PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK PENINGKATAN KEMAMPUAN LITERASI DAN NUMERASI

Authors

  • Jamiyatul Khusna Bancar, Tuban, Jawa Timur
  • Warli Warli Universitas PGRI Ronggolaee Tuban

Keywords:

Lembar kerja, Literasi numerasi, Validitas, Kepraktisan, Keefektifan

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis model Problem Based Learning (PBL) yang valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan kemampuan literasi numerasi pada materi bentuk aljabar peserta didik kelas VII. Penelitian ini mengacu pada model pengembangan Sivasailam Thiagarajan, Dorothy S. Sammel, dan Melvyn I. Sammel (1974) yang dikenal dengan model 4-D yaitu Define (pendefinisian), Design (perancangan), Develop (pengembangan), dan Disseminate (penyebaran). Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VII MTs Manbail Futuh 02 Bancar. Untuk menguji kualitas produk LKPD yang dikembangkan dilakukan uji validitas, kepraktisan, dan keefektifan. Instrumen untuk uji kevalidan adalah lembar validitas LKPD, untuk uji kepraktisan adalah lembar keterlaksanaan LKPD, dan untuk uji keefektifan adalah lembar aktifitas pendidik, lembar aktifitas peserta didik, angket respon peserta didik, serta lembar soal tes kemampuan literasi numerasi peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKPD berbasis PBL yang dikembangankan memenuhi kriteria valid (>80), memenuhi kriteria praktis dengan rata-rata 77,05 %, serta memenuhi kriteria efektif dari lembar obsevasi aktifitas pendidik rata-rata sebesar 73,07 % dengan kategori baik, lembar observasi aktifitas peserta didik rata-rata sebesar 77,69% dengan kategori baik, angket respon peserta didik rata-rata sebesar 79,04% dengan kategori baik, tes kemampuan literasi numerasi rata-rata sebesar 70,02% dengan kategori baik.

References

Astuti. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Problem Based Learning (PBL) untuk Kelas VII SMP/MTs Mata Pelajaran Matematika.” Jurnal Cendekia, Jurnal Pendidikan Matematika, Vol. 05 No. 02 Hal. 1011-1024.

Syafitri, I. R., Heleni, S. dan Solfitri, T. (2021). Pengembangan Perangkat Matematika Berbasis Problem Based Learning pada Materi Bentuk Aljabar Kelas VII SMP/MTs. Juring, Journal for research in mathematics Learning.

Prabawati, M. N., Herman, T., dan Turmudi. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Masalah dengan Strategi Heuristic untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematis. Musharofa, Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 08. No.07.

Hapsari, T. (2019). Literasi Matematis Siswa. Jurnal Euclid Vol. 6 No. 1

Widiastuti, E. R. dan Kurniasih, M. D. (2021). Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Software Cabri 3D V2 terhadap Kemampuan Literasi Numerasi Siswa. Jurnal Cendekia, Jurnal Pendidikan Matematika, Vol. 05 No. 02 Hal. 1687-1699.

Wijaya, A. P. (2017). Pengembangan Modul Dengan Pendekatan Open Ended untuk Memfasilitasi Pencapaian Literasi Matematis. Aksioma, Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 06 No.02.

Sugiyanto, Y., Hasibuan, M. H. E., & Anggereni, E. (2018). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Kontekstual pada materi ekosistem kelas VII SMPN Tanjung Jabur Timur. Edu-Sains: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Vol.07 No. 01.

Muayyadatiddieny, F., Lestari, S. N., Nurmaulana, W. I. (2015). Potensi Sintaks Pembelajaran PBL (Problem Based Learning)- Metakognitif dalam Melatih Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Seminar Nasional Pendidikan Sains Uksw.

Hidayat, R., Murni, A., & Reza Y. (2021). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Menggunakan Model Problem Based Learning untuk Memfasilitasi Kemampuan Literasi Matematis Peserta Didik. Jurnal Cendekia, Jurnal Pendidikan Matematika, Vol. 05 No. 03 Hal. 3017-3027.

Agitsna, L.D., Wahyuni, R., & Friansah D. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Problem Based Learning pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Aksioma Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 08 No.03.

Abdillah, D. M., & Astuti, D. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik berbasis Problem Based Learnin pada Topik Sudut. Pythaghoras: Jurnal Pendidikan Matematika. Vol. 15 No. 02.

Botty, H. M. R. H., & Shahril, M. (2015). Narrating A Teacher’s use of Structured Problem Based Learning In A Mathematics Lesson. Asian journal of Social Sciences & Humanities Vol.04 No. 01.

Helnia, Laurens, Th., & Tamalene, H. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Materi Bentuk AljabarMenggunakan Model Problem Based Learning. Musamus Jurnal of Mathematics Education Vol.03 No.01

Azizah, Isnaini Nur. (2017). Lembar Kerja Peserta Didik Materi Aritmatika Sosial dengan Model Pengembangan Thiagarajan. Numerical Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol.01 No.02

Rochmad, R. (2012). DesainModel Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, Vol. 03 No. 01

Additional Files

Published

2022-10-31

How to Cite

Khusna, J., & Warli, W. (2022). PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK PENINGKATAN KEMAMPUAN LITERASI DAN NUMERASI. Prosiding SNasPPM, 7(1), 506–512. Retrieved from http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/1446