Pengaruh Penggunaan E-Modul Terhadap Hasil Belajar PPKn pada Peserta Didik Kelas IV SDN Bangilan III Tahun Ajaran 2021/2022
Keywords:
E-Modul, Hasil belajar, Peserta Didik, Pendidikan kewarganegaraanAbstract
Modul elektronik merupakan media inovatif yang dapat membantu meningkatkan hasil belajar siswa dalam belajar. Hasil belajar pada mata pelajaran PPKn peserta didik kelas IV masih tergolong rendah, terlebih lagi di SDN Bangilan III yang belum pernah menggunakan bahan ajar tersebut. Maka, perlu adanya penelitian untuk mengetahui adanya pengaruh pengggunaan e-modul terhadap hasil belajar pada mapel PPKn. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya Pengaruh Penggunaan E-Modul Terhadap Hasil Belajar PPKn pada Peseta Didik Kelas IV SDN Bangilan III. Asumsi yang digunakan dalam penelitian ini adalah E-modul dapat menjadi sumber belajar sehingga hasil belajar peserta didik meningkat. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Bangilan III, kecamatan Bangilan, kabupaten Tuban. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas IV yang berjumlah 32 siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan teknik pengumplan data berupa angket, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat adanya pengaruh penggunaan e-modul terhadap hasil belajar siswa dengan koefisien korelasi sebesar 0,821 dengan taraf signifikan sebesar 5%.
References
Rusilowati. 2013. Analisi Belajar dan
Pembelajaran Fisika Kelas X SMA Negeri
Cirebon. Physics Communication. Vol. 1
No. 1: 12-18. (Online)
Undang-undang Republik Indonesia
Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem
Pendidikan Nasional.
Ahmad. 2013. Pengaruh Penggunaan
Media Gambar Terhadap Hasil Belajar
IPS pada Materi Perkembangan Teknologi
Transportasi di Kelas IV SD Negeri.
DELI TUA TA 2012/2013. Diss.
Universitas Quality.
Maklonia. 2019. “Pengaruh Penggunaan
Media Pembelajaran dalam Dunia
Pendidikan. Indonesian Journal Of
Primary. Vol. 3. No. 1: 20-28. (Online).
(http://ejournal.upi.edu/index.php/IJPE/ind
ex. Diakses pada 20 Mei 2022).
Dwiyogo, Hariyadi, Imam. 2017.
Pengembangan Modul Elektronik Mata
Pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga,
dan Kesehatan Kelas Xi Berbasis Online
dengan Program Edmodo. Jurnal
Pendidikan. Vol. 2 No. 1: 121-129.
Fausih, Moh. Pengembangan Media EModul
Mata Pelajaran Produktif Pokok
Bahasan Instalasi Jaringan untuk Siswa
Kelas XI. Jurnal Unesa. Vol 1 No. 01:1-9.
(Online)
Herawati, N, S., Muhtadi Ali. 2018.
Pngembangan Modul Elektronik (EModul)
Interaktif pada Mata Pelajaran
Kimia Kelas XI SMA. Jurnal Inovasi
Teknologi Pendidikan. Vol 5 No 2: 180-
(Online).
(http://journal.uny.ac.id/index.php/jitp.
Diakses pada 10 Juni 2022)
Feriyanti, N. 2019. Pengembangan EModul
Matematika Untuk Siswa SD.
Jurnal Teknologi Pendidikan dan
Pembelajara. Vol 6 No. 1
Rusman. 2017. Belajar dan Pembelajaran
Berorientasi Standar Proses Pendidikan.
Cetakan ke-1. Rawamangun-Jakarta.
Kencana (Devisi dari Prenadamedia
Group).
Gunawan, H. 2018. Efektifitas
penggunaan e-modul terhadap keaktifan
dan hasil belajar siswa. Prosiding
seminar nasional program pascasarjana
universitas PGRI Palembang.
Ananda, Irawan, & Taufina. 2017.
Penggunaan Metode Problem Solving
Untuk Meningkatkan Hasil Penilaian
Pendidikan Kewarganegaraan Peserta
Didik Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu.
Vol 4 No. 2: 434-442
Direktorat Jendral Pembelajaran dan
Kemahasiswaan. 2016. Pendidikan
Kewarganegaraan Untuk Perguruan
Tinggi. Jakarta: RISTEKDIKTI.
(Online), (https://edukasi.pajak.go.id.
Diakses pada 03 Juni 2022).
Montero, Josef M,. 2014. Pendidikan
Kewarganegaraan Perjuangan
Membentuk Karakter Bangsa.
Yogyakarta: Deepublish
Permendikbud RI No. 21 Tahun 2016
tentang standar Isi Pendidikan Dasar
dan Menengah, Ruang Lingkup Materi
pada Tingkat Pendidikan Dasar Kelas IVI
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian
Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Cetakan
ke-23. Bandung. Alfabeta.