PENGEMBANGAN MEDIA PERMAINAN SCRABBLE HURUF UNTUK PEMBELAJARAN KOSAKATA ANAK KELOMPOK B

Authors

  • Thiflah Nilam Alfaini Universitas PGRI Ronggolawe Tuban
  • Kholifah Universitas PGRI Ronggolawe Tuban

Keywords:

scrabble huruf, perkembangan bahasa kosakata

Abstract

Media pembelajaran sangat penting dalam proses pembelajaran terutama pada anak usia dini. Media pembelajaran juga dapat mempengaruhi minat belajar anak. Perkembangan bahasa merupakan aspek perkembangan yang sangat penting untuk di ajarkan kepada anak sejak usia dini untuk melakukan komunikasi kedepannya. Dari observasi yang saya lakukan di Tk 'Aisyiyyah 33 Wedung saya menemukan permasalahan berupa peserta didik masih kesulitan dalam membedakan huruf, yang menyebabkan pencapaian perkembangan bahasa belum tercapai. Penggunaan media yang hanya Lembar Kerja Anak (LKA) dan kartu huruf juga mempengaruhi minat belajar anak, dimana anak sudah merasa tidak nyaman dan jenuh dengan media yang di gunakan oleh guru. Oleh sebab itu diperlukan pengembangan media pembelajaran yang dapat menarik minat belajar anak terutama dalam pengembangan bahasa khususnya kosakata. Dari permasalahan tersebut peneliti mencoba mengembangkannya dengan media permainan scrabble huruf yang di kembangankan dari media scrabble sendiri pada umumnya. Media permaianan scrabble huruf diyakini dapat menjadi media alternatif dalam pembelajaran kosakata pada anak kelompok B di TK 'Aisyiyyah 33 Wedung. Penelitian ini menggunakan metodologi penelitian Research and Development (R&D), dengan prosedur pengembangan. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui validitas desain dan pengembangan media scrabble huruf untuk pembelajaran kosakata anak kelompok B Tk 'Aisyiyyah 33 Wedung. Hasil validasi ahli media rata-rata presentase yaitu 92,5% dan penilaian ahli materi rata-rata presentase yaitu 90%. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu permainan media scrabble huruf layak digunakan sebagai media pembelajaran kosakata bagi anak kelompok B TK 'Aisyiyyah 33 Wedung.

 

References

Kustiawan, U. (2016). Pengembangan media pembelajaran anak usia dini

Sofyan, H. (2015). Perkembangan anak usia dini dan cara praktis peningkatannya

Jannah, Si. N. (2019). PENGARUH MEDIA KERETA HURUF TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI ANAK KELOMPOK B PAUD BABUSSALAM PANDEAN DURENAN TRENGGALEK. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951-952

Suhartono. (2005:14) dalam Yuvitasari,I. (2015). Peningkatan Kemampuan Mengenal Kata Melalui Metode Permainan Ular Tangga Kata Pada Anak Kelompok A TK Sinar Melati I Sariharjo Ngaglik Sleman Yogyakarta. Pendidikan Guru Paud S-1

Indrawati, S. (2018). PENGEMBANGAN KEMAMPUAN KEAKSARAAN MELALUI MEDIA TEKA-TEKI BERGAMBAR PADA ANAK KELOMPOK A DI TK ISLAM ASSALAM DESA TLOGO KECAMAB AN TUNTANG KABIPATEN SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2017 / 2018 SKRIPSI Diajukan untuk Memperoleh Gelar Sarjana Pendidikan (S. Pd.).

Lestari, D. I. (2020). Keefektifan Pembelajaran Keaksaraan Awal Menggunakan Media Buku Anak berbasis Augmented Reality (AR) di TK Islam Terpadu Bina Amal 2 Semarang. Skripsi Universitas Negeri Semarang.

Zaman, B. & Hermawan, H. (2016). media dan sumber belajar paud. Universitas terbuka.

Philia, prawastiningtyas devita. (2015). Pengembangan Media Apron Hitung Untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Pkk Kertini Padokan Kidul Tirtonirmolo Kasihan Bantul. Journal of Chemical Information and Modeling, 2(4), 1689-1699.

Tarigan, Henry. 2015. Pengajaran Kosakata. Bandung: Angkasa.

Muspawi, M., Suryani, I., & Rahayu, A. Y. (2020). Penerapan Permainan Scrabble Untuk Meningkatkan Penguasaan Kosakata Anak. Jurnal Sains Humaniora, 4 (1), 1-9.

Alawiyah,dkk. 2018. Pengaruh metode bercerita dongeng sikecil terhadap penguasaan kosakata pada anak kelompok B di Ra Az-zahro Kecamatan Mranggen Kabupaten Demak Tahun 2018/2019. Jurnal penelitian dan bidang pendidikan anak usia dini.http://dx.doi,org./10.26877paudia.v7i2.3265.

Rahayu, A. Y. (2020). MENINGKATKAN PENGUASAAN KOSAKATA ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI PERMAINAN SCRABBLE DI TK DHARMA WANITA MENDALO DARAT. Skripsi Universitas Jambi.

https://ejournal.unesa.ac.id/index.pengembangan permainan scrabble modifikasi. Pdf

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Dan Pengembangan (Pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D). ALFABETA CV

Additional Files

Published

2022-10-31

How to Cite

Thiflah Nilam Alfaini, & Kholifah. (2022). PENGEMBANGAN MEDIA PERMAINAN SCRABBLE HURUF UNTUK PEMBELAJARAN KOSAKATA ANAK KELOMPOK B. Prosiding SNasPPM, 7(1), 979–984. Retrieved from http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/1483