ANALISIS PERENCANAAN KURIKULUM MERDEKA DI MADRASAH TSANAWIYAH MANBAIL FUTUH JENU
Keywords:
kurikulum merdeka, kurikulum 2013Abstract
Kurikulum mempunyai salah satu kompenan penting yang ada pada Pendidikan di Indonesia. Kurikulum Merdeka merupakan kurikulum yang baru direncanakan oleh satuan Pendidikan di Indonesia. Salah satu sekolah yang akan merencakan Kurikulum Merdeka yaitu Madrasah Tsanawiyah Manbail Futuh Jenu, yang akan melaksanakan pada tahun ajaran 2023/2024. Penelitian ini bertujuan untuk, (1) Mendiskripsikan perencanaan kurikulum merdeka di Madrasah Tsanawiyah Manbail Futuh Jenu. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara. Subjek penelitian ini yaitu Kasi Pendidikan Madrasah Kementrian Agama Kabupaten Tuban dan Kepala Madrasah Tsanawiyah Manbail Futuh Jenu serta Wakil Kepala Kurikulum. Teknik analisis data ini menggunakan tiga tahapan yaitu, reduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa sekolah Madrasah Tsanawiyah Manbail Futuh Jenu belum melaksanakan Kurikulum Merdeka pada tahun ajaran 2022/2023, dan akan melaksanakan pada tahun ajaran baru 2023/2024 hal itu dikarenakan bahwa madrasah baru saja mengikuti sosialisasi yang diselenggarakan oleh Kementrian Agama, kepada pihak Madrasah hanya dihadiri oleh Kepala Madrasah, Wakil Kepala Kurikulum, dan satu guru kelas. Proses perencanaan Kurikulum Merdeka pada sosialisasi salah satunya menjelaskan tahapan pada Kurikulum Merdeka dan perubahan nama perangkat pembelajaran. Perubahan kurikulum ini hal yang wajar yang terjadi setiap pergantian mentri, tapi bukan pada perubahan saja tapi juga untuk meningkatkan kualitas pada pembelajaran setelah adanya pandemi COVID-19.
Kata Kunci: Kurikulum; Kurikulum Merdeka; Perencanaan
References
Acharya.Widya.2014.Landasan Hukum Penyusunan Perencanaan Pembelajaran Bagi Guru Dalam Mengimplementasikan Kurikulum 2013.FKIP Universitas Dwijendra.Denpasar Kurka.(2022).
Suhanda.Andar2013.PerencanaanKurikulum Di SMP Negeri 3 Singkawan.UNY.Yokyakarta
Struktur Kurikulum Merdeka SMP dan Alokasi Waktunya. Diakses 30 Juni 2022.
https://kurikulummerdeka.com/struktur-kurikulum-merdeka-smp-dan-alokasi-waktunya/
Kurikulum Merdeka. Diakses 30 Juni 2022
https://kurikulum.kemdikbud.go.id/kurikulum-merdeka/
Sugiono.2013.Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan
R & D.Bandung
Iskandar.Sofyan.dkk.2022.Perkembangan dan Penerapan Kurikulum Serta Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19.Universitas Pendidikan Indonesia
Rahayu.Yulia.dkk.2022.Kesiapan Profesionalisme Guru Bahasa Inggris SMK Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka.Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.Surabaya
Keunggulan Pada Kurikulum Merdeka. Diakses 31 Juli 2022 https://ditsmp.kemdikbud.go.id/mengenal-tiga-keunggulan-kurikulum-merdeka/
Jumarto dkk.2021.Analisis Problema Pembelajaran Daring Terhadap Pendidikan Karakter Peserta Didik.Universitas Negeri Padang.Padang
Sugiono.2013.Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan
R & D.Bandung
Hidayati,Abna.2014.Desain Kurikulum Pendidikan Karakter.Universitas Negeri
Padang.Padang
Aziz,Rosmiaty.2004.Implementasi Pengembangan Kurikulum.UIN Alauddin
Makassar.Makkasar
Bahri,Syamsul.2011.Pengembangan Kurikulum Dasar Dan Tujuan.IAIN Ar-Raniry.Banda Aceh.Aceh
Suryapermana.Nana.2017.Manajemen Perencanaan Pembelajaran.UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.Banten
Perbandingan kurikulum merdeka dengan kurikulum 2013. Diakses 30 Juni 2022 https://kurikulum.kemdikbud.go.id/perbandingan/?jenjang=4&kurikulum1=1&kurikulum2=4