PENGEMBANGAN MEDIA STACKO ABJAD UNTUK PEMBELAJARAN MENGENAL HURUF PADA ANAK USIA DINI

Authors

  • Amila Nafiya Universitas PGRI Ronggolawe Tuban
  • Citra Dewi Rosalina Arifin Universitas PGRI Ronggolawe Tuban

Keywords:

stacko abjad, mengenal huruf

Abstract

Penelitian ini adalah jenis penelitian pengembangan yang natinya terciptaa sebuah produk berupa media Stacko Abjad. Adapun tujuan dari pengembangn media pada penelitian ini yaitu-terciptanya sebuah produk media Stacko Abjad yang merupakan pengembangan dari media permainan Uno  Stacko. Media pada penelitian ini memiliki pengaruh yang cukup baik pada perkembangan media-pembelajaran untuk anak usia dini. Terutama pada kemampuan mengenal huruf abjad pada anak. Penelitan ini menggunakan Model pengembangan Sugiyono yaitu (1) potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi desain, (5) revisi produk. Sesuai dengan hasil analisis uji kelayakan pada penelitian pengembangan ini, untuk validasi ahli materi mendapatkan hasil 71,5% (layak dengan revisi) dan untuk validasi ahli media 84% (sangat layak dengan revisi).

References

Suyadi dan Maulidya Ulfah. 2015. Konsep Dasar Paud. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Shunhaji, A., & Fadiyah, N. 2020. Efektivitas alat peraga edukatif (APE) balok dalam mengembangkan kognitif anak usia dini. Alim| Journal of Islamic Education, 2(1), 1-30.

Suryana, D. 2021. Pendidikan anak usia dini teori dan praktik pembelajaran. Prenada Media.

Eliza, D. 2017. Pengembangan model pembelajaran karakter berbasis cerita tradisional Minangkabau untuk anak usia dini. Pedagogi: Jurnal Anak Usia Dini dan Pendidikan Anak Usia Dini, 3(3b).

Peraturano Menterio Pendidikan Dan Kebudayan Republic Indonesia Nomor 137 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 PAUD

Ambiyar, N. J. (2016). Media dan sumber pembelajaran. Jakarta: Kencana

Suryana,.N. A. R. D. Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini Tentang Mengenal Huruf Dan Membaca Dalam Penerapan Kurikulum 2013 Di Taman Kanak-Kanak.

Zaini, H., & Dewi, K. 2017. Pentingnya media pembelajaran untuk anak usia dini. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 81-96.

Schmorrowo dan Fidopiatisn. 2015. Foundationn of Augmented Cognition. Switzerland: Springer Internasioanl Publising.

Pidriyah, R., & Hasibuan, R. (2014). PENGARUH MEDIA UNO STAKO TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL KEAKSARAAN PADA ANAK KELOMPOK A DI TK DHARMA WANITA DOROAMPEL TULUNGAGUNG Riyatoipatul Pidriyah. Jurnal PAUD Teratai. Volume 07 Nomor 02 Tahun 2018 Kemampuan, (137), 1-4.

Purnama, S. 2016. Metode penelitian dan pengembangan (pengenalan untuk mengembangkan produk pembelajaran bahasa. Arab). LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), 4(1), 1-16

Haryati, S.(n.d). Sebagi Salah Satu Model Penelitian. 11-26

Setiawan, A. (2016). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Matematika Pada Materi Fungsi Kuadrat Berbasis Rme Untuk Siswa SMS/MA. Iqra’: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan, 1(1), 169–178.

Sintara, S.pT., & Pramusinto,oH. 2015. Pengaruh Penerapan Sistem Moving Class Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Pengantar Administrasi Perkantoran Siswa Kelas Xi Program Keahlian Administrasi Perkantoran Di Smk Negeri 9 Semarang Tahun Ajaran 2014/2015. Economic Education Analysis Journal, 4(3).

Jogiyanto Hartono, M. (Ed.). 2018. Metoda Pengumpulan dan Teknik Analisis Data. Penerbit Andi.

Additional Files

Published

2022-10-31

How to Cite

Amila Nafiya, & Citra Dewi Rosalina Arifin. (2022). PENGEMBANGAN MEDIA STACKO ABJAD UNTUK PEMBELAJARAN MENGENAL HURUF PADA ANAK USIA DINI. Prosiding SNasPPM, 7(1), 962–966. Retrieved from http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/1456