019). PENGARUH METODE DEBAT AKTIF DALAM PEMBELAJARAN OUTDOOR LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS X PADA MATAPELAJARAN BIOLOGI DI SMAN 7 BANDAR LAMPUNG (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung)..

Nurdiani, I. (2018). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ACTIVE DEBATE DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK (Studi Quasi Eksperimen pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS MAN 1 Kota Tasikmalaya Tahun Pelajaran 2018/2019) (Doctoral dissertation, Universitas Siliwangi).

Wijayanto, P. A., Utaya, S., & Amirudin, A. (2017). Efektivitas metode debat aktif dan strategi penerapannya dalam mengoptimalkan pembelajaran geografi. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 2(1), 99-116.

Grifith, A.I. 1995. Cordinating Family and school: Mothering for Schooling. Education Policy Analysis Archive, (Online), vol.3 No.1 (http://olam.ed.asu.edu/epaa/, diakses 12 Februari,1997).

Yadimin, Y. (2019). Penerapan Metode Debat Untuk Meningkatkan Keterampilan Berfikir Kritis Siswa Kelas VI Pada Pelajaran PPKn. Primaria Educationem Journal (PEJ), 2(1), 74-77.

Putra, A. C. L. (2022). Penerapan metode pembelajaran debat aktif untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa di SMAN 1 Mojosari kelas XI IPS 1. SKRIPSI Mahasiswa UM.

Relatini, N. K. (2016). Memaksimalkan Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Menggunakan Debat Aktif Sebagai Upaya Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar IPA. Daiwi Widya, 3(3).

Yasmin, N. N. (2021). UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPA SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING DENGAN DEBAT AKTIF. Suluh Pendidikan, 19(1), 45-52.

Wijayanto, P. A. (2022). Pengaruh metode debat aktif berbantu ispring suite terhadap motivasi dan hasil belajar geografi. SKRIPSI Mahasiswa UM.

Silvia, N., & Hastuti, T. (2016). IMPLEMENTASI PENDEKATAN PAIKEM TIPE DEBAT AKTIF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS SISWA DI MTS DESA KUALU KECAMATAN TAMBANG TAHUN PELAJARAN 2014/2015. PEKA, 4(2), 143-154.

Bariyah, K. Upaya Peningkatan Motivasi Belajar Pkn dengan Model Debat untuk Meningkatkan Prestasi Siswa Kelas VIII SMP PGRI 8 Malang. Likhitaprajna, 19(1), 59-73.

Yudha, M. (2019). Penerapan model pembelajaran debate untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas XI IPS 1 pada mata pelajaran ekonomi di MA Muhammadiyah 1 Malang tahun ajaran 2019/2019/M. Qudsi Garda Yudha (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Malang).

Additional Files

Published

2023-01-28

How to Cite

Abidin, S., & Dumiyati, D. (2023). PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN DEBAT AKTIF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN EKONOMI SISWA: Studi kasus di SMA Negeri 1 Kerek. Prosiding SNasPPM, 7(2), 1281–1286. Retrieved from http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/1428