OPTIMALISASI WAKTU LAMPU LALU LINTAS DI PERSIMPANGAN JALAN DENGAN METODE ALJABAR MAX-PLUS

(STUDI KASUS: PERSIMPANGAN POLRES TUBAN DAN GOR RANGGA JAYA ANORAGA TUBAN)

Authors

  • Afifah Afifah Universitas PGRI Ronggolawe
  • Ahmad Zaenal Arifin Universitas PGRI Ronggolawe
  • Kresna Oktafianto Universitas PGRI Ronggolawe

Keywords:

kemacetan, waktu lampu lalu lintas, persimpangan POLRES dan GOR Tuban, metode Aljabar Max-Plus

Abstract

Kabupaten Tuban adalah salah satu kabupaten yang dilewati jalur pantura. Terdapat banyak kendaraan yang melewati jalur tersebut sehingga sering terjadi kemacetan. Salah satu faktor kemacetan tersebut adalah belum optimalnya waktu lampu lalu lintas yang diterapkan. Persimpangan POLRES Tuban dan GOR Rangga Jaya Anoraga Tuban adalah persimpangan di Kabupaten Tuban yang masih mengalami kemacetan. Kemacetan tersebut dapat diatasi dengan mengoptimalkan waktu lampu lalu lintas di persimpangan terkait menggunakan metode Aljabar Max-Plus. Hasil dari penelitian ini berupa perbedaan antara waktu lampu lalu lintas hasil perhitungan menggunakan metode Aljabar Max-Plus dengan waktu lampu lalu lintas yang telah diterapkan. Didapatkan hasil waktu satu siklus sebesar 226 detik pada masing-masing persimpangan. Waktu yang dihasilkan dengan metode Aljabar Max-Plus lebih optimal dalam mengatasi kemacetan dibandingkan dengan waktu yang diterapkan saat ini di persimpangan terkait.

References

K. Astrea, “Hipotesis Sapir-Whorf dalam Proses Toponimi Kabupaten Tuban (Kajian Antropologi Linguistik),” BASTRA J. Penelit. Pendidik. Bhs. dan Sastra, vol. 4, no. 1, pp. 49–56, 2017.

D. Novitasari, “Manajemen Kecepatan Lalu Lintas Di Jalur Pantura Wilayah Jawa Timur.” Universitas Gadjah Mada, 2017.

W. Imam, “Analisis Faktor–Faktor Yang Mempengaruhi Kecelakaan Lalu Lintas Di Jalur Pantura Kabupaten Demak,” Skripsi, 2019.

A. Sumarudin, D. Darsih, I. Iryanto, and A. Suheryadi, “Aplikasi Penghitung Kendaraan Pada Jalur Pantura Menggunakan Blob Deteksi Dan Kalman Filter,” J. Appl. Informatics Comput., vol. 3, no. 1, pp. 8–11, 2019.

P. Edi, “Pengaruh Lokasi, Pelayanan Dan Fasilitas Uji Kendaraan Bermotor Terhadap Kepuasan Konsumen Dinas Perhubungan Kabupaten Pati,” Skripsi, 2020.

A. R. Fauziah, F. F. Fatimah, and M. Chrisnatalia, “Mudik Is Easy On Maps,” 2018.

A. K. Nisa and L. Muzdalifah, “Optimasi Waktu Tunggu Lalu Lintas Dengan Menggunakan Graf Kompatibel Sebagai Upaya Mengurangi Kemacetan,” MathVisioN, vol. 3, no. 1, pp. 1–5, 2021.

D. P. K. Tuban, Survey LHR (Lalu Lintas Harian Rata-Rata) Ruas Jalan di Kabupaten Tuban. Tuban, 2020.

L. Yahya, N. Nurwan, and R. Resmawan, “Menentukan Waktu Optimal untuk Pembuatan Kerajinan Sulaman Karawo Menggunakan Aljabar Max-Plus,” Vygotsky J. Pendidik. Mat. dan Mat., vol. 4, no. 1, pp. 23–34, 2022.

A.-V. T. N. A. Pungkas, “Pemodelan durasi nyala lampu lalu lintas di persimpangan Dago Bandung menggunakan aljabar max-plus,” 2021.

A. Wibowo, K. Wijayanti, and R. B. Veronica, “Penerapan aljabar max-plus pada pengaturan sistem antrian traffic light,” UNNES J. Math., vol. 7, no. 2, pp. 192–205, 2018.

M. N. P. Janu, “Modeling of three crossroad traffic flow queuing systems using max-plus algebra,” J. Sci. Sci. Educ., vol. 3, no. 1, pp. 13–18, 2019.

R. I. Pertiwi, “Model Petri Net Dari Antrian Klinik Kecantikan Serta Aplikasinya Pada Aljabar Maxplus,” MAp (Mathematics Appl. J., vol. 2, no. 1, pp. 34–40, 2020.

K. Oktafianto, “Implementasi Aljabar Max-Plus pada Pemodelan dan Penjadwalan Keberangkatan Bus Kota Damri (Studi Kasus di Surabaya),” Tugas Akhir Mat. ITS, 2013.

M. A. Rudhito, Aljabar max-plus dan penerapannya. Sanata Dharma University Press, 2020.

I. Sugiarto, F. J. Permana, and P. Prawiranegara, “Pemodelan penjadwalan bis Damri di Bandung dengan menggunakan aljabar max-plus,” 2019.

Y. Natalia, I. W. Sudarsana, and D. Lusiyanti, “Pemodelan Waktu tunggu Penumpang pada Jalur Angkutan Dalam Kota Palu Menggunakan Aljabar Max-Plus,” J. Ilm. Mat. dan Terap., vol. 16, no. 1, pp. 33–41, 2019.

Additional Files

Published

2022-11-03

How to Cite

Afifah, A., Arifin, A. Z., & Oktafianto, K. (2022). OPTIMALISASI WAKTU LAMPU LALU LINTAS DI PERSIMPANGAN JALAN DENGAN METODE ALJABAR MAX-PLUS: (STUDI KASUS: PERSIMPANGAN POLRES TUBAN DAN GOR RANGGA JAYA ANORAGA TUBAN). Prosiding SNasPPM, 7(1), 500–505. Retrieved from http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/1439