PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS STEM UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA

DI SMA MA'ARIF 2 BRONDONG

Authors

  • IDA AYU FITRIA Universitas PGRI Ronggolawe
  • dumiyati dumiyati Universitas PGRI Ronggolawe

Keywords:

media pembelajaran, interaktif, E-Modul, Android

Abstract

Seorang guru harus mampu membentuk pembelajaran yang menarik dan menyenangkan, untuk mendapatakan kualitas peserta didik yang baik. Kebanyakan guru dan siswa masih menggunakan bahan ajar yang konvensial. Sebagai penulis mengembangkan media berbentuk e-modul berbasis STEM pada pelajaran Ekonomi Ketenagakerjaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk, berupa E-modul berbasis STEM pada Pelajaran Ekonomi pada materi ketenagakerjaan digunakan  sebagai media dalam membantu belajar peserta didik kelas XI- SMA Ma’arif 2 Brondong. Penelitian ini menggunakan model Desain ADDIE. Kemudian jenis data yang digunakan adalah kuantitatif dan kualitatif dengan skala likert, instrumen pengumpulan data menggunakan lembar validasi, teknik analisis data yang digunakan berupa teknik analisis data deskriptif. Dalam hal ini peneliti mengembangkan modul pembelajaran yang kemudian diuji oleh 3 Ahli Validasi, yaitu validasi materi, validasi desain media, dan validasi bahasa. Yang bertujuan untuk mengetahui kevalidan modul pembelajaran tersebut. Hasil penelitian ini diperoleh data sebagai berikut. Data dari validasi ahli Materi sebesar 95% dinyatakan valid, ahli desain media sebesar 85% dinyatakan valid, dan ahli bahasa sebesar 90,62% dinyatakan valid, hasil rata-rata 3 validasi sebesar 90,21 menunjukkan produk yang dikembangkan tergolong sangat valid dan layak digunakan. Hasil dari kepraktisan dilihat darinrespon guru sebesar 90,62% dinyatakan praktis. Kefektifan produk dilihat dari hasil belajar secara klasikal yaitu sebesar 100% menunjukkan pembelajaran tuntas dan efektif. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa produk e-modul berbasis STEM yang dikembangkan sangat valid, praktis dan efektif sehingga layak digunakan dalam pembelajaran kelas.

 

Kata Kunci: e-modul; STEM; Kemandirian Belajar; Keefektifan; Kepraktisan

References

syahiddah, d. s., putra, p. d. a., & supriadi, b. (2021). pengembangan e-modul fisika berbasis stem (science, technology, engineering, and mathematics) pada materi bunyi di sma/ma. jurnal literasi pendidikan fisika,2(1),1-8.

Mulyasari, P. J. (2021). Pengembangan E-Modul Berbasis STEM untuk Meningkatan Kemandirian Belajar dalam Pembelajaran Jarak Jauh pada Mata Pelajaran Ekonomi. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 2220-2236.

Arnila, R., Purwaningsih, S., & Nehru, N. (2021). Pengembangan E-Modul Berbasis STEM (Science, Technology, Engineering and Mathematic) pada Materi FLuida Statis

dan FLuida Dinamis Menggunakan Software Kvisoft Flipbook Maker. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 5(1), 551-556

Hasanah, L. (2019). "Pengembangan modul bioteknologi berbasis STEAM (science, technology, engineering, arts, and matematics) dilengkapi animasi flash untuk pembelajaran biologi di SMA/MA". Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan. Jurusan Pendidikan MIPA. Universitas jember. Jember

Meishanti, O. P. Y. (2021). Pengembangan E-Modul Berbasis Stem (Science Technologi Engineering And Mathematic) Materi Sistem Pernapasan. EDUSCOPE: Jurnal Pendidikan, Pembelajaran, dan Teknologi, 7(1), 44-48.

FITRIYANI, Z. (2020). Pengembangan E-Modul berbasis STEM (Science, Technology, Engineering, And Mathematics) berbantuan android pada materi segiempat (Doctoral dissertation, FKIP).

Marsitin, R., & Sesanti, N. R. Pengembangan E-Modul Statistika Matematika Berbasis STEM

ARNILA, R. (2021). Pengembangan E-Modul Berbasis Stem (Science, Techonology, Engineering And Mathematic) Pada Materi Fluida Statis Dan Fluida Dinamis Di Sma N 6 Kota Jambi (Doctoral dissertation, Universitas Jambi).

Febriana, N. Y. (2022). PENGEMBANGAN E-MODUL ELASTISITAS DAN HUKUM HOOKE BERBASIS STEM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, MATHEMATICS) PADA ANDROID (Doctoral dissertation, Universitas Jambi).

Widodo, G. (2018). PENGEMBANGAN E-MODUL SEJARAH PERANG KEMERDEKAAN DI JEMBER BERBASIS PROJECT BASED LEARNING MENGGUNAKAN MODEL ADDIE UNTUK SMA KELAS XI IPS

Salampessy, Y. M., & Suparman, S. (2019). ANALISIS KEBUTUHAN E-MODUL BERBASIS PBL BERPENDEKATAN STEM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KREATIF. PROSIDING SENDIKA, 5(1).

Wirawan, I. M. P., Wulandari, I. G. A. A., & Agustika, G. N. S. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Interaktif Berbasis Pendekatan STEAM pada Muatan IPS Siswa Kelas V SD NO. 3 Sibanggede. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 6(1).

Dwijayanthi, A. A. A. (2022). Systematic Literature Review: Pengembangan Pembelajaran Berbasis ICT (Information Communication Technology) Sebagai Upaya Realisasi Kemerdekaan Belajar Peserta Didik. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 12(2), 270-281.

Abdurrahman, A. Laporan akhir penelitian PENGEMBANGAN KURIKULUM STEM PENDIDIKAN DASAR UNTUK MEMBEKALI PENGETAHUAN DAN KETERAMPILAN PESERTA DIDIK DALAM MENGHADAPI PANDEMIK DAN KRISIS PERUBAHAN IKLIM GLOBAL MENUJU MASYARAKAT TANGGUH DI ERA NEW NORMAL.

Aswirna, P., Kiswanda, V., Nurhasnah, N., & Fahmi, R. (2022). Implementation of STEM E-Module with SDGs Principle to Improve Science Literacy and Environment-friendly Attitudes in Terms of Gender. JTK (Jurnal Tadris Kimiya), 7(1), 64-77.

Additional Files

Published

2023-01-28

How to Cite

FITRIA, I. A., & dumiyati, dumiyati. (2023). PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS STEM UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA: DI SMA MA’ARIF 2 BRONDONG. Prosiding SNasPPM, 7(2), 1287–1295. Retrieved from http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/1453