ANALISIS KESIAPAN DALAM MENERAPKAN KURIKULUM MERDEKA DI MADRASAH IBTIDAIYAH MANBAIL FUTUH JENU

Authors

  • Firdaus Qoofa Putri Tsania Jenu, Tuban, Jawa Timur
  • Surawan Surawan Universitas PGRI Ronggolawe Tuban

Keywords:

kurikulum merdeka, kesiapan, pendidikan, MI Manbail Futuh Jenu

Abstract

Menteri pendidikan dan kebudayaan Riset dan teknologi RI Nadiem Anwar Makarim telah resmi meluncurkan nama baru dari kurikulum prototipe yang sekarang diganti menjadi Kurikulum Merdeka. Kurikulum merdeka ini menekankan keleluasaan kepada siswa maupun guru dalam melaksanakan pembelajaran. Kurikulum merdeka merupakan kurikulum baru yang akan dilaksanakan pada satuan pendidikan di Indonesia. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mendeskripsikan  kesiapan dalam menerapkan Kurikulum Merdeka di Madrasah Ibtidaiyah Subjek dalam penelitian ini adalah Kasi Pendidikan Madrasah Kementrian Agama Kabupaten Tuban dan Kepala serta Wakil Kepala Kurikulum Madrasah Ibtidaiyah Manbail Futuh Kecamatan Jenu Kabupaten Tuban. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan melakukan wawancara kepada subjek penelitian. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan  tiga tahapan yaitu tahap reduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Madrasah Ibtidaiyah Manbail Futuh belum siap melaksanakan Kurikulum Merdeka pada tahun ajaran 2022/2023, namun berencana akan melaksanakannya mulai tahun ajaran 2023/2024. Hal itu disebabkan karena baru dilaksanakan sosialisasi oleh Kemenag Tuban kepada pihak lembaga madrasah yang dihadiri oleh Wakil Kepala Kurikulum dan satu guru kelas 4. Sosialisasi yang dilaksanakan yaitu memuat pengertian dan penjelasan tentang Kurikulum Merdeka serta perubahan nama pada perangkat pembelajaran yang akan digunakan pada Kurikulum Merdeka. Disamping itu, Penyebab direncanakannya Kurikulum Merdeka yaitu karena sudah merupakan kebijakan dari Kemendikbut Ristek Republik Indonesia. Perencanaan Kurikulum Merdeka juga merupakan upaya pemulihan pembelajaran untuk mengatasi learning loss setelah masa pandemi Covid-19 serta upaya dari pemerintah untuk mewujudkan tujuan pendidikan Nasional.

References

Depdiknas. 2003. Undang-Undang No. 20 tahun 2003, Sistem Pendidikan Nasional, www.depdiknas.go.id. (diakses pada tanggal 15 Februari 2022)

Fitri, Agus Zaenal. 2012. Pendidikan Karakter Berbasis Nilai dan Etika di Sekolah. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Haryati Sri. Pendidikan Karakter Dalam Kurikulum 2013. (FKIP-UTM).

Handayani, N., Indartono, S. (2016). The Implementation Of Multicultural Character Education. International Conference on Ethics of Business, Economics, and Social Science

Kemendikbud. 2020. Adaptasi Pembelajaran Berorientasi Literasi dan Numerasi.

Astuti, sri . 2018.Buku Landasan Pengembangan Kurikulum. Bandung : Rafa Production.

Zaini,Herman. (2015) Karakteristik Kurikulum 2013 Dan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan(KTSP). JURNAL IDAROH, Vol. 1, No. 1, Juni. UIN Raden Fatah.

Astuti, Tri Marhaeni Pudji. 2013. Kurikulum 2013 Tekankan Perubahan Sikap Pelajar. Suara Merdeka tanggal 24 Maret 2014.

Magdalena, Ina DKK.2020. Evaluasi Penerapan Pembelajaran K13 Di Sekolah Dasar Dharmawati Arief Tangerang. Universitas Muhammadiyah Tangerang.

Mustafid,Mohammad. (2020). Evaluasi Kurikulum Pendidikan. STAIDA Krempyang.

Suryadi,Sudi. 2015. Peranan Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Kegiatan Pembelajaran dan Perkembangan Dunia Pendidikan. Jurnal Ilmiah AMIK Labuhan Batu Medan.

Suryadien, DKK. (2022). Rencana Implementasi Kurikulum Prototipe Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Indonesia. Fakultas Pendidikan Islam dan Keguruan Universitas Garut. Jurnal PGMI Universitas Garut

Jojor & Hotmaulina. 2022. Analisis Kurikulum Merdeka dalam Mengatasi Learning Loss di Masa Pandemi Covid-19 (Analisis Studi Kasus Kebijakan Pendidikan) Jurnal Ilmu Pendidikan Volume 4 Nomor 4 Tahun 2022

Anggreini & Eko. 2022. Peran Guru Dalam Menghadapi Tantangan Implementasi Merdeka Belajar Untuk Meningkatkan Pembelajaran Matematika Pada Era Omicron Dan Era Society 5.0. P

KMA (Keputusan Menteri Agama Republik Indonesia). Nomor 347 Tahuhn 2022. Tentang Pedoman Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Madrasah.

Additional Files

Published

2022-10-31

How to Cite

Putri Tsania, F. Q., & Surawan, S. (2022). ANALISIS KESIAPAN DALAM MENERAPKAN KURIKULUM MERDEKA DI MADRASAH IBTIDAIYAH MANBAIL FUTUH JENU. Prosiding SNasPPM, 7(1), 513–517. Retrieved from http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/1447