Pengaruh Penggunaan E-Modul Terhadap Hasil Belajar PPKn pada Peserta Didik Kelas IV SDN Bangilan III Tahun Ajaran 2021/2022

Authors

  • Lailatul Khoiriyah Universitas PGRI Ronggolawe Tuban
  • Mardi Widodo Universitas PGRI Ronggolawe Tuban

Keywords:

E-Modul, Hasil belajar, Peserta Didik, Pendidikan kewarganegaraan

Abstract

Modul elektronik merupakan media inovatif yang dapat membantu meningkatkan hasil belajar siswa dalam belajar. Hasil belajar pada mata pelajaran PPKn peserta didik kelas IV masih tergolong rendah, terlebih lagi di SDN Bangilan III yang belum pernah menggunakan bahan ajar tersebut. Maka, perlu adanya penelitian untuk mengetahui adanya pengaruh pengggunaan e-modul terhadap hasil belajar pada mapel PPKn. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya Pengaruh Penggunaan E-Modul Terhadap Hasil Belajar PPKn pada Peseta Didik Kelas IV SDN Bangilan III. Asumsi yang digunakan dalam penelitian ini adalah E-modul dapat menjadi sumber belajar sehingga hasil belajar peserta didik meningkat. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Bangilan III, kecamatan Bangilan, kabupaten Tuban. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas IV yang berjumlah 32 siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan teknik pengumplan data berupa angket, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat adanya pengaruh penggunaan e-modul terhadap hasil belajar siswa dengan koefisien korelasi sebesar 0,821 dengan taraf signifikan sebesar 5%.

References

Rusilowati. 2013. Analisi Belajar dan

Pembelajaran Fisika Kelas X SMA Negeri

Cirebon. Physics Communication. Vol. 1

No. 1: 12-18. (Online)

Undang-undang Republik Indonesia

Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem

Pendidikan Nasional.

Ahmad. 2013. Pengaruh Penggunaan

Media Gambar Terhadap Hasil Belajar

IPS pada Materi Perkembangan Teknologi

Transportasi di Kelas IV SD Negeri.

DELI TUA TA 2012/2013. Diss.

Universitas Quality.

Maklonia. 2019. “Pengaruh Penggunaan

Media Pembelajaran dalam Dunia

Pendidikan. Indonesian Journal Of

Primary. Vol. 3. No. 1: 20-28. (Online).

(http://ejournal.upi.edu/index.php/IJPE/ind

ex. Diakses pada 20 Mei 2022).

Dwiyogo, Hariyadi, Imam. 2017.

Pengembangan Modul Elektronik Mata

Pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga,

dan Kesehatan Kelas Xi Berbasis Online

dengan Program Edmodo. Jurnal

Pendidikan. Vol. 2 No. 1: 121-129.

Fausih, Moh. Pengembangan Media EModul

Mata Pelajaran Produktif Pokok

Bahasan Instalasi Jaringan untuk Siswa

Kelas XI. Jurnal Unesa. Vol 1 No. 01:1-9.

(Online)

Herawati, N, S., Muhtadi Ali. 2018.

Pngembangan Modul Elektronik (EModul)

Interaktif pada Mata Pelajaran

Kimia Kelas XI SMA. Jurnal Inovasi

Teknologi Pendidikan. Vol 5 No 2: 180-

(Online).

(http://journal.uny.ac.id/index.php/jitp.

Diakses pada 10 Juni 2022)

Feriyanti, N. 2019. Pengembangan EModul

Matematika Untuk Siswa SD.

Jurnal Teknologi Pendidikan dan

Pembelajara. Vol 6 No. 1

Rusman. 2017. Belajar dan Pembelajaran

Berorientasi Standar Proses Pendidikan.

Cetakan ke-1. Rawamangun-Jakarta.

Kencana (Devisi dari Prenadamedia

Group).

Gunawan, H. 2018. Efektifitas

penggunaan e-modul terhadap keaktifan

dan hasil belajar siswa. Prosiding

seminar nasional program pascasarjana

universitas PGRI Palembang.

Ananda, Irawan, & Taufina. 2017.

Penggunaan Metode Problem Solving

Untuk Meningkatkan Hasil Penilaian

Pendidikan Kewarganegaraan Peserta

Didik Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu.

Vol 4 No. 2: 434-442

Direktorat Jendral Pembelajaran dan

Kemahasiswaan. 2016. Pendidikan

Kewarganegaraan Untuk Perguruan

Tinggi. Jakarta: RISTEKDIKTI.

(Online), (https://edukasi.pajak.go.id.

Diakses pada 03 Juni 2022).

Montero, Josef M,. 2014. Pendidikan

Kewarganegaraan Perjuangan

Membentuk Karakter Bangsa.

Yogyakarta: Deepublish

Permendikbud RI No. 21 Tahun 2016

tentang standar Isi Pendidikan Dasar

dan Menengah, Ruang Lingkup Materi

pada Tingkat Pendidikan Dasar Kelas IVI

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian

Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Cetakan

ke-23. Bandung. Alfabeta.

Additional Files

Published

2022-11-03

How to Cite

Khoiriyah, L., & Widodo, M. (2022). Pengaruh Penggunaan E-Modul Terhadap Hasil Belajar PPKn pada Peserta Didik Kelas IV SDN Bangilan III Tahun Ajaran 2021/2022. Prosiding SNasPPM, 7(1), 1085–1090. Retrieved from http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/1499