ANALISIS PERENCANAAN KURIKULUM MERDEKA DI MADRASAH TSANAWIYAH MANBAIL FUTUH JENU

Authors

  • Dian Okta Lestari Universitas PGRI Ronggolawe Tuban
  • Surawan Surawan Universitas PGRI Ronggolawe Tuban

Keywords:

kurikulum merdeka, kurikulum 2013

Abstract

Kurikulum mempunyai salah satu kompenan penting yang ada pada Pendidikan di Indonesia. Kurikulum Merdeka merupakan kurikulum yang baru direncanakan oleh satuan Pendidikan di Indonesia. Salah satu sekolah yang akan merencakan Kurikulum Merdeka yaitu Madrasah Tsanawiyah Manbail Futuh Jenu, yang akan melaksanakan pada tahun ajaran 2023/2024. Penelitian ini bertujuan untuk, (1) Mendiskripsikan  perencanaan kurikulum merdeka di Madrasah Tsanawiyah Manbail Futuh Jenu. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara. Subjek penelitian ini yaitu Kasi Pendidikan Madrasah Kementrian Agama Kabupaten Tuban dan Kepala Madrasah Tsanawiyah Manbail Futuh Jenu serta Wakil Kepala Kurikulum. Teknik analisis data ini menggunakan tiga tahapan yaitu, reduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa sekolah Madrasah Tsanawiyah Manbail Futuh Jenu belum melaksanakan Kurikulum Merdeka pada tahun ajaran 2022/2023, dan akan melaksanakan pada tahun ajaran baru 2023/2024 hal itu dikarenakan bahwa madrasah baru saja mengikuti sosialisasi yang diselenggarakan oleh Kementrian Agama, kepada pihak Madrasah hanya dihadiri oleh Kepala Madrasah, Wakil Kepala Kurikulum, dan satu guru kelas. Proses perencanaan Kurikulum Merdeka pada sosialisasi salah satunya menjelaskan tahapan pada Kurikulum Merdeka dan perubahan nama perangkat pembelajaran. Perubahan kurikulum ini hal yang wajar yang terjadi setiap pergantian mentri, tapi bukan pada perubahan saja tapi juga untuk meningkatkan kualitas  pada pembelajaran setelah adanya pandemi COVID-19.

 

Kata Kunci: Kurikulum; Kurikulum Merdeka; Perencanaan

References

Acharya.Widya.2014.Landasan Hukum Penyusunan Perencanaan Pembelajaran Bagi Guru Dalam Mengimplementasikan Kurikulum 2013.FKIP Universitas Dwijendra.Denpasar Kurka.(2022).

Suhanda.Andar2013.PerencanaanKurikulum Di SMP Negeri 3 Singkawan.UNY.Yokyakarta

Struktur Kurikulum Merdeka SMP dan Alokasi Waktunya. Diakses 30 Juni 2022.

https://kurikulummerdeka.com/struktur-kurikulum-merdeka-smp-dan-alokasi-waktunya/

Kurikulum Merdeka. Diakses 30 Juni 2022

https://kurikulum.kemdikbud.go.id/kurikulum-merdeka/

Sugiono.2013.Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan

R & D.Bandung

Iskandar.Sofyan.dkk.2022.Perkembangan dan Penerapan Kurikulum Serta Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19.Universitas Pendidikan Indonesia

Rahayu.Yulia.dkk.2022.Kesiapan Profesionalisme Guru Bahasa Inggris SMK Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka.Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.Surabaya

Keunggulan Pada Kurikulum Merdeka. Diakses 31 Juli 2022 https://ditsmp.kemdikbud.go.id/mengenal-tiga-keunggulan-kurikulum-merdeka/

Jumarto dkk.2021.Analisis Problema Pembelajaran Daring Terhadap Pendidikan Karakter Peserta Didik.Universitas Negeri Padang.Padang

Sugiono.2013.Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan

R & D.Bandung

Hidayati,Abna.2014.Desain Kurikulum Pendidikan Karakter.Universitas Negeri

Padang.Padang

Aziz,Rosmiaty.2004.Implementasi Pengembangan Kurikulum.UIN Alauddin

Makassar.Makkasar

Bahri,Syamsul.2011.Pengembangan Kurikulum Dasar Dan Tujuan.IAIN Ar-Raniry.Banda Aceh.Aceh

Suryapermana.Nana.2017.Manajemen Perencanaan Pembelajaran.UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.Banten

Perbandingan kurikulum merdeka dengan kurikulum 2013. Diakses 30 Juni 2022 https://kurikulum.kemdikbud.go.id/perbandingan/?jenjang=4&kurikulum1=1&kurikulum2=4

Additional Files

Published

2023-02-03

How to Cite

Lestari, D. O., & Surawan, S. (2023). ANALISIS PERENCANAAN KURIKULUM MERDEKA DI MADRASAH TSANAWIYAH MANBAIL FUTUH JENU. Prosiding SNasPPM, 7(2), 1415–1420. Retrieved from http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/1495