STUDI PENGGUNAAN STATISTIKA DESKRIPTIF DALAM SKRIPSI MAHASISWA PENDIDIKAN MATEMATIKA UNIROW

Authors

  • Eriska Fitri Kurniawati Universitas PGRI Ronggolawe

Keywords:

Studi, Statistika deskriptif, skripsi Mahasiswa

Abstract

Statistika adalah ilmu yang mempelajari tentang cara mengumpulkan data, cara mengolah atau menganalisis dan menarik kesimpulan berdasarkan data dan analisis yang dilakukan. Dalam penelitian di berbagai bidang, statistika banyak digunakan terutama terkait dengan teknik analisis data dalam penelitian tersebut. Penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan penggunaan statistika Deskriptif dalam Skripsi mahasiswa Pendidikan Matematika FKIP UNIROW Tuban pada Tahun Akademik 2015/2016. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode dokumentasi dengan instrumen penelitian check-list yaitu check-list teknik analisis data yang digunakan dalam Skripsi Mahasiswa Pendidikan Matematika FKIP UNIROW Tuban pada Tahun Akademik 2015/2016. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Skripsi Mahasiswa Pendidikan Matematika yang menggunakan penelitian statistika deskriptif lebih banyak daripada yang menggunakan statistika induktif (inferensial), dimana yang menggunakan statistika deskriptif sebanyak 86 Skripsi Mahasiswa (81,1%) dan yang tidak menggunakan penelitian deskriptif sebanyak 20 Skripsi Mahasiwa (18,9%).

References

Arifin, Zaenal. 2008. Metodologi Penelitian Pendidikan Filosofi, Teori & Aplikasinya. Surabaya: Lentera Cendikia.
Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.Jakarta: Rineka Cipta
Emzir. 2007. Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif dan Kualitatif.Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Hamidi. 2007. Metodologi Penelitian dan Teori Komunikasi. Malang:UMM Suliyanto. 2014. Statistik NonParametrik dalam Aplikasi Penelitian.Yogyakarta: Penerbit Andi.
Susetyo, Budi. 2010. Statistika untuk Analisis Data Penelitian. Bandung: Refika Aditama.
Turmudi dan Harini, Sri.2008.Metode Statistika Pendekatan Teoritis dan Aplikatif. Malang: UIN-Malang Press.

Additional Files

Published

2018-09-29

How to Cite

Eriska Fitri Kurniawati. (2018). STUDI PENGGUNAAN STATISTIKA DESKRIPTIF DALAM SKRIPSI MAHASISWA PENDIDIKAN MATEMATIKA UNIROW. Prosiding SNasPPM, 3(1), 84–86. Retrieved from http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/148