PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS APLIKASI ANDROID BERBANTU SMART APPS CREATOR (SAC) PADA MATERI PLANTAE

Authors

  • Dicky Frediansyah Universitas PGRI Ronggolawe
  • Dede Nuraida Universitas PGRi Ronggolawe Tuban

Keywords:

validitas, aplikasi pembelajaran, m android, materi plantae

Abstract

Android merupakan sistem operasi linux yang gratis dan memudahkan untuk berinovasi yang mendukung kegiatan keseharian. Framework aplication dan dalvik virtual machine yang menjadi salah satu  arsitektur  android  untuk  memungkinkan pengguna dan memindahkan komponen yang tersedia  sehingga  mampu  mengoptimalkan perangkat smartphone. Aplikasi android dapat digunakan sebagai media pembelajaran bagi siswa, pada saat ini smartphone menjadi barang utama yang digemari siswa. Oleh sebab itu aplikasi pembelajaran android dapat mempermudah siswa untuk melakukan kegiatan belajar melalui smartphone yang dimiliki. Aplikasi pembelajaran berbasis android yang dikembangkan ini mengutamakan materi biologi kingdom plantae. Materi plantae yang dikembangkan merupakan materi yang sering dijumpai terutama dilingkungan sekitar. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaran aplikasi android yang diharapkan dapat membantu proses belajar siswa melalui smartphone siswa yang dnyatakan valid. Kevalidan dinilai dari segi materi, media dan bahasa. Penelitian pengembangan ini menggunakan desain Research and Development  (R&D). Instrumen untuk mengukur validasi berupa angket yang akan divalidasi oleh validator ahli materi, ahli bahasa, dan ahli media, masing-masing angket validasi akan diisi oleh 2 orang validator. Hasil validasi dianalisis menggunakan teknik validitas. Hasil penelitian menunjukkan validitas aplikasi android dari segi materi dengan kategori cukup valid dengan persentase 87,50%, dari segi media, serta dari validitas segi bahasa kategori sangat valid dengan persentase 90.07%, dan validitas dari ahli media  kategori sangat valid dengan persentase 93,75%. Dari hasil penelitian yang sudah dilakukan dapat diambil kesimpula bahwa media pembelajaran berbasis aplikasi android berbantu Smart Apps Creator (SAC) telah berhasil dibuat. Pembuatan media ini termasuk dalam kategori sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran. Berdasarkan pengumpulan data hasil validasi yang telah dilakukan oleh validator diperoleh persentase rata-rata sebesar 90,77% dengan kategori sangat valid, maka media pembelajaran berbasis aplikasi android berbantu Smart Apps Creator (SAC) telah berhasil dibuat. Media ini termasuk dalam kategori sangat baik sebagai media pembelajaran.

References

S. Nurhayati, “Prosiding temu ilmiah nasional guru (ting) viii,” no. November, pp. 621–631, 2016.

J. Gammath, A. Hidayat, and E. R. Prasetya, “BELAJAR REFLEKTIF BERBASIS SISTEM ANDROID UNTUK MENINGKATKAN PEMBELAJARAN E-LEARNING,” vol. 4, pp. 79–87, 2019.

S. Rahayu, “Technological Pedagogical Content Knowledge ( TPACK ): Integrasi ICT dalam TECHNOLOGICAL PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE ( TPACK ): INTEGRASI ICT DALAM PEMBELAJARAN IPA ABAD 21,” no. February, 2020.

I. Nasrulloh and A. Ismail, “Analisis kebutuhan pembelajaran berbasis ict,” vol. 3, no. 32, pp. 28–32, 2017.

N. Komariah et al., “Pemanfaatan blog sebagai media pembelajaran berbasis ict,” 2016.

U. A. Chaeruman, “Alur Belajar : Meningkatkan Interaktivitas Pembelajaran Daring,” no. March, 2018.

N. S. Sibarani, G. Munawar, and B. Wisnuadhi, “Analisis Performa Aplikasi Android Pada Bahasa Pemrograman Java dan Analisis Performa Aplikasi Android Pada Bahasa Pemrograman Java dan Kotlin,” no. December, 2018.

M. S. Ramadhan, R. K. Dewi, and K. C. Brata, “Pengembangan Aplikasi Rekomendasi Musik berdasarkan Detak Jantung pada Platform Android,” vol. 4, no. 8, pp. 2364–2368, 2020.

Z. R. Mair and T. Supriadi, “MEDIA PEMBELAJARAN SISTEM PERNAPASAN PADA MANUSIA BERBASIS MULTIMEDIA,” vol. VI, no. 1, pp. 20–30, 2017.

M. Athoillah and M. I. Irawan, “MOBILE BERBASIS ANDROID UNTUK,” no. January, 2014.

T. Rahmawati, P. Studi, P. Kimia, P. Pascasarjana, and U. N. Yogyakarta, “PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN ASAM BASA BERBASIS ANDROID,” vol. 2, no. Desember, pp. 147–156, 2019.

F. Z. Adami and C. Budihartanti, “PENERAPAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY PADA MEDIA PEMBELAJARAN SISTEM,” no. 8, pp. 122–131, 2016.

M. Kemampuan and P. Masalah, “PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS ANDROID BERBANTUAN SMART APPS CREATOR DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH,” vol. 10, no. 3, pp. 1745–1756, 2021.

B. Gogik, G. E. Prasetyo, and N. B. Ginting, “PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS,” vol. 8, no. 2, pp. 145–154, 2021.

A. Untuk, K. Belajar, S. Kelas, and X. S. M. A. Ma, “NATURAL SCIENCE : Jurnal Penelitian Bidang IPA dan Pendidikan IPA,” vol. 6, no. 1, pp. 91–101, 2020.

N. Syaputrizal and R. Jannah, “Media Pembelajaran Fisika Berbasis M obile Learning pada Platform Android Menggunakan Aplikasi App Inventor untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Peserta Didik,” no. 1, pp. 800–809.

A. B. Kurniawan and R. Hidayah, “Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia,” vol. 9, no. 1, pp. 63–70, 2020, doi: 10.23960/jppk.v9.i1.202006.

Additional Files

Published

2022-10-31

How to Cite

Frediansyah, D., & Nuraida, D. (2022). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS APLIKASI ANDROID BERBANTU SMART APPS CREATOR (SAC) PADA MATERI PLANTAE. Prosiding SNasPPM, 7(1), 491–495. Retrieved from http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/1429