PEMBENTUKAN TAMAN BACA DAN BERMAIN ANAK SEBAGAI WAHANA EDUKASI LITERASI BERBASIS BUDAYA LOKAL DI KELURAHAN SIDOMULYO KECAMATAN TUBAN KABUPATEN TUBAN

Authors

  • Seviyenti Fikroh PGRI RONGGOLAWE UNIVERSITY
  • Kristin Tri Lestari Universitas PGRI Ronggolawe
  • Kholid Kholid Universitas PGRI Ronggolawe
  • Usep Supriatna Universitas PGRI Ronggolawe

Keywords:

Taman, Baca, Bermain, Anak

Abstract

Anak-anak dan masyarakat di Kelurahan Sidomulyo memiliki minat tinggi dalam membaca namun tidak dapat tersalurkan karena belum dapat difasilitasi dengan baik oleh pemerintah daerah setempat yang dibuktikan dengan belum adanya perpustakaan desa ataupun taman baca yang dapat digunakan oleh masyarakat khususnya anak-anak sehingga masyarakat sulit untuk mengembangkan dan mengakses ilmu pengetahuan. Ditambah lagi dengan adanya pandemic covid 19 membuat anak-anak semakin inten memegang dan memainkan game yang ada di gawai sehingga melupakan permainan tradisional yang justru bisa melatih sosialisasi dan kecerdasan emosional maupun fisik anak. Sehubungan dengan permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat kelurahan Sidomulyo maka tim PKM kami berusaha untuk membuat Taman Baca dan Bermain Anak sebagai wahana edukasi literasi berbasis budaya lokal.
Untuk rencana kegiatannya meliputi :
1. Pembuatan taman baca dan bermain anak yang bersifat edukatif dan bebas biaya serta bebas diakses oleh siapapun.
2. Mengadakan Talk show edukasi budaya literasi.
3. Mengadakan lomba mewarnai
4. Mengadakan pelatihan kader pengelolaan taman baca dan bermain anak yang diikuti oleh kelompok karang taruna setempat

References

E. P. Prasetya and F. Rahmalia, “Pemberdayaan Masyarakat Tentang Kesehatan, Pendidikan dan Kreatifitas,” Abdi Dosen J. Pengabdi. Pada Masy., vol. 2, no. 1, pp. 19–25, 2018.

M. A. A. Sani and S. A. Suwanto, “Pembinaan Minat Baca Masyarakat Melalui Pembangunan Taman Bacaan Masyarakat Desa Kemasan Klepu, Semarang, Jawa Tengah,” Anuva J. Kaji. Budaya, Perpustakaan, dan Inf., vol. 2, no. 2, pp. 165–176, 2018.

B. P. Sitepu, “Pengembangan Taman Bacaan Masyarakat Sebagai Sumber Belajar,” J. Ilm. Visi, vol. 7, no. 1, pp. 42–56, 2012.

D. Herdiana, R. Heriyana, and R. Suhaerawan, “Pemberdayaan Masyarakat Melalui Gerakan Literasi Perdesaan di Desa Cimanggu Kabupaten Bandung Barat,” J. Pengabdi. Pada Masy., vol. 4, no. 4, pp. 431–442, 2019.

S. N. Hakim and A. A. Raj, “Dampak kecanduan internet (internet addiction) pada remaja,” Pros. Temu Ilm. Nas. X Ikat. Psikol. Perkemb. Indones., vol. 1, 2017.

P. A. Chusna, “Pengaruh media gadget pada perkembangan karakter anak,” Din. Penelit. Media Komun. Penelit. Sos. Keagamaan, vol. 17, no. 2, pp. 315–330, 2017.

E. Saepudin, S. Sukaesih, and A. Rusmana, “Peran taman bacaan masyarakat (TBM) bagi anak-anak usia dini,” J. Kaji. Inf. Perpust., vol. 5, no. 1, pp. 1–12, 2017.

Z. R. Moo, I. Popoi, and M. Mahmud, “Pengaruh Fasilitas Perpustakaan Terhadap Budaya Baca,” Jambura Econ. Educ. J., vol. 2, no. 1, pp. 19–24, 2020.

G. N. Pramudyo, M. R. Ilmawan, B. Azizah, M. Anisah, and Y. Deo, “Inovasi Kegiatan Taman Bacaan Masyarakat (TBM),” Lentera Pustaka J. Kaji. Ilmu Perpustakaan, Inf. dan Kearsipan, vol. 4, no. 1, pp. 29–38, 2018.

R. Rahayu and N. Widiastuti, “Upaya Pengelola Taman Bacaan Masyarakat Dalam Memperkuat Minat Membaca (Studi Kasus TBM Silayung Desa Ciburuy Kecamatan Padalarang),” Comm-Edu (Community Educ. Journal), vol. 1, no. 2, pp. 57–64, 2018.

M. Mansur and K. T. Lestari, “Festival Dolanan In English Sebagai Upaya Melestarikan Permainan Tradisional Anak Pada Gugus 02 Sd Puspitasari Kabupaten Tuban,” Pros. SNasPPM, vol. 4, no. 1, pp. 196–198, 2019.

A. Baedowi, Calak Edu 4: Esai-esai Pendidikan 2012-2014, vol. 4. Pustaka Alvabet, 2015.

C. Afrina and I. Irwan, “Peran Taman Bacaan Masyarakat (Tbm) Dalam Membangun Budaya Literasi Berbasis Kearifan Lokal Di Kota Padang Panjang,” Proc. ICIS 2021, vol. 1, no. 1, 2022.

R. N. Andari and S. Ella, Model Desa Cerdas Untuk Membangun Indonesia Maju. Syiah Kuala University Press, 2021.

R. Waluyo and A. Devi, “Peningkatan Fungsisonal Elemen Masyarakat Dalam Bidang Pendidikan, Kesehatan, Perekonomian Dan Hukum Melalui Tekhnologi Yang Membangun Kesejahteraan Masyarakat,” Abdi Dosen J. Pengabdi. Pada Masy., vol. 4, no. 2, pp. 211–228, 2020.

N. Laily, I. B. Raharjo, and D. Efendi, “Pendampingan Kampung Sawunggaling, Menuju Kampung Pendidikan–Kampunge Arek Surabaya (Kp-Kas),” J. Cemerlang Pengabdi. pada Masy., vol. 1, no. 2, pp. 12–25, 2019.

Additional Files

Published

2023-02-03

How to Cite

Seviyenti Fikroh, Lestari, K. T., Kholid, K., & Supriatna, U. (2023). PEMBENTUKAN TAMAN BACA DAN BERMAIN ANAK SEBAGAI WAHANA EDUKASI LITERASI BERBASIS BUDAYA LOKAL DI KELURAHAN SIDOMULYO KECAMATAN TUBAN KABUPATEN TUBAN. Prosiding SNasPPM, 7(2), 1429–1433. Retrieved from http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/1436