PENGEMBANGAN FRONTEND SISTEM INFORMASI DESA DENGAN ARSITEKTUR MICROSERVICE

Authors

  • Suryo Atmojo universitas wijaya putra
  • Ruli Utami
  • Suzana Dewi
  • Nurwahyudi Widhiyanta
  • Nur Ali Sholikin

Abstract

Kantor Desa Pengalangan sangat membutuhkan adanya sistem informasi guna mempercepat proses pendataan, mencetak surat, mencari data dan membuat laporan sehingga kepuasan dalam pelayanan tidak hanya dapat dirasakan oleh masyarakat tetapi seluruh staff juga dapat merasakannya karena pekerjaan menjadi lebih efektif dan efisien. Peneliti membuat sistem informasi Desa Berbasis microservice pada Kantor Desa Pengalangan, yang sebelumnya telah dilakukan pengamatan terhadap kegiatan yang berjalan disana, wawancara dengan beberapa aparat desa dan studi pustaka. Microservice memungkinkan pengembangan fungsi perangkat lunak dipecah menjadi bagian – bagian service yang kecil dan terfokus menjadikan service akan memiliki kemampuan resource yang bisa diatur dengan tepat dan membagi fungsionalitas aplikasi menjadi layanan yang kecil dan saling berhubungan menjadi satu kesatuan bisnis proses aplikasi. Dalam Sistem ini pengguna dapat dengan mudah mencari data, memasukkan dan menyimpan data dengan sistem yang aman, mencetak surat dengan cepat dan menghasilkan laporan dengan hasil yang akurat. Perancangan Sistem Informasi Desa berbasis microservice ini merupakan solusi terbaik untuk memecahkan permasalahan-permasalahan yang ada di semua kantor desa khususnya Kantor Desa Pengalangan seperti tumpukan administrasi file yang semakin banyak, pembuatan laporan yang membutuhkan waktu dikarenakan proses pengumpulan data masih manual, permasalahan keamanan sistem bagi desa yang sudah menggunakan sistem informasi, dan pengembangan sistem yang tidak mudah dikarenakan harus merombak sistem yang sudah ada. Dengan sistem ini, kinerja pelayanan akan meningkat dan menjadi lebih cepat, mudah dan rapih dibandingkan sistem yang terdahulu, serta menjadikan sistem ini menjadi scalable dan keamanan sistem terjaga

References

C. Kesuma and M. D. Juniati, “Sistem Informasi Administrasi Kependudukan Desa (SIAKSA) Berbasis Web pada Desa Alangamba Kabupaten Cilacap,” J. Speed-Sentra Penelit. Eng. dan Edukasi, 2020.

W. D. Prasetyo, “Sistem Informasi Inventaris Desa berbasis Web,” Electron. These Diss. Univ. Muhammadiyah Surakarta, 2017.

Anggi Elanda, Jaka Abdul Haris, Darmansyah, Donny Apdian, “SISTEM INFORMASI PELAYANAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN DESA (SIPAKDE) BERBASIS WEB DENGAN FRAMEWORK CODEIGNITER,” J. Interkom, 2020, doi: 10.35969/interkom.v14i4.58.

A. Garindra, T. Wati, and I. W. Widi P, “Perancangan Arsitektur Microservices Untuk Resiliensi Sistem Informasi Perpustakaan Pusat (Studi Kasus UPN Veteran Jakarta),” Format J. Ilm. Tek. Inform., vol. 9, no. 2, 2021, doi: 10.22441/format.2020.v9.i2.001.

M. A. K. Perdana, “Pengembangan REST API Layanan Penyimpanan menggunakan Metode Rapid Application Development (Studi kasus PT. XYZ),” InfoTekJar (Jurnal Nas. Inform. dan Teknol. Jaringan), vol. 3, no. 1, 2018, doi: 10.30743/infotekjar.v3i1.563.

A. Qomaruddin, “Implementasi Arsitektur Microservice Menggunakan Restful API Untuk Portal Akademik PP AL-Munawwir,” J. Chem. Inf. Model., vol. 53, no. 9, 2017.

I. Budiana and I. Wibiyanti, “Perancangan Arsitektur Sistem Tiket Elektronik Kereta Api Menggunakan Kerangka Service Oriented Enterprise Architecture (Studi Kasus : Pt Railink),” Inf. (Jurnal Inform. dan Sist. Informasi), vol. 11, no. 2, 2019, doi: 10.37424/informasi.v11i2.19.

C. Setya Budi and A. M. Bachtiar, “Implementasi Arsitektur Microservices pada Backend Comrades,” Progr. Stud. Tek. Inform. Univ. Komput. Indones., 2018.

T. Prasetyo and R. P. Dhaniawaty, “Sistem Informasi Administrasi Pemerintahan Desa pada Desa Cilayung Kabupaten Kuningan,” J. Teknol. dan Inf., 2020.

A. Chowanda et al., “Sistem Pendukung Keputusan Pengendalian Stok Barang Berdasarkan Penjualan 212 Mart Menggunakan Metode Fuzzy Tsukamoto,” Opsearch, vol. 1, no. 2, 2018.

R. Akbar, “Pembangunan Aplikasi Web dengan Fitur Mobile untuk Sistem Informasi Administrasi Kependudukan Pada Kantor Wali Nagari Pagaruyung,” Semin. Nas. Sains dan Teknol. 2017, 2017.

R. Kurniati, J. Jaroji, and A. Agustiawan, “Sistem Layanan Mandiri Di Kantor Desa Berbasis Web,” INOVTEK Polbeng - Seri Inform., 2018, doi: 10.35314/isi.v3i1.326.

agnitia L. Mita, T. Muhamad, and A. Surtika, “Sistem Informasi Pengolahan Data Administrasi Kependudukan Pada Kantor Desa Pucung Karawang,” J. Interkom Vol. 13 No. 3, 2018.

K. Munonye and P. Martinek, “Evaluation of Data Storage Patterns in Microservices Archicture,” 2020. doi: 10.1109/SoSE50414.2020.9130516.

R. Parlika, R. Sandyca, B. Andreanto, M. Ihsanur, and A. Fahri, “Implementasi Otentikasi Dengan Teknologi QR-Code Berbasis Android Menggunakan CodeIgniter Dan React Native,” e-NARODROID, vol. V, no. 2, 2019.

D. Kaushik, V., Gupta, K., Gupta, “React Native Application Development,” CAMA Cent. Appl. Macroecon. Anal., vol. 7, no. 3, 2020.

Additional Files

Published

2022-10-31

How to Cite

Atmojo, S., Ruli Utami, Suzana Dewi, Nurwahyudi Widhiyanta, & Nur Ali Sholikin. (2022). PENGEMBANGAN FRONTEND SISTEM INFORMASI DESA DENGAN ARSITEKTUR MICROSERVICE . Prosiding SNasPPM, 7(1), 534–538. Retrieved from http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/1451