KELAYAKAN MEDIA STANDING LETTER UNTUK MENGEMBANGKAN KEAKSARAAN ANAK USIA 4-5 TAHUN

Authors

  • Amilia Sofa Universitas PGRI Ronggolawe
  • Firdausi Nuzula Apriliyana Universitas PGRI Ronggolawe

Keywords:

Media Standing Letter, Keaksaraan

Abstract

Media standing letter adalah pengembangan media sebagai sarana untuk membantu anak dalam mengembangkan kemampuan keaksaraan dengan Tujuan dari penelitian ini adalah Mengetahui kelayakan media pembelajaran standing letter untuk anak usia 4 - 5 tahun. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pengembangan Research and Development. Penelitian ini mengacu pada model pengembangan Borg and Gall. Prosedur pengembangan menurut teori Borg dan Gall  yang terdiri dari tujuh tahapan. Hasil analisis data penelitian menunjukkan bahwa kelayakan media Standing Letter memperoleh penilaian dari para ahli diantaranya ahli media memperoleh skor rata-rata 3,63 dengan persentase kevalidan 73% kategori “layak”.

References

Suyanto, S. (2005). Dasar-dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: HIKAYAT Publishing.

M. Tahir. Yusuf. (2019). Deteksi dini pencapaian perkembangan anak usia 4-5 tahun berdasarkan standar nasional pendidikan.

Filtri, H. (2020). Media Pembelajaran Bernilai Ekonomis Berbasis Recycle System Untuk Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7.

Anari, S. (2019). Implementasi pelaksanaan kurikulum 2013 pendidikan anak usia dini dalam mempersiapkan anak memasuki sekolah dasar.

Prahesti Swantyka Ilham, F. S. (2021). Penerapan Media Pembelajaran Interaktif Kearifan Lokal Kabupaten Semarang.

Olva, S. Y. (2017). Meningkatkan kemampuan berbicara anak melalui bermain peran mikro. 8.

Yulina, A. W. (2018). Pengaruh Kegiatan Literasi Terhadap Kemampuan Mengenal Keaksaraan Anak Usia 4-5 Tahun Kelompok A Di TK Kusuma Mulia Kediri. Pengaruh Kegiatan Literasi Terhadap Kemampuan Mengenal Keaksaraan, 4.

Hasanah, S. N. (2020). Analisis Penggunaan Media Saidpaper Letters Untuk Keterampilan Mengenal Huruf Pada Anak Usia 4-5 Tahun. Analisis Penggunaan Media Saidpaper Letters Untuk Keterampilan Mengenal Huruf Pada Anak Usia 4-5 Tahun, 9.

Hafidlatil, K. i. (2018). Pengaruh metode role playing / bermain peran terhadap aspek perkembangan bahasa pada anak. 9.

Pratiwi, A. W. (2019). Pengaruh Media Kartu Pintar Terhadap Kemampuan Keaksaraan Anak U 4-5 Tahun Kelompok A Di TK Kenanga Lumbangsari Bululawang Malang. Pengaruh Media Kartu Pintar Terhadap Kemampuan Keaksaraan Anak U 4-5 Tahun Kelompok A Di TK Kenanga Lumbangsari Bululawang Malang, 6.

Tahir, M. Y. (2019). deteksi dini pencapaian perkembangan anak usia 4-5 tahun. 13.

Arum, S. f. (2020). Peningkatan kemampuan keaksaraan awal melalui media sandpaper letters pada anak usia 4-5 tahun. 10.

Dewi, R. (2021). pengembangan media kartu huruf elektrik untuk meningkatkan kemampuan mengenal huruf anak usia 4-5 tahun. 10.

Rosiyanah. (2021). Pengembangan Media Stimulasi Sensori Anak Usia 4-6 tahun berbasis aktivitas bermain tujuh indra, 2017.

Yusuf, M. T. (2019). DETEKSI DINI PENCAPAIAN PERKEMBANGAN ANAK USIA 4-5 TAHUN , 13.

Additional Files

Published

2022-11-03

How to Cite

Sofa, A., & Apriliyana, F. N. (2022). KELAYAKAN MEDIA STANDING LETTER UNTUK MENGEMBANGKAN KEAKSARAAN ANAK USIA 4-5 TAHUN. Prosiding SNasPPM, 7(1), 1127–1130. Retrieved from http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/1434