PENGEMBANGAN RUBRIK PENILAIAN UNJUK KERJA KOMPETENSI MENGELOLA ADMINISTRASI KAS PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN
Keywords:
Pengembangan, Rubrik, Administrasi KasAbstract
Penelitian ini bertujuan menghasilkan rubrik penilaian unjuk kerja kompetensi mengelola administrasi kas pada siswa sekolah menengah kejuruan yang valid dan reliabel. Prosedur yang dilakukan melalui empat tahap yaitu: tahap awal; tahap desain; tahap ujicoba dan revisi; dan tahap implementasi. Subjek penelitian adalah guru program keahlian Akuntansi sebanyak 12 rater yang berasal sekolah negeri swasta. Semua rater diberi penjelasan tentang penggunaan rubrik penilaian. Teknik Analisis Data untuk Validitas isi dengan indeks yang diusulkan oleh Aiken. Sedangkan Reliabilitas menggunakan koefisien korelasi antar kelas (Intraclass Correlation Coefficient) (ICC). Karena hasil hitung di atas tabel, maka dapat disimpulkan bahwa rubrik yang dikembangkan memenuhi validitas isi. Jika diestimasi dengan menggunakan Koefisien Alpha menghasilkan reliabilitas digolongan istimewa (excellent). Apabila dianalisis dengan ICC: maka rubrik yang dikembangkan dapat disimpulkan reliabel dan memiliki stabilitas yang tinggi.
References
Borg, W. R., & Gall, M. D. (1983). Educational research an introduction (4th ed.). White Plains, NY: Longman Inc.
Bresciani, M.J., Zelna, C.L., & Anderson, J.A. (2004). Assessing student learning and development: A handbook for practitioners. National Association of Student Personnel Administrators. Diambil pada tanggal 12 Mei 2013. Dari https://cms.bsu. edu/-/media/www/departmentalcontent/effecti-veness/pdfs/ lendinglibrary/assessing learndevelop.pdf?la=en
BSNP. (2006). Panduan penyusunan kurikulum tingkat satuan pendidikan dasar dan menengah. Jakarta: BSNP.
Callison, D. (2000). Rubrics. School Library Media Activities Monthly, 17(2), 34–36, 42. Diambil pada tanggal 12 Mei 2013. Dari https://eric.ed.gov/ ?id=EJ620187
Campbell, C., & Collins, V. L. (2007). Identifying essential topics in general and special education introductory assessment textbooks. Educational Measurement, Issues and Practice, 26, 9–18. Diambil pada tanggal 12 Mei 2013. Dari http://onlinelibrary. wiley.com/doi/10.1111/j.1745-3992.2 007. 00084.x/epdf?r3_ referer= wol&tracking_action=preview_click&show_checkout=1&purchase_referrer=www.google.co.id&purchase_site_license=LICENSE_DENIED
Cascio, W.F., (1992). Managing human resources, productivity, quality of work life, profits, New York: McGraw-Hill Book Company.
Luft JA (1999) Rubrics: Design and use in science teacher education. J Sci Teacher Educ 10(2):107–121. Diambil pada tanggal 21 Desember 2012 dari https://www.researchgate.net/publication/226194338_Rubrics_Design_and_Use_in_Science_Teacher_Education
Marriott, P. (2009). Students’ evaluation of the use of online summative assessment on an undergraduate financial accounting module. British Journal of Educational Tech¬nology, 40, 237–254. Diambil pada tanggal 17 Nopember 2012 dari file:///E:/datar%20pustaka_60/71_developing-criteria-rubrics-in-the-art-classroom.pdf
Permendiknas RI No. 26 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetaaensi Guru, Jakarta.
Popham, W. J. (2009). Assessment literacy for teachers: Faddish or fundamental? Theory Into Practice, 48(1), 4–11.
Stiggins, R. (2002). Assessment crisis: The absence of assessment FOR learning. Phi Delta Kappan, 83(10), 758–765. Diambil pada tanggal 15 April 2013 http://www.electronicportfolios.org/afl/Stiggins-AssessmentCrisis.pdf