PENGATURAN WAKTU LAMPU LALU LINTAS DENGAN METODE GRAF FUZZY

Studi Kasus: Persimpangan Kapur dan Karangawaru Kab. Tuban

Authors

  • Muntiani Muntiani Universitas PGRI Ronggolawe Tuban
  • Ahmad Zaenal Arifin Universitas PGRI Ronggolawe Tuban
  • Lilik Muzdalifah

Keywords:

kemacetan, Graf Fuzzy, Waktu lampu lalu lintas, Persimpangan Kapur dan Karangwaru Kab. Tuban

Abstract

Kemacetan merupakan keadaan dimana pada saat tertentu kendaraan yang sedang berjalan melewati suatu ruas jalan berhenti dalam waktu singkat atau lama. Kemacetan yang terjadi di Persimpangan kapur dan Karangwaru Kab. Tuban dipengaruhi oleh panjang antrian, pembagian waktu lampu lalu lintas dan fase arus lalu lintas yang mengakibatkan tabrakan antar kendaraan. Tujuan dari penelitian ini adalah menentukan fase arus lalu lintas dan pembagian durasi waktu lampu lalu lintas di persimpangan Kapur dan Karangwaru dengan terori Graf Fuzzy. Pengaplikasian Metode Graf Fuzzy dalam pengaturan lalu lintas di Persimpangan Kapur dan Karangwaru Kab. Tuban dengan menggunakan sampel atau data kendaraan yang melintas, lebar jalan, luas kendaraan dan lama waktu lampu lalu lintas. Penelitian ini menghasilkan 4 fase di masing-masing persimpangan yang sebelumnya fase pada persimpangan Kapur dan Karangwaru berjumlah 3. Sehingga durasi pembagian waktu lampu lalu lintas lebih banyak dari pada sebelumnya. Durasi total pada lampu lalu lintas di persimpangan Kapur menghasilkan 161 detik dan pada Persimpangan Karangwaru menghasilkan 139 detik.

References

L. Rosyida, D. Prasetyo, and K. Suharsono, “Kajian Kecelakaan Lalu Lintas Di Jalan Arteri Pada Jalur Pantura Wilayah Tuban,” Swara Bhumi, vol. 1, no. 1, 2015.

D. Ahdi, “Perencanaan penanggulangan bencana melalui pendekatan manajemen risiko,” Reformasi, vol. 5, no. 1, pp. 13–30, 2015.

DISHUB, Laporan Akhir tahun 2020. Tuban, 2020.

M. Mariyam, A. Asparizal, and A. Azkiya, “Pengembangan Simulasi Pengendalian Lampu Lalu Lintas dan Pendeteksi Kepadatan Berbasis Arduino Mega 2560 Menggunakan LDR dan Laser,” Lentera Dumai, vol. 9, no. 2, 2018.

S. Muzaroah, M. Mulyono, M. F. Syafaatullah, and I. Rosyida, “Aplikasi Pewarnaan Graf Fuzzy dan FIS Tipe Sugeno untuk Menentukan Fase dan Durasi Tiap Fase pada Pengaturan Lampu Lalu Lintas,” in PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2019, vol. 2, pp. 516–525.

Y. E. Kurnia, M. Mulyono, and R. Rochmad, “Implementasi Algoritma Bee Colony Dengan Metode Fuzzy Mamdani Untuk Pengaturan Lampu Lalu Lintas,” Unnes J. Math., vol. 9, no. 2, pp. 64–73, 2020.

A. K. Nisa and L. Muzdalifah, “OPTIMASI WAKTU TUNGGU LALU LINTAS DENGAN MENGGUNAKAN GRAF KOMPATIBEL SEBAGAI UPAYA MENGURANGI KEMACETAN,” MathVisioN, vol. 3, no. 1, pp. 1–5, 2021.

M. Miftahurrahmah, “Aplikasi Teori Graf dalam Pengaturan Lampu Lalu Lintas.” Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 2018.

T. Mulya, V. Poekoel, J. Litouw, and R. Robot, “Perbandingan Kendali Proporsional dan Kendali Logika Fuzzy pada Lampu Lalu-lintas,” J. Tek. Elektro dan Komput., vol. 9, no. 1, pp. 11–20, 2020.

A. P. Kurniawan and A. M. Abadi, “Aplikasi Graf Fuzzy dan Aljabar Max-Plus untuk Pengaturan Lampu Lalu Lintas di Simpang Empat Beran,” J. Mat., vol. 6, no. 2, pp. 72–86, 2017.

A. I. Suyanto, “Searching, Reasoning, Planning, dan Learning (Revisi Kedua),” Bandung Inform. Bandung, 2014.

M. A. Basri, “Hubungan Tundaan Dan Panjang Antrian Terhadap Konsumsi Bahan Bakar Akibat Penyempitan Jalan (Bottleneck)(Studi Kasus Proyek Jembatan Linggarjati Jalan Adinegoro, Kota Padang),” J. Appl. Sci. Civ. Eng., vol. 2, no. 1, pp. 44–49, 2021.

S. Kusumadewi and I. Guswaludin, “Fuzzy multi-criteria decision making,” Media Inform., vol. 3, no. 1, 2005.

E. L. Diana, W. Suryaningtyas, and E. Suprapti, “Pengaturan Lampu Lalu Lintas di Persimpangan Jalan Ahmad Yani Giant dengan Aplikasi Pewarnaan Teori Graf,” MUST J. Math. Educ. Sci. Technol., vol. 1, no. 1, pp. 69–85, 2016.

S. R. Andani, “Fuzzy Mamdani Dalam Menentukan Tingkat Keberhasilan Dosen Mengajar,” in Seminar Nasional Informatika (SEMNASIF), 2015, vol. 1, no. 4.

Additional Files

Published

2022-10-31

How to Cite

Muntiani, M., Zaenal Arifin, A., & Muzdalifah, L. (2022). PENGATURAN WAKTU LAMPU LALU LINTAS DENGAN METODE GRAF FUZZY : Studi Kasus: Persimpangan Kapur dan Karangawaru Kab. Tuban. Prosiding SNasPPM, 7(1), 525–533. Retrieved from http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/1449