EXPLORING EFL STUDENTS’ WRITING DIFFICULTIES: FROM DIMENSIONS TO ERRORS
Keywords:
kesulitan menulis, dimensi menulis, analisis error, menulis esaiAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi kesulitan mahasiswa dalam menulis yang akan diteliti melalui dimensi writing dan eror yang banyak dihadapi oleh mahasiswa dalam mata kuliah Essay Writing. Penelitian deskriptif dengan desain explanatory digunakan sebagai metode dalam penelitian ini untuk menginvestigasi kesulitan mahasiswa dalam menulis yang akan dianalisis dari nilai menulis dan konstruksi kalimat di dalam esai sebab-akibat. Secara purposive, sebanyak 25 mahasiswa semester empat yang mengikuti mata kuliah Essay Writing menjadi subjek dari penelitian ini. Tes Menulis Esai (EWT) digunakan untuk memperoleh data tulisan mahasiswa. Hasil dari pengumpulan data berbentuk nilai menulis mahasiswa yang dibandingkan dari lima dimensi mahasiswa yaitu (isi, organisasi, struktur bahasa, kosakata, dan aturan bahasa tertulis) and analisis eror pada level kata dan kalimat. Eror yang sudah dianalisa kemudian diklasifikasi berdasarkan tipe error. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dimensi menulis mahasiswa berada pada poin 2-3 berdasarkan rubrik penilaian yang berarti bahwa mahasiswa masih berada pada tingkat penulis dasar dan bawah dasar. Selain itu, eror yang banyak ditemukan dalam esai meliputi penulisan huruf kapital, tanda baca, kalimat tanpa subjek atau predikat, ejaan, persetujuan subjek-predikat, kalimat tidak efektif karena penerjemahan langsung dari Bahasa Indonesia, pemilihan kata, kata benda, kata depan, predikat, kata sifat, artikel, susunan kata, kalimat pasif, dan kepemilikan (‘s). Hasil dari penelitian ini bisa menjadi data dasar bagi guru/dosen untuk mengetahui kesulitan-kesulitan mahasiswa dalam menulis secara menyeluruh dari dimensi menulis dan tipe-tipe eror dan selanjutnya untuk membantu mahasiswa menulis lebih baik.
References
Casanave, C. P., & Hubbard, P. 1992. The Writing Assignments and Writing Problems of Doctoral Students: Faculty Perceptions, Pedagogical Issues, and Needed Research. English for Specific Purposes, 11(1): 33-49.
Chuang, F-Y., & Nesi, H. 2006. An analysis of formal errors in a corpus of Chinese student writing. Corpora, 1, 251-271.
Demirel, E. T. 2017. Detection of Common Errors in Turkish EFL Students’ Writing through a Corpus Analytic Approach. English Language Teaching, 10 (10), 159-178.
Díez-Bedmar, M. B. & Papp, S. 2008. The use of the English article system by Chinese and Spanish learners. In G. S. Gilquin, S. Papp, & M. B. Díez-Bedmar (Eds.) Linking Up: Contrastive and Learner Corpus Research. pp. 147-175. Amsterdam: Rodopi.
Feifer, S. 2013. Psychopathology of Disorders of Written Expression and Dysgraphia. In A.S. Davis (Ed.), Psychopathology of Childhood and Adolescence (pp. 145–157). New York: Springer Publishing Company.
Flower, L., & Hayes, J. 1980. The Dynamics of Composing: Making Plans and Juggling constraints. In L. Gregg & R. Steinberg (Eds.), Cognitive Processes in Writing (pp. 31–50). Hillsdale, NJ: Erlbaum.
Graham, S. 2006. Strategy Instruction and the Teaching of Writing. In C. MacArthur, S. Graham, & J. Fitzgerald (Eds). Handbook of writing research (pp. 187–207). NY: Guilford.
Hammann, L. 2005. Self-regulation in Academic Writing Tasks. International Journal of Teaching and Learning Higher Education, 17(1), 15-26.
Hawkins, J., & Buttery, P. (2010). Criterial features in learner corpora: Theory and illustrations. English Profile Journal, 1, 1-23.
Hei, K. C. & David, M. K. 2015. Basic and Advanced Skills They Don’t Have: The Case of Postgraduates and Literature Review Writing. Malaysian Journal of Learning and Instruction 12, 131-150.
Phuket, P. R. N. & Othman, N. B. 2015. Understanding EFL Students’ Errors in Writing. Journal of Education and Practice, 6 (32), 99-106.
Sermsook, K., Liamnimitr, J., & Pochakorn, R. 2017. An Analysis of Errors in Written English Sentences: A Case Study of Thai EFL Students. English Language Teaching, 10 (3), 101-110.
Wells, C. S. & Wollack, J. A. 2003. An Instructor’s Guide to Understanding Test Reliability, Testing and Evaluation Services. Madison: University of Wisconsin.