PENGARUH KEEFEKTIFAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INTERAKTIF SRATEGI PROBLEM SOLVING TERHADAP HASIL BELAJAR
Keywords:
interaktif, strategi problem solving, hasil belajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh model pembelajaran interaktif sreategi problem solving terhadap hasil belajar siswa kelas X SMA MA’ARIF Brondong tahun ajaran 2021/2022. Dalam pengamatan yang dilakukan, masih rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi materi harga keseimbangan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi eksperime. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X-A yang berjumlah 20 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas X-B yang berjumlah 20 siswa sebagai kelas kontrol, jadi jumlah responden keseluruhan adalah 40 siswa. Instrumen yang digunkan adalah tes hasil belajar, desain penelitian ini menggunakan Pretest & Postest Control Group Desing, dengan kondisi awal hasil belajar sebelum digunakan model pembelajaran interaktif strategi problem solving (Pretest) siswa seimbang. Rata-rata hasil belajar (pretest) diperoleh kelas eksperimen 48,25 dan kelas kontrol 34,45, sedangkan rata-rata hasil belajar setelah diterapkan model pembelajaran interktif strategi problem solving (postest) diperoleh kelas eksperimen 79,65 dan kelas kontrol 67,2. Analisis data perhitungan uji hipotesis diperoleh thitung = 2,323 > ttabel = 20,24. Maka hal tersebut menunjukkan ( HO ) ditolak dan ( Ha ) diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran interaktif strategi problem solving terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X SMA MA’ARIF Brondong.
References
Rifai, A. (2019). Administrasi dan Supervisi Pendidikan.
Inkiriwang, Rizky Rinaldy. "Kewajiban negara dalam penyediaan fasilitas pendidikan kepada masyarakat menurut undang-undang nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidkan nasional." Lex Privatum 8.2 (2020).
Syaharuddin, Syaharuddin. "Pembelajaran Sejarah Lokal di Sekolah." (2020).
Alhadiyansyah, Wahyu, Jumroh Jumroh, and Anggria Septiani Mulbasari. "PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MELALUI MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) KELAS VIII." Jurnal Math-UMB. EDU 7.1 (2019).
Herlawan, H., & Hadija, H. (2017). Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VII melalui penerapan model pembelajaran creative problem solving (CPS) berbasis kontekstual. JP3M (Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pengajaran Matematika), 3(1), 33-38.
Ginting, D. A. E. R. (2020). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 8 MEDAN TAHUN AJARAN 2020/2021.
AFRIANI, LINDA. PENGGUNAAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN RASA INGIN TAHU DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA TEMA INDAHNYA KEBERSAMAAN DAN SUBTEMA KEBERSAMAAN DALAM KEBERAGAMAN (Penelitian Tindakan Kelas Di Kelas IV SDN Neglasari 4 Kota Bandung Tahun Ajaran 2017/2018). Diss. FKIP Unpas, 2017.
Sumiyati, Elfa. "penggunaan model pembelajaran interaktif berbasis aktivitas untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas vi pada pelajaran pkn sd negeri 09 kabawetan." Jurnal PGSD: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar 10.2 (2017): 66-72.
Sugiyono, 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta, Bandung.
Suantara, I. Kadek Tony, Ni Nyoman Ganing, and I. Gusti Agung Ayu Wulandari. "Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share Berbantuan Media TTS terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA." Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar 3.4 (2019): 462-470.
Susanti, Utia Virli, and Arbi Yasin. "Metode Pembiasaan Dalam Perkembangan Moral Dan Nilai-Nilai Agama Terhadap Perilaku Belajar Anak." Qurroti: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini 2.2 (2020).
WAHIDMURNI, Wahidmurni. Pemaparan metode penelitian kualitatif. 2017.
Harefa, Darmawan. "Perbedaan Hasil Belajar Fisika Melalui Model Pembelajaran Problem Posing Dan Problem Solving Pada Siswa Kelas X-MIA SMA Swasta Kampus Telukdalam." SINASIS (Seminar Nasional Sains). Vol. 1. No. 1. 2020.
Sarumaha, A. (2018). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA KELAS IX SMP NEGERI 1 FANAYAMA TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017. Jurnal Education and development, 3(1), 73-73.
Yandiana, S. N., & Ariani, Y. (2020). Pengaruh Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik (PMR) terhadap Hasil Belajar Pecahan di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(3), 2945-2951.