ANALISIS PERENCANAAN KURIKULUM MERDEKA MA MANBAIL FUTUH KABUPATEN TUBAN
Keywords:
pendidikan, perencanaan kurikulum, madrasah aliyahAbstract
-
Pendidikan merupakan hak setiap anak bangsa seperti yang tertera dalam Pembukaan UUD Tahun 1945 alenia ke-4. Pendidikan di Indonesia diselenggarakan secara terstruktur di bawah tanggung jawab Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemendikbud RI) dengan pembelajaran berdasarkan kurikulum yang telah ditetapkan. Pada tahun 2021, Kemendikbud RI merencanakan kurikulum baru, yaitu Kurikulum Merdeka yang merupakan pengembangan dari kurikulum-2013. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perencanaan Kurikulum Merdeka di Madrasah Aliyah Kabupaten Tuban. Metode penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara dengan responden Kasi Pendidikan Madrasah Kementerian Agama Kabupaten Tuban dan Kepala serta Waka Kurikulum MA Manbail Futuh Kecamatan Jenu Kabupaten Tuban. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan tiga tahap, yaitu tahap reduksi data, penyajian data, dan perivikasi data. Dengan demikian, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perencanaan “Kurikulum Merdeka” di Madrasah Aliyah Manbail Futuh Kecamatan Jenu Kabupaten Tuban untuk tahun ajaran 2022/2023 terbatas pada sosialisasi dan bimbingan teknis (bimtek) Kurikulum Merdeka dan belum siap untuk menerapkankan dalam pembelajaran tahun 2022/2023. Sosialisasi dan bimtek ini diselenggarakan oleh Kementerian Agama dengan menggandeng Balai Besar Peningkatan Mutu Provinsi Jawa Timur dan dihadiri Kepala dan Waka Kurikulum sebagai perwakilan dari MA Manbail Futuh serta membahas tentang hakikat Kurikulum Merdeka, dan perangkat pembelajarannya.
References
Juliya, M. and Herlambang, Y. T. (2021) ‘ANALISIS PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN DARING DAN’, XII(1), pp. 281–294.
Gunawan, Imam. (2012). Pendidikan Karakter. Malang: Universitas Negeri Malang.
Ritonga, Maimuna. (2018). ‘Politik dan Dinamika Kebijakan Perubahan Kurikulum Pendidikan di Indonesia Hingga Masa Reformasi’. Jurnal Ilmiah Guru Pendidikan Dasar: STKIP Bina Bangsa Meulaboh.
Roziqin, Zainur. (2019). ‘Moral Pendidikan di Era Global, Pergeseran Pola Interaksi Guru, Murid di Era Global’.
Abdulloh, Tsani Ridwan. 2014. ‘Pembelajaran Saintifik untuk Kurikulum 2013’. Jakarta: Bumi Aksara
Atiqoh, L. N. (2020) ‘Respon Orang Tua Terhadap Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19’, Thufuli : Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(1), p. 45. doi: 10.33474/thufuli.v2i1.6925.
Robandi, D. and Mudjiran, M. (2020) ‘Dampak Pembelajaran Dari Masa Pandemi Covid-19 terhadap Motivasi Belajar Siswa SMP di Kota Bukittinggi’, Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(3), pp. 3498–3502. doi: 10.31004/jptam.v4i3.878.
Yulianingsih, W. et al. (2020) ‘Keterlibatan Orangtua dalam Pendampingan Belajar Anak selama Masa Pandemi Covid-19’, Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), pp. 1138–1150. doi: 10.31004/obsesi.v5i2.740.
Nafrin and Hudaidah. (2021). ‘Perkemabangan Pendidikan Indonesia di Masa Pandemi Covid-19’, Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan Vol. 3 Nomor 2 Tahun 2021 Halm 456 - 462
Lawe Lambertus. 2022. Upaya Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru dalam Perencanaan dan Pelaksanaan Pembelajaran Melalui Kegiatan Supervisi Akademik Kepala Sekolah di SDN Waepoa Tahun Pelajaran 2021/2022. NTT: Jurnal Pendidikan El Budaya WARTA PENDIDIKAN
Husaeni, Ahmad. 2019. ‘Administrasi, Manajemen, dan Kepemimpinan Pendidikan’. Kalimantan Timur: STIKI Indonesia.
Jojor, Anita and Hotmaulina Sitohang. (2022). ‘Analisis Kurikulum Merdeka dalam Mengatasi Learning Loss di Masa Pandemi Covid-19 (Analisis Studi Kasus Kebijakan Pendidikan)’. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan Vol. 4 Nomor 4 Tahun 2022 Halm 5150-5161
Kemendikbud. (2022). ‘Siaran Pers Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi
Sadewa, Aristo. (2022). ‘Meninjau Kurikulum Prototipe Melalui Pendekatan Integrasi-Interkoneksi Prof. Amin Abdullah. Jurnal Pendidikan Konseling 4(1), 266-280,2022
Rahayu, Restu. dkk. ‘Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak’. Jurnal Basicedu 6(4), 6313-6319, 2022.
Wekke, Ismail Suardi, dkk. 2019. Metode Penelitian Sosial. Yogyakarta: CV. Adi Karya Mandiri.