PENGEMBANGAN MEDIA BUKU POP-UP UNTUK PEMBELAJARAN MENGENAL HURUF ALPHABET ANAK USIA DINI

Authors

  • Citra Dewi Rosalina Arifin Universitas PGRI Ronggolawe
  • Risma Nugrahani Universitas PGRI Ronggolawe

Keywords:

media buku pop up, huruf alphabet

Abstract

Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan yang nantinya tercipta sebuah produk. Untuk menciptakan sebuah produk yang memiliki nilai kelayakan, dalam perancangannya melalui tahapan-tahapan pengembangan yang terstruktur dan sistematis serta dilakukan pengujian terhadap subjek-subjek penelitian. Produk yang dihasilkan berbentuk buku Pop-up. Adapun tujuan jangka panjang dari pengembangan media dalam penelitian ini yaitu terciptanya sebuah produk media buku pop up alphabet yang merupakan pengembangan dari teknik movable book (buku bergerak) dan Lift the flap (Buku buka tutup).Terciptanya media ini nantinya akan dapat digunakan oleh guru maupun orangtua dalam mengenalkan huruf alphabet pada anak. Media pada penelitian ini memiliki impact factor yang cukup baik bagi perkembangan media pembelajaran bagi anak usia dini. Khususnya pada kemampuan mengenal huruf alphabet pada anak. Adanya pengembangan media buku Pop Up ini juga memperkaya media buku Pop Up karya anak bangsa yang masih jarang ditemukan di Indonesia. Model pengembangan yang digunakan adalah model Borg & Gall yaitu (1) Potensi dan masalah, (2) Pengumpulan data, (3) Desain produk, (4) Validasi desain, (5) Revisi desain, (6) Uji coba produk, (7) Revisi produk, (8) Uji coba pemakaian, (9) Revisi produk, (10) Produksi masal. Subjek pada penelitian ini adalah sebanyak 3 TK yang menyelenggarakan model pembelajaran sentra di Kabupaten Tuban. Sedangkan, objek penelitian adalah kelayakan media buku Pop Up untuk pembelajaran mengenal huruf Alphabet. Data yang diperoleh dari penelitian dan pengembangan ini berupa data kuntitatif dan data kualitatif. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah angket yang diberikan pada ahli media, ahli materi, dan guru dengan pilihan jawaban menggunakan skala Likert. Selanjutnya, teknik analisa data kuantitatif yang diperoleh dari perhitungan prosentase dari skor data angket. Selanjutnya, hasil prosentase tersebut dikategorikan berdasarkan kriteria yaitu sangat lemah, lemah, cukup, kuat, dan sangat kuat.

References

Anggani, Sudono. 2000. Sumber Belajar dan Alat Permainan. Jakarta: Grasindo.
Arsyad, Azhar. 2002. Media Pembelajaran. Jakarta: Sinar Baru Aglesindo.
Bradley, Karen Sue, dan Bradley, Jack. (2014). “ Using Alphabet Books Across Grade Levels: More Than 26 Opportunities”. Texas Journal of Literacy Education. 2 (01)
Carter, D. A., & Diaz, J. (1999). The Elements of Pop-Up. Santa Monica: Little Simon.
Chaer, Abdul. 2009. Psikolinguistik Kajian Teoretik. Jakrta: Rineka Cipta.
Chabibah, Rochmatul. 2014. “Perancangan Buku Pop-Up Alfabet untuk Siswa Taman Kanak-Kanak”. Jurnal Pendidikan Seni Rupa. 28 (2) , 96-105
Depdiknas. 2008. Pedoman Pembelajaran Bidang Pengembangan Kognitif Di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Depdiknas.
Dhieni, Nurbiana. 2008. Metode Pengembangan Bahasa. Jakarta: Universitas Terbuka.
Divita, Monique Rizki, dan Puspitasari, Dyah Gayatri. 2011. “Perancangan Buku Cerita Anak Pop Up Mari berkebun”. Jurnal Humaniora. 2 (02), 1107-1118
Eliason, Jenkins. 2008. A Practical Guide to Early Childhood Curriculum. Australia: Pearson Merril.
Eliyawati, Cucu. 2005. Pemilihan Dan Pengembangan Sumber Belajar Untuk Anak Usia Dini. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Munawir, Yusuf, dkk. 2003. Pendidikan Bagi Anak Dengan Problema Belajar. Surakarta: Tiga Serangkai.
Pramukti, Ingga. 2015. “Pengembangan Media Buku Pop-Up Cita-citaku untuk siswa kelompok B TK Mardi Putera Wonosobo”. Jurnal Teknologi pendidikan UNY.
Ryan, V. 2001. Pop up card mechanism 1, 2 & 3, (Online),(http://www.technologystudent.com/designpro/popup1.html., Diakses 18 juni 2017
Santrock, John W. 2007. Perkembangan Anak. Jakarta: Erlangga.
Sartika, Dewi, dkk. 2012. Kreasi Kirigami. Jakarta: Dunia kreasi
Seefeldt, Carol dan Wasik, Barbara. 2008. Pendidikan Anak Usia Dini. Jakrta: Indeks.
Sujiono, Yuliani Nurani, Dkk. 2008. Metode Pengembangan Kognitif. Jakarta: Uniersitas Terbuka.
Sukmadinata, Nana Syaodih. (2010). Metode penelitian pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Susanto, Ahmad. 2011. Perkembangan Anak Usia Dini Pengantar Dalam Berbagai Aspeknya. Jakarta: Kencana.
Yusuf. 2003. Motivasi dalam belajar. Jakarta: P2LPTK.

Additional Files

Published

2018-09-29

How to Cite

Arifin, C. D. R., & Risma Nugrahani. (2018). PENGEMBANGAN MEDIA BUKU POP-UP UNTUK PEMBELAJARAN MENGENAL HURUF ALPHABET ANAK USIA DINI. Prosiding SNasPPM, 3(1), 54–57. Retrieved from http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/143