PENGEMBANGAN RUBRIK PENILAIAN DIMENSI BERGOTONG ROYONG DALAM PENGEMBANGAN PROJECT PROFIL PELAJAR PANCASILA
Keywords:
Pengembangan, Rubrik, Begotong-royong, Profil Pelajar PancasilaAbstract
Tujuan penelitian ini adalah mendapatkan rubrik penilaian dimensi bergotong-royong dalam pengembangan project profil pelajar Pancasila yang valid dan reliabel. Prosedur yang dilakukan melalui empat tahap yaitu tahap awal, tahap desain, tahap uji-coba dan revisi, serta tahap implementasi. Subyek penelitian sebanyak dua belas guru (rater) yang sebelumnya diberi penjelasan tentang teknik penggunaan rubrik penilaian yang dikembangkan. Uji validitas menggunakan kesepakatan para ahli dengan indeks yang diusulkan oleh Aiken. Uji Reliabilitas menggunakan koefisien korelasi antar-kelas (Interclass Correlation Coeficient). Karena hasil perhitungan uji validitas rubric penilaian yang dikembangkan di atas table, maka rubrik ini sudah memenuhi validitas isi. Sedangkan hasil perhitungan koefisien alpha digolongkan istimewa, dan hasil perhitungan koefisien korelasi antar-kelas memilki stabilitas yang tinggi.
References
Churches, A. (2015). A guide to formative and summative assessment and rubric development. 21st Century Project.
Garfolo, B. T., Kelpsh, E. P., Phelps, Y., & Kelpsh, L. (2016). The use of course embedded signature assignments and rubrics in programmatic assessment. Academy of Business Journal, 8–20.
Haladyna, T. M., & Rogriguez, M. C. (2013). Developing and validating test items. New York: Routledge.
Stevens, D. D., & Levi, A. J. (2013). Introduction to rubrics. Stylus Publishing (2nd ed.). Sterling.
Churches, A. (2015). A guide to formative and summative assessment and rubric development. 21st Century Project.
Lovorn, Michael, G., & Rezaei, A. R. (2011). Assessing the assessment: rubrics training for pre- service and new in-service teachers. Practical Assessment, Research & Evaluation, 16, 1–18.
Company, P., Contero, M., Otey, J., Camba, J. D., Agost, M. J., & Pérez-López, D. (2017). Web-Based system for adaptable rubrics case study on CAD assessmend. Educational Technology and Society, 20(3), 24–41.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2020) Kajian Pengembagan Porfil Pelajar Pencasila
Kurniawati, D., & Mawardi. (2021). Pengembangan Instrumen Penilaian Sikap Gotong Royong dalam Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan 3(3), 641-648.
Kusumawati, T. (2015). Pengembangan Instrumen Penilaian Ranah Afektif Mata Pelajaran Aqidah Akhlak. Smart, 1(1), 111–123. https://doi.org/10.18784/smart.v1i1.233
Yusup, F. (2018). Uji Validitas dan Reliabilitas Instrumen Penelitian Kuantitatif. JurnalTarbiyah : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(1), 17–23.
Azwar, S. . 2019. Penyusunan Skala Psikologi.Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Ningdyah, A. E. M., Greenwood, K. M., & Kidd, G. (2018). A Training-Model Scale’s Validity and Reliability Coefficients: Expert Evaluation in Indonesian Professional Psychology Programs. Makara Human Behavior Studies in Asia, 22(1), 56.
Retnawati, H. (2016). Analisis Kuantitatif Instrumen Penelitian (Panduan Peneliti, Mahasiswa, dan Psikometrian). Parama Publishing.
Baryla, E., Shelley, G., & Trainor, W. (2012). Transforming rubrics using factor analysis. Practical Assessment, Research & Evaluation, 17(4), 1–7.
Haladyna, T. M., & Rogriguez, M. C. (2013). Developing and validating test items. New York: Routledge.
Garfolo, B. T., Kelpsh, E. P., Phelps, Y., & Kelpsh, L. (2016). The use of course embedded signature assignments and rubrics in programmatic assessment. Academy of Business Journal, 8–20.
Kunandar. (2014). Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013). Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Hamzah B. Uno & Satria Koni. (2014). Assesment Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara